Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Manfaat

Manfaat buah semangka tampaknya sudah diketahui banyak orang. Kandungan nutrisinya yang cukup tinggi dan bervariasi membuat buah ini menjadi pilihan banyak orang untuk dikonsumsi. Buah dengan dagingnya yang berwarna merah segar dan kandungan air yang banyak ini kaya akan betakaroten, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, asam pantotenat, vitamin B6, folat, vitamin C, kalsium, fosfor, kalium, magnesium, seng, dan juga zat besi. Rasanya yang segar karena kandungan air yang begitu banyak membuat semangka menjadi salah satu pilihan untuk melepaskan dahaga di tengah udara yang panas. Akan tetapi bukan hanya segar dan enak, semangka ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Buah Semangka

Apa saja manfaat buah semangka untuk kesehatan?

Semangka adalah buah berwarna cerah yang manis dan menyegarkan.

Manfaat buah semangka yang pertama adalah mengontrol tekanan darah. Tekanan darah yang lebih dari normal dapat menyebabkan tubuh menjadi rentan terhadap berbagai penyakit contohnya seperti penyakit jantung dan stroke. Supaya tekanan darah tidak sampai lebih dari normal, tubuh membutuhkan senyawa karetonid dari buah-buahan. Senyawa karetonid ini bisa ditemukan pada buah semangka. Kandungan karetonid dari buah semangka mampu mencegah terjadinya pengerasan pada dinding arteri ataupun pembuluh vena sehingga tekanan darah akan tetap berada pada angka yang normal.

Sponsored links

Selain karetonid, buah semangka memiliki kandungan lycopene yang cukup banyak. Lycopene akan berfungsi menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh polusi, makanan, dan melemahnya sistem imun tubuh. Dengan kemampuannya untuk menangkal radikal bebas ini, buah semangka juga membantu mencegah terjadinya penyakit kanker.

Kemudian, buah semangka juga bisa dijadikan sebagai obat sariawan. Seringkali sariawan menjadi penghambat bagi seseorang untuk menikmati makanan. Meskipun ukurannya kecil, sariawan bisa sangat mengganggu dan harus cepat dilenyapkan supaya mulut kembali nyaman untuk dipakai bicara atau makan. Sariawan bisa disebabkan karena kekurangan vitamin C, atau bisa karena kehilangan banyak cairan. Karena buah semangka memiliki kandungan vitamin C dan air yang banyak maka buah ini bisa dijadikan sebagai obat pereda sariawan.

Manfaat buah semangka yang lain adalah memberikan kesegaran pada kulit. Buah semangka mampu mencegah proses penuaan dari dalam tubuh kita dengan cara menyumbangkan zat gizi yang tersimpan di dalamnya. Kulit yang segar dan kencang bisa didapatkan dengan mudah apabila rutin mengonsumsi semangka. Selain untuk menyegarkan kulit, buah semangka juga bisa digunakan sebagai obat jerawat. Caranya mudah yakni dengan menempelkan cairan yang diperoleh dari jus semangka menggunakan kapas pada seluruh area wajah dan dibiarkan mengering selama 15 menit kemudian dibilas dengan menggunakan air dingin.

Manfaat yang diberikan buah semangka terbukti begitu banyak. Mulai dari mencegah penyakit sampai merawat kesehatan kulit. Oleh karena itu penting sekali untuk mulai rutin mengonsumsi buah semangka. Jika tidak suka memakannya secara langsung, buah semangka bisa dijadikan jus kemudian diminum supaya kita tetap bisa mendapatkan manfaat buah semangka secara maksimal.

Artikel Terkait Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *