Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

By Categories : Kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil – dengan mengkonsumsi buah naga setiap hari sangat bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil. Buah naga memiliki banyak sekali kandungan yang sangat bermanfaat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan, terutama bagi ibu hamil. Di dalam buah naga mengandung banyak sekali nutrisi dan gizi bermanfaat seperti vitamin, mineral, serat, zat besi, fosfor, kalsium, karbohidrat dan masih banyak lagi kandungan yang lainnya. Untuk itu, maka tak heran jika buah naga sangat ampuh dan di percaya dalam mengatasi berbagai jenis penyakit.

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Luar Biasa

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari buah naga bagi kesehatan ibu hamil, diantaranya yaitu :

  1. Dapat membantu dalam pembentukan sel darah merah

Bagi para ibu hamil memang sangat rawan terkena anemia, terutama bagi sebagian ibu hamil yang tidak suka mengkonsumsi buah-buahan. Tetapi bagi ibu hamil yang memiliki masalah dengan anemia, saya sarankan untuk banyak-banyak mengkonsumsi buah naga setiap hari karena buah naga mengandung senyawa yang sangat bermanfaat untuk mengatasi anemia seperti zat besi dan karbohidrat folates. Kandungan tersebut dapat berguna dalam proses pembentukan sel darah merah, tetapi jika ibu hamil mengalami kekurangan karbohidrat folates maka kemungkinan akan berakibat pada janin yang ada dalam kandungan. Hal ini sangat mengkhawatirkan karena kemungkinan besar janin akan mengalami cacat pada tabung saraf atau Neural Tube Defect serta mengalami cacat pada sitem saraf otak.

Selain karbohidrat folates dan zat besi, buah naga juga memiliki kandungan lain seperti vitamin C, fitokimia, potassium, protein, serat dan masih banyak lagi kandungan lain yang dapat bermanfaat untuk ibu hamil.

  1. Dapat melancarkan sistem pencernaan

Bagi ibu hamil, sangat dianjurkan agar banyak mengkonsumsi buah naga setiap harinya, Di dalam buah naga mengandung serat yang berfungsi untuk melancarkan saluran pencernaan ibu hamil, sehingga ibu hamil tidak akan mengalami susah buang air besar. Selain itu juga dapat memenuhi nutrisi janin yang ada dalam kandungan.

  1. Dapat membantu dalam menjaga daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah naga sangat dipercaya dapat mencegah berbagai jenis penyait, sehingga ibu hamil tidak akan mudah sakit.

  1. Dapat mengurangi efek mual dan muntah

Apabila ibu hamil rajin mengkonsumsi buah naga setiap harinya, dipercaya sangat ampuh dalam mengurangi rasa mual dan muntah-muntah yang sering dialami oleh para ibu-ibu yang sedang hamil muda.

Sponsored links

  1. Dapat menurunkan kolesterol

Mengonsumsi buah naga sebanyak 2 buah atau meminum 2 gelas jus buah naga setiap harinya, dipercaya dan terbukti ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol berlebih sekitar 16 % setiap harinya. Jika kolesterol dibiarkan saja, dapat berakibat buruk pada janin bahkan dapat mengalami lahir premature pada bayi.

  1. Sebagai Sumber Energi

Buah naga mengandung karbohidrat yang dapat menjadi salah satu sumber energi yang di butuhkan oleh ibu hamil. Dalam setiap100 gram buah naga mengandung 9 sampai 14 gram / hari dan pada saat hamil bumil sangat membutuhkan karbohidrat sebanyak 135 / hari.

  1. Untuk Membantu Pertumbuhan & Perkembangan Janin

Kandungan asam folat dalam buah naga sangat membantu proses tumbuh dan kembang janin di dalam kandungan. Kurangnya asupan asam folat ini dapat menyebabkan resiko keguguran dan bayi terlahir cacat syaraf.

  1. Mencegah Dehidrasi

Ibu hamil sangat membutuhkan banyak cairan agar dapat terhindar dari dehidrasi, karena jika tubuh ibu hamil sering mengalami dehidrasi dapat membahayakan kesehatan janin di dalam kandungan.

  1. Membantu Penyerapan Protein

Protein berperan sebagai zat pembangun bagi janin. Kandungan vitamin B1 pada buah naga berfungsi untuk penyerapan protein dalam tubuh bumil.

  1. Dapat Menormal Tekanan Darah

Dengan rajin mengkonsumsi buah naga 100 gram setiap harinya, maka bumil dapat terhindar dari resiko hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi pada bumil dapat menyebabkan terjadinya komplikasi kehamilan.

  1. Dapat Menormalkan Kadar Gula Darah

Pada masa kehamilan biasanya ibu hamil sangat beresiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Sering makan makanan dan minuman yang manis-manis pada masa kehamilan, maka kadar gula darah akan mengalami peningkatan yang cukup drastis. Dengan mengkonsumsi buah naga setiap hari, maka anda dapat menekan resiko diabates dan komplikasi pada masa kehamilan.

Nah, itulah informasi mengenai beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Artikel Terkait Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *