Manfaat Ampas Kopi Untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Manfaat Ampas Kopi untuk kecantikan wajah diantaranya menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit, mengatasi wajah iritasi, mengencangkan kulit, dan lainnya.

Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat di minati oleh semua kalangan baik pria maupun wanita. Kopi memiliki aroma yang khas sehingga menjadikan minuman hangat ini di gemari di seluruh dunia. Bahkan sebagian orang sering kali mengaitkan minuman kopi dengan anti ngantuk, yah dal hal ini memang ada benarnya juga pada saat mengkonsumsi kopi di malam hari. Oleh karenanya, sering sekali orang memanfaatkan kopi ini untuk begadang. Meskipun banyak yang menyatakan jika kebanyakan mengkonsumsi kopi akan berpengaruh pada kesehatan. Mengingat kandungan kafein dalam kopi cukup tinggi, namun juga di balik itu kopi ini memiliki khasiat bagi kesehatan seperti mampu menurunkan resiko atau penyakit kanker, diabetes, jantung, juga empedu. Selain air kopi yang memiliki khasiat bagi kesehatn, ampas kopi yang sering kita buang ini ternyata memiliki khasiat bagi kecantikan wajah yang di manfaat sebagai masker wajah untuk mengatasi jerawat dan masalah pada kulit wajah lainnya.

Nah, dalam artikel kali ini saya akan mengulas beberapa sedikitnya tentang manfaat ampas kopi untuk kecantikan kulit wajah.

Manfaat Ampas Kopi

Menurut sejarawan, kopi ini pertama kali di temukan oleh bangs etipis di afrika sekitar tahun 1000 M. Dan seiring dengan perkembangan jaman, kopi ini menjadi semakin terkenal ke seluruh dunia sampai Indonesia. Dan di Indonesia sendiri, kopi yang di hasilkan mencapai 400.000 ton/tahunnya. Tentantang manfaat ampas kopi untuk kecantikan ini juga sebetulnya sudah lama di temukan, hanya saja sebagian banyak orang sering kali melewatkan manfaat ampas kopi ini dan termasuk saya sendiri (pecinta kopi) :D.

Ampas kopi merupakan salah satu bahan alami yang bisa anda manfaatkan sebagai masker alami untuk merawat kesehatan serta kecantikan kulit wajah. Kandungan antioksidan yang terkandung dalam ampas kopi ini mampu melindungi kulit wajah dari serangan radikal bebas serta dapat mencegah datangnya resiko kanker kulit.

Tentunya masih banyak lagi manfaat masker kopi untuk kecantikan kulit wajah ini, seperti yang telah saya rangkum di bawah ini.

Manfaat Ampas Kopi Untuk Wajah

1. Bermanfaat untuk Mengatasi Mata Panda dan Mata Bengkak

Kelopak mata hitam atau mata bengkak itu biasanya di sebabkan karena factor kekurangan istirahat atau sering bergadang. Kantung mata hitam ini tentunya membuat penampilan semakin tidak percaya diri. Nah, ampas kopi ini merupakan cara alternative untuk mengatasi mata panda ini dengan memanfaatkan ampas kopi ini sebagai masker alami.

Penggunaan masker ampas kopi ini memang sudah populer yang dapat mengurangi serta berkontriksi pada area mata. Selain itu, sifat anti inflamasi yang terkandung dalam ampas kopi ini dapat memudarkan flek hitam di sekitaran mata dengan mengurangi darah di sekitar mata. Untuk caranya sendidri cukup mudah sekali, yaitu dengan mengonpreskan ampas kopi bekas seduhan anda pada sekitaran mata selama kurang lebih 5-10 menit. Lakukanlah cara ini secara rutin dan teratur sebelum tidur sampai kantung mata memudar.

2. Bermanfaat untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Adapun manfaat ampas kopi yang bisa anda gunakan sebagai scrub alami untuk menjaga kesehatan kulit wajah anda. Ampas kopi ini bahan exfoliating yang berfungsi sebagai pengelupasan kulit untuk mengankat sel kulit mati atau sel kotor yang menumpuk pada pori-pori kulit wajah anda. Sehingga jika di biarkan kulit wajah akan terlihat kasar dan kusam. Untuk penggunaannya sendiri, anda bisa memanfaatkan ampas kopi ini sebagai masker yang di kombinasikan dengan bahan alami lainnya seperti minyak zaitun.

3. Bermanfaat untuk Mengencangkan Kulit Wajah

Kafein yang terkandung dalam ampas kopi ini berkhasiat untuk mengencangkan kulit wajah anda secara alami. Sehingga kulit wajah anda akan terlihat lebih awet muda dengan kelembabannya. Cara yang bisa anda lakukan untuk memanfaatkan ampas kopi ini yaitu dengan menghaplikasikan ampas kopi ini pada kulit wajah secara merata.

4. Bermanfaat untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Jika kulit wajah anda sering terkena paparan sinar matahari tentunya akan membuat kulit wajah terlihat kusam sehingga tidak bercahaya. Dengan memanfaatkan ampas kopi sebagai masker wajah mampu mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah sehingga kulit wajah akan tampak lebih bercahaya secara alami. Mengingat, sel kulit mati yang menempel pada kulit wajah yang tidak di bersihkan akan menjadikan penyebab terjadinya masalah kulit wajah seperti jerawat dan kulit kusam. Maka dari itu, lakukanlah perawatan dengan memanfaatkan ampas kopi ini sebagai masker wajah agar kulit wajah tetap terjaga dan sehat.

5. Bermanfaat untuk Mengatasi Jerawat serta Menyamarkan Bekas Jerawat

Sel kulit mati yang menyumbat pada pori-pori merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Selain bisa di manfaatkan sebagai masker, ampas kopi ini juga bisa di jadikan sebagai scrub alami untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang menempel pada pori-pori kulit wajah anda. Scrub alami ini dapat mengoptimalkan revalisasi dan merangsang sel kulit yang baru. Terlebih, kandungan antioksidan yang terkandung dalam ampas kopi ini dapat menghilangkan serta menyemarkan bekas jerawat pada kulit wajah anda. Untuk caranya sendiri, cukup dengan mengaplikasikan ampas kopi basah ini pada permukaan kulit wajah anda secara merata, biarkan selama kurang lebih 15 menit. Telakhir, bilas wajah anda dengan air dingin sampai bersih.

6. Bermanfaat untuk Mengatasi Rosacea

Rosacea merupakan salah satu penyakit kulit seperti iritasi dengan di sertai kemerah-merahan. Kandungan Antioksidan yang terdapat dalam ampas kopi ini bermanfaat untuk mengurangi pendarahan yang berpengaruh pada timbulnya iritasi serta kulit kemerah-merahan.

7. Bermanfaat untuk Menghaluskan Kulit

Manfaat ampas kopi yang bisa kita jadikan sebagai masker atau scrub wajah ini mampu menghaluskan kulit wajah secara alami. Selain itu juga ampas kopi ini bermanfaat untuk mengatasi selulit pada kulit. Selulit ini bisa kita ketahui seperti garis-garis putih pada kulit, biasanya masalah ini sering di alami oleh kaum wanita.

Nah, itulah manfaat ampas kopi untuk mengatasi jerawat serta kesehatan kulit wajah lainnya. Perawatan dengan memanfaatkan ampas kopi ini merupakan suatu terobosan untuk menjaga kesehatan kulit wajah secara alami dan praktis. Bahan yang bisa kita dapatkanpun sangat mudah.

Untuk itu, manfaatkanlah ampas kopi bekas minuman kopi kita di pagi hari.

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, anda bisa mengkombinasikan ampas kopi ini dengan madu, dan putih telur.

Cara Membuat Ampas Kopi Untuk Wajah

Cara yang bisa anda lakukan untuk menggunakannya sangat mudah sekali, yaitu:

  • Siapkan ampas kopi, madu dan putih telur.
  • Campurkan ketiga bahan ini dengan takaran secukupnya.
  • Kemudian basuh terlebih dahulu wajah anda dengan air hangat.
  • Aplikasikan masker buatan ini pada kulit wajah hingga merata
  • Biarkan sampai kering.
  • Terakhir, bilas wajah anda dengan air dingin sampai bersih.

Sangat mudah sekali bukan? Ampas kopi adalah salah satu masker bagus untuk perawatan wajah Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadikan referensi bagi anda yang membutuhkannya.

Demikian info mengenai "Manfaat Ampas Kopi Untuk Wajah dan Cara Membuatnya" yang sudah Anda baca di InfoUnik.Org. Apa komentar Anda?