KPI: Daftar Program Acara TV Anak Yang Berbahaya

By Categories : Serba Serbi

KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) baru-baru ini menilai program acara tv untuk anak-anak yang termasuk kategori berbahaya bagi anak, dan acara TV yang dapat memberikan edukasi dan inspirasi bagi anak.

Spongbob squarepants termasuk dalam kategori hati-hati menurut KPI

Spongbob squarepants termasuk dalam kategori hati-hati menurut KPI

KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) berharap agar tayangan yang dapat “membahayakan” para penonton tidak mendapat dukungan dari pihak pemasang iklan. “Pemasang iklan agar jangan memasang iklan dalam tayangan yang kami beri sanksi,” ujar Agatha, yang meerupakan salah satu anggota KPI. Oleh karena itu pihak pemasang iklan untuk memperhatikan tentang tayangan yang membahayakan yang direkomendasikan KPI, agar tidak memasang iklan pada program televisi tersebut.

Sanksi tentu saja akan diberikan kepada program televisi yang dianggap dapat membahayakan bagi yang menyaksikannya. KPI akan terus melakukan pengawasan pada seluruh tayangan televisi yang disiarkan di stasion TV Indonesia.

Mengingat jika dihentikannya suatu tayangan, maka salah satu pihak yang dirugikan adalah pemasang iklan, menurut Agtha. Pemberikan sanksi sudah pasti akan diberikan kepada pemilik tayangan yang melanggar aturan tentang kaidah penyiaran yang baik. Tentu saja sebelum memberikan sanksi pihak KPI akan memberikan peringatan terlebih dahulu.

Pada saat ini KPI sedang gencar-gencarnya memantau tayangan program televisi untuk anak-anak. KPI menilai bahwa program anak-anak yang saat ini tayang di televisi banyak yang melanggar kaidah penyiaran yang dapat berdampak buruk bagi perkembangan mental dan fisik anak.

Adapun hal-hal yang dapat berdampak buruk bagi anak yaitu progaram yang mengandung unsur kekerasan fisik, penggunaan senjata tajam yang digunakan untuk kejahatan, kekerasan terhadap hewan, kata-kata kasar, dan perilaku yang tidak pantas. Selain itu, KPI juga meninjau penayangan yang terdapat unsur porno, mistis, dan sifat negatif seperti serakah, kemarahan, dendam, pelit, rakus, jahil, dan malas.

Program TV anak yang dilarang KPI

Kategori Berbahaya;

Berdasarkan kajian diatas, KPI menemukan program TV untuk anak-anak yang memuat unsur-unsur berbahaya tersebut. Adapun tayangan yang menjadi sorotan KPI terhadap program kartun dengan kekerasan yang masif dan eksplisit yang termasuk dala kategori berbahaya yaitu Little Krisna (ANTV), Bima Sakti (ditayangkan oleh ANTV), serta Tom & Jerry (ANTV, RCTI, dan Global TV).

Kategori Hati-hati;

Ada juga yang termasuk kedalam kategori hati-hati yang disoroti KPI yaitu Spongebob Squarepants (Global TV), dan Crayon Sinchan (RCTI). Pihak KPI telah melayangkan surat teguran tertulis pada stasiun TV terkait yang menyiarkan acara tersebut.

Oleh karena itu KPI menghimbau agar para orang tua untuk melarang anak-anaknya menonton ke-5 program televisi yang disebutkan diatas.

Program TV Anak yang di dukung KPI

Tetapi, ada juga program anak yang menurut KPI baik yang dapat memberikan pembelajaran bagi anak dan dapat memberikan inspirasi, tayangan tersebut yaitu; Disney Junior (MNC TV), Dora The Explorer (Global TV), Laptop Si Unyil (Trans 7), Adit Sopo Jarwo (MNC TV), Thomas and Friends (Global TV), Curious George (ANTV), dan Unyil Keliling Dunia (Trans 7)

Artikel Terkait KPI: Daftar Program Acara TV Anak Yang Berbahaya

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *