Ketahui Ciri-ciri Batu Ruby Disini

By Categories : Batu Permata

Batu akik ruby merupakan sebuah nama dari jenis batu akik merah delima, ini dikarenakan warna batu ini hampir menyerupai dengan biji dari buah delima. Selain itu, batu ruby juga memiliki varian warna yang muda dan juga warna tua. Warna yang muda memiliki warna yang sangat terang berwarna merah muda sedangkan yang tua terlihat sangat mirip dengan warna merah seperti darah. Jenis batu akik ruby memiliki kandungan mineral korundum atau kandungan mineral yang bersifat  memiliki warna yang jernih (Kristal aluminium oksida). Sedangkan jika warna yang dihasilkan keluar dari permata ruby dapat disebabkan oleh karena kandungan kromium atau sejenis dengan logam, sehingga jenis batu ini memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi mencapai skala 9,0 skala mohs atau satu tingkat berada dibawah batu berlian.

batu akik ruby

Pada umumnya warna yang dimiliki oleh setiap batu permata, banyak orang yang seringkali menggunakannya untuk mengindetifikasikan sebuah batu permata sendiri, walaupun sebenarnya hal seperti itu belum tentu benar karena terdapat banyak sekali jenis batu permata yang memiliki warna yang beraneka ragam. Seperti hal nya batu blue safir yang dapat mengeluarkan kilau cahaya warna yang lebih dari satu warna seperti warna kuning dan juga warna biru, jenis batu tersebut lebih kita kenal dengan nama batu akik blue shapire yang merupakan kualitas terbaik.

Untuk jenis batu ruby sendiri, hanya memiliki satu jenis warna saja dan yang menbedakan hanyalah pada warna yang muda dan tua. Sedangkan untuk menilai kualitas batu ruby itu sendiri yaitu dari segi warna dan tingkat kejernihan batu itu sendiri, sehingga jika semakin tinggi tingkat kejernihan batu ruby maka kualitasnya semakin tinggi dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi pula.

Sponsored links

Lalu, apakan anda tahu apa perbedaan batu ruby dengan batu merah delima?
Sebenarnya jenis batu ruby dan batu merah delima itu masih jenis yang sama, tetapi anggapan dan penamaan tiap daerah akan berbeda-beda. Ada yang menyebutkan jika batu merah delima itu merupakan jenis batu yang berasal dari alam gaib dan hanya dapat diperoleh dengan cara ritual tertentu, sedangkan batu ruby sana seperti jenis batu permata lainnya yang dapat diperoleh dengan cara penggalian atau penambangan. Untuk memastikannya dapat dilakukan pengujian unsure kimia yang terdapat didalam jenis batu tersebut dan dapat dilakukan dilaboratorium.

Ciri-Ciri Batu Ruby

Bagi anda yang ingin memiliki atau membeli batu ruby tapi anda masih awan mengenai batu, sebaiknya anda berhati-hati karena banyak jenis batu ruby palsu yang terbuat dari bahan sintetis sehingga jika anda belum paham maka dapat tertipu. Untuk mengetahui ciri-ciri batu ruby asli, anda dapat mengenali ciri-ciri darin warna dan kejernihan batu itu sendiri. Jika dilihat dengan mata telanjang, batu rubi yang asli akan mengeluarkan kilau cahaya yang lebih jernih dibandingkan dengan batu sintetis. Tetapi untuk memastikan lebih jelas dan akurat, sebaiknya sebelun dibeli anda tes dulu dilaboratorium.

Demikianlah pembahasan mengenai batu akik ruby, semoga seikit penjelasan dari saya dapat dimengerti dan semoga bermanfaat

Artikel Terkait Ketahui Ciri-ciri Batu Ruby Disini

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *