Pentingnya Kesehatan Masyarakat Dalam Persaingan Global

By Categories : Kesehatan

Hubungan antara kesehatan masyarakat dan peningkatan sumber daya manusia dalam usaha meningkatkan daya saing secara global.

Kesehatan masyarakat sudah semestinya menjadi salah satu prioritas dalam program pembangunan nasional, dengan adanya jaminan kesehatan masyarakat maka otomatis akan memunculkan sumber daya manusia yang berkualitas.Kesehatan Masyarakat


Banyaknya permasalahan pengangguran, kurangnya lapangan pekerjaan merupakan dampak dari kurang berkualitasnya sumber daya manusia yang tersedia. Yang secara tidak langsung juga mempengaruhi daya saing masyarakat Indonesia di tingkat global.

Sponsored links

Salah satu usaha untuk memperbaiki sumberdaya manusia adalah dengan memperbaiki tingkat kesehatan masyarakat. Berbagai upaya telah dilakukan untuk memperbaiki tingkat kesehatan masyarakatdiantaranya dengan meningkatkan kesehatan ibu dan anak melalui posyandu, menambah jumlah dokter dan tenaga medis, memperbaiki pelayanan kesehatan mulai dari tingkat puskesmas sampai rumah sakit, pengadaan obat yang terjangkau bagi masyarakat, pemberian fasilitas kesehatan secara Cuma-cuma dan lain sebagainya.

Dari pihak pemerintah juga telah secara aktif mengirimkan para tenaga medis untuk memberikan penyuluhan-penyuluhan mengenai kesehatan ke daerah-daerah terpencil seperti penyuluhan tentang pentingnya kesehatan kepada masyarakat, bahwa kesehatan adalah modal utama bagi seseorang melakukan berbagai aktifitas, termasuk untuk bekerja, jika badan tidak sehat maka hasil pekerjaan pun akan kurang maksimal. Selain memberikan penyuluhan tentang pentingnya kesehatan, para petugas juga mengajarkan tentang perilaku hidup yang sehat kepada masyarakat termasuk penggunaan air bersih, pembuatan kamar mandi dan kakus yang baik dan sehat dan lain sebagainya. Kemudian diberikan juga penyuluhan mengenai program keluarga berencana, diberikan pengertian bahwa mempunyai dua anak saja sudah cukup sebagai salah satu upaya mengendalikan populasi penduduk.

Setelah berbagai usaha yang dilakukan pemerintah dan masyarakat tentunya harus membawa hasil menuju perbaikan tingkat kesehatan yang ada di masyarakat. Dengan menjaminkesehatan masyarakat maka akan tercipta sumber daya manusia yang kuat yang mampu bersaing di tingkat internasional. Yang secara tidak langsung juga akan meningkatkan perekonomian nasional yang unggul di tingkat global. Oleh karena itu usaha-usaha dalam memperbaiki tingkat kesehatan masyarakat hendaknya dilakukan secara berkesinambungan agar di masa yang akan datang akan muncul manusia Indonesia yang semakin berkualitas. Ayo tingkatkan kesehatan masyarakat.

Artikel Terkait Pentingnya Kesehatan Masyarakat Dalam Persaingan Global

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *