Cara Menjaga Kesehatan Lingkungan

By Categories : Kesehatan

Kesehatan lingkungan merupakan faktor penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan memiliki lingkungan yang sehat maka kita akan merasa nyaman tinggal di lingkungan tersebut. Melakukan aktifitas pun akan terasa menyenangkan jika kita tinggal di lingkungan yang sehat dan bersih. Sangat menjengkelkan bukan ketika melihat seorang tetangga kita yang membuang sampah sembarangan tanpa memperhatikan lingkungan sekitar? Maka sudah menjadi kewajiban kita untuk menegurnya dan mengajaknya untuk bersama-sama menjaga kesehatan lingkungan sekitar.

Menjaga Kesehatan lingkungan

Mengajarkan pendidikan tentang kesehatan lingkungan dapat dimulai dari lingkungan terkecil kita yakni keluarga. Di dalam keluarga sebaiknya sudah diterapkan pola hidup sehat dan mencintai lingkungan. Apabila di dalam tiap-tiap keluarga telah terbentuk mentalitas untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan mencintai lingkungan, maka secara otomatis akan terbentuk masyarakat yang mencintai dan menjaga kesehatan lingkungannya. Dan dari kumpulan masyarsakat yang menjaga lingkungannya akan membentuk suatu ketahanan nasional terhadap lingkungan yang bersih dan sehat. Dan berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan lingkungan yang sederhana dan mudah dilakukan.

1. Membuang sampah pada tempat sampah

Hal ini mungkin terdengar sangat sepele, tapi justru saking sepelenya sampai terlupakan dan orang-orang enggan melakukannya. Apa bila seseorang ditanya tentang bahaya dan bencana yang dapat ditimbulkan dari membuang sampah sembarangan maka dia akan dapat menyebutkan seribu bahaya dan bencana yang dapat timbul dari membuang sampah sembarangan ini. Akan tetapi pada prakteknya orang-orang masih saja membuang sampah di sembarang tempat dan ini sungguh merupakan sebuah ironi. Oleh karena itu mari kita galakkan lagi kebiasaan untuk membuang sampah pada tempatnya.

Sponsored links

2. Reduce, Reuse, recycle

Reduce artinya mengurangi. Yakni mengurangi penggunaan barang-barang yang berbahaya bagi kesehatan lingkungan kita. Contoh kecil adalah penggunaan plastik sebagai wadah.Sangat sulit kita hitung penggunaan kantong plastik setiap harinya. Bila setiap orang setiap hari membuang satu kantong plastik dapat kita bayangkan berapa banyak kantong plastik yang akhirnya menjadi sampah. Reuse artinya menggunakan kembali, apabila kita mempunyai satu kantong plastik maka simpan baik-baik dan gunakanlah lagi tanpa perlu mengambil kantong plastik baru untuk berbelanja. Recycle artinya mendaur ulang, barang-barang yang terbuat dari plastik atau kaca, didaur ulang untuk menjadi barang yang baru. Sehingga penggunaan plastik dan kaca bisa dikurangi

3. Membangun kesadaran tentang lingkungan yang bersih dan sehat

Ini kiranya faktor terpenting dalam menjaga kesehatan lingkungan, disini yang perlu dirombak adalah mind set, cara berpikir dan kesadaran tentang perlunya menciptakan suatu lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman. Cara membangun kesadaran akan kesehatan lingkungan ini dapat dilakukan dengan menyadari akibat dari memiliki lingkungan yang buruk. Akibatnya bisa seperti banjir, tanah longsor, pemanasan global dan lain sebagainya

Kebersihan merupakan jaminan dari kesehatan, karena itu mari kita ciptakan kesehatan lingkungan.

Artikel Terkait Cara Menjaga Kesehatan Lingkungan

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *