Panduan Kesehatan Ibu Hamil

By Categories : Kesehatan

Kesehatan ibu hamil bukan hanya menjadi tanggung jawab si calon ibu, tetapi juga bagi suami dan keluarga yang lain. Hal ini  dikarenakan dalam masa kehamilan, si ibu juga membutuhkan perhatian dari orang-orang disekitarnya yang mendukung kesehatan selama masa hamil. Sayangnya hanya beberapa orang saja yang benar-benar serius dalam menanggapi masalah kesehatan pada umumnya. Padahal hampir dalam hal apapun factor kesehatan adalah factor utama yang benar-benar menentukan. Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan selama menjalani masa kehamilan

Tips Kesehatan Ibu Hamil

Kesehatan Ibu Hamil

  1. Memperoleh gizi seimbang

Pada ibu hamil, pemenuhan gizi seimbang sangat diperlukan karena akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan calon bayi. Dalam menjalani masa kehamilan, ibu hamil juga membutuhkan energi yang tidak sedikit, sehingga juga diperlukan tambahan nutrisi pendukung. Gizi yang seimbang dapat diperoleh dari jenis makan yang dikonsumsi ibu hamil. Makanan dengan gizi seimbang harus mengandung karbohidrat dan lemak sebagai zat tenaga dan protein sebagai zat pembangun, serta mineral sebagai zat pengatur, walaupun porsi pemenuhan nutrisi tersebut berbeda pada setiap ibu hamil.

  1. Bersikap tenang

Seorang ibu hamil sebaiknya dapat mengontrol emosi karena gangguan emosi pada ibu hamil juga dapat mempengaruhi kondisi kandungan. Oleh karena itu, sangat diperlukan lingkungan yang nyaman dan mendukung selama masa kehamilan. Selain itu demi menjaga kesehatan ibu hamil, seorang ibu hamil harus menghindari pikiran yang berat karena dapat memicu munculnya stres.

Sponsored links

  1. Menghindari pekerjaan yang menumpuk

Bagi ibu hamil yang juga seorang wanita karir, hal ini perlu menjadi perhatian khusus. Mereka disarankan untuk pandai dalam mengatur pekerjaan sehingga tidak menumpuk. Sedangkan pada ibu rumah tangga, beban pekerjaan rumah tangga sebaiknya dikurangi. Akan lebih baik jika dalam masa kehamilan di ibu dibantu oleh pembantu rumah tangga untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga, sehingga ibu hamil tidak merasa berat.

  1. Olahraga dan istirahat cukup

Dalam membicarakan Olah raga ringan perlu dilakukan bagi ibu hamil. Hal ini bermanfaat untuk memperlancar aliran darah yang dapat meningkatkan daya tahan dan kebugaran tubuh ibu hamil. Perlu diperhatikan jenis olah raga yang dilakukan, yaitu cukup melakukan olahraga ringan seperti lari-lari kecil yang dapat dilakukan di sekitar rumah. Berolah raga ringan juga bermanfaat untuk melatih otot-otot yang nantinya akan membantu proses persalinan. Hal yang tak kalah penting adalah beristirahat yang cukup. Seorang ibu hamil tentunya membutuhkan waktu beristirahat yang lebih banyak dibandingkan ketika dalam kondisi tidak hamil. Istirahat cukup juga dimaksudkan untuk mengembalikan stamina tubuh ibu hamil.

Hal-hal tersebut di atas sebaiknya tidak hanya sebagai teori, tetapi para ibu hamil dapat menerapkan panduan kesehatan ibu hamil.

Artikel Terkait Panduan Kesehatan Ibu Hamil

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *