Jenis-Jenis Burung Kenari

By Categories : Hewan

Jenis-jenis burung kenari terbaik, bagus dan mempunyai suara indah di dunia, mungkin bagi para penggemar sudah tahu apa saja itu. Burung kenari merupakan jenis burung pemakan biji-bijian yang memiliki nama latin (serinus canaria), pada saat ini burung kenari banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Burung ini memiliki keunikandari kicauannya yang sangat indah dan juga bervariasi, serta memiliki warna bulu yang indah dan bervariasi. Selain itu, burung cantik ini memiliki postur tubuh yang sangat unik sehingga banyak orang yang tetarik untuk memeliharanya.

Jenis-jenis Burung Kenari Dari Berbagai Asal

Burung kenari sendiri terdiri dari beberapa jenis, setiap jenis memiliki keunikan tersendiri baik dari warna bulunya ataupun dari kicauannya. Maka banyak orang yang merasa kebingungan dengan jenis burung kenari yang akan mereka pelihara, maka dari itu saat ini saya akan membagikan informasi seputar jenis-jenis burung kenari.

1. Burung Kenari Yorkshire

Gambar Burung Kenari Yorkshire

Burung kenari jenis Yorkshire merupakan hasil dari proses persilangan antara jenis kenari belgia dengan jenis kenari Lancashire, burung ini memiliki keunikan dari bentuk tubuhnya yang mirip dengan bentuk wortel dan juga memiliki kebiasaan unik berdiri tegak dengan kaki yang panjang.

2. Burung Kenari Norwich

Burung Kenari Norwich

Burung kenari yang dikenal dengan nama Norwich merupakan jenis kenari yang memiliki bulu tebal dan cantik, selain itu burung ini juga memiliki keunikan pada bagian paru, ekor dan sayap yang pendek. Burung ini tampak sangat cantik dengan bulunya yang berwarna hijau dengan memiliki panjang tubuhnya yang mencapai 15-16 cm. burung kenari ini banyak ditemukan di kawasan Norwich yang berada di daeerah Norflok, Inggris.

3. Burung Kenari Cinnamon

Gambar Burung Kenari Cinnamon

Jenis burung kenari ini hampir sama dengan jenis Norwich, burung ini sangat unik dan menarik dengan memiliki bentuk tubuhnya yang serba bulat dengan bentuk dada yang bidang, bagian punggungnya, sayap, paruh dan ekornya agak pendek. Burung kenari Cinnamon memiliki panjang tubuh sekitar 15-16 cm.

4. Burung Kenari Border

Burung Kenari Border

Burung kenari yang unik dan juga menarik ini merupakan jenis kenari yang banyak ditemukan di Negara perbatasan antara Scotlandia dan juga inggris, selain itu burung ini juga memiliki keunikan dari bentuk tubuhnya yang serba bulat walau dilihat dari berbagai sudut pandang. Keunikan pada bentuk tubuhnya menjadikan burung ini sering memenangkan kontes, burung kenari Border memiliki ukuran panjang sekitar 14 cm.

5. Burung Kenari Gloster / Burung Kenari Crested

Burung Kenari Gloster

Jika dilihat dari ukuran tubuhnya, burung kenari jenis ini termasuk jenis kenari yang paling kecil dari burung kenari pada umumnya dengan memiliki panjang tubuh sekitar 11 cm. Burung ini memiliki keunikan dari jambul yang ada di atas kepalanya, sehingga burung ini menjadi salah satu jenis burung kenari yang mendapat banyak perhatian pada saat mengikuti kontes. Dengan jambul yang cukup lebat membuat matanya tertutupi, bentuk jambulnya pun mirip seperti uwig atau rambut palsu.

Jenis burung kenari ini termasuk jenis paling tua diantara kenari-kenari lainnya, Crested Canary sudah ada sejak tahun 1950-an. Pada awalnya burung kenari ini lebih dikenal dengan sebutan Turn Crown dan pada awal abad sekarang ini lebih dikenal dengan sebutan King of The Fancy. Keunikan burung kenari ini terlihat pada bagian kepalanya yang agak mengembang ke depan sampai pada bagian paruhnya yang hampir menutupi seluruh bagian matanya. Sedangkan pada bagian belakang kepalanya sedikit lebih luas dan ditutupi dengan bulu yang tebal dan juga halus, sehingga burung ini terlihat sangat menarik.

6. Burung Kenari Lancashire

Burung Kenari Lancashire

Kenari Lancashire merupakan jenis burung kenari yang sudah sangat jarang ditemukan spesies aslinya, karena burung ini sering disilangkan dengan jenis kenari lainnya yang salah satu hasil dari persilangan burung ini yaitu jenis Yorkshire. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang besar dan paling besar diantara jenis burung kenari pada umumnya, jenis burung ini terdapat dua varian yaitu jenis Lancashire Coppy yang memiliki jambul diatas kepalanya dan juga jenis Lancashire Plain yang kepalanya polos.

7. Burung Kenari London Fancy

Gambar Burung Kenari London Fancy

Burung kenari dengan jenis London Fancy merupakan jenis kenari yang telah dinyatakan punah dan burung ini juga sangat sulit sekali ditelusuri adal usulnya. Keunikan dari burung ini yaitu dari bulunya yang berwarna keemasan yang mengkilap dan warna hitam pada bagian sayap serta bagian ekornya. Burung ini berasal dari inggris yang warna asli dari burung ini memiliki corak bintik-bintik hitam pada tubuhnya.

8. Burung Kenari Scotch Fancy

Burung Kenari Scotch Fancy

Dikalangan para pecinta burung di inggris, burung kenari ini dikenal dengan nama Bird O Circle. Burung ini memiliki keunikan pada bagian kepala sampai ekornya dengan membentuk setengah lingkaran, ukuran kepalanya cukup kecil dan bulat seperti pada jenis burung kenari Belgia. Burung ini memiliki leher yang panjang dan juga ramping, pada bagian bahu terisi penuh tetapi agak sempit serta bulat, sedangkan pada bagian sayapnya berukuran cukup panjang dan menempel sangat kuat pada tubuh dan juga kakinya yang panjang.

9. Burung Kenari Belgian

Burung Kenari Belgian Putih

Jika dilihat, sepintas burung ini seperti burung yang cacat, ukuran kepalanya yang sangat kecil mirip dengan kepala ular. Sehingga burung ini hanya diambil pada bagian bentuk tubuhnya saja. Untuk mengembang biakan burung kenari ini cukup sulit, bahkan untuk menetaskan telurnya harus menggunakan indukan kenari lain.

10. Burung Kenari Frill

Burung Kenari Frill

Burung kenari jenis Frill ini merupakan salah satu jenis kenari yang memiliki ukuran tubuh sangat besar dari jenis kenari pada umumnya, bahkan ukuran panjang tubuhnya dapat mencapai hingga 20 cm.

11. Burung Kenari Fite Fancy

Burung Kenari Fite Fancy

Burung kenari ini merupakan jenis kenari baru, bentuk tubuhnya hampir sama dengan jenis London Fancy dan yang membedakannya hanya pada ukuran tubuhnya yang lebih kecil dan juga pada bulu bagian saya serta ekornya yang berwarna putih. Sedangkan panjang tubuhnya tidak lebih dari 11 cm, namun jenis burung kenari Fite Fancy sangat mudah untuk diternakan dan dapat menghasilkan warna bulu yang bervariasi.

12. Burung Kenari Red Intensive Canary

Burung Red Intensive Canary

Jenis burung kenari ini lebih dikenal dengan nama kenari merah, burung ini sangat cantik dan menarik dengan warna bulunya yang hampir bagian tubuh seluruhnya berwarna merah. Burung ini asli berasal dari kawasan Samudera Atlantik dengan memilikiukuran panjang tubuhnya yang mencapai 14 cm. Burung ini siap untuk dijadikan sebagai indukan setelah burung ini berumur sekitar 7-8 bulan, sedangkan kenari merah jantan dapat dikawinkan setelah memasuki usia 10-12 bulan. Pada saat bertelur, telurnya hanya butuh waktu 15 hari untuk menetas dan setelah 25 hari indukan dapat dikawinkan kembali.

13. Burung Kenari Roller

Burung Kenari Roller

Burung kenari jenis Roller merupakan jenis kenari yang berasal dari keturunan dari Jerman, burung ini berasal dari pegunungan Hartz. Penduduk sekitar banyak yang mengembang biakan burung ini, burung ini merupakan jenis kenari yang pandai berkicau dan kicauannya pun sangat lantang dan merdu.

Demikianlah jenis-jenis burung kenari yang dapat saya sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda para pecinta burung kenari dan sedikit menambah pengetahuan anda semua.

Artikel Terkait Jenis-Jenis Burung Kenari

Sponsored Link
loading...
Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *