Jenis-jenis Hewan Yang Dapat Dipelihara

By Categories : Hewan, Info Unik

Tidak semua jenis hewan dapat dipelihara. Bagi anda yang senang dengan hewan peliharaan, pastinya anda akan memilih jenis hewan peliharaan yang mudah dipelihara. Sehingga di sela-sela kesibukan rutinitas, anda tidak akan merasa kerepotan dalam mengurus hewan peliharaan kesayangan anda. Memiliki hewan peliharaan tentunya dapat memberikan kesenangan tersendiri bagi para pemiliknya, sehingga sebagian orang menjadikan hewan peliharaan sebagai teman untuk bermain dan menghilangkan stress. Lalu, hewan apa saja yang mudah untuk di pelihara?

Berikut ini merupakan jenis hewan peliharaan yang mudah dipelihara, diantaranya yaitu :

1. Burung

Burung Red Intensive Canary

Burung merupakan jenis peliharaan yang sangat popular dan banyak digemari berbagai kalangan, ini dikarenakan cara pemeliharaannya terbilang mudah dan sederhana. Selain itu, jika burung yang anda pelihara berjenis burung kicauan, maka anda akan di suguhkan dengan kicauan yang merdu setiap pagi sebelum anda berangkat kerja. Tetapi walaupun mudah untuk dipelihara, anda harus konsisten dalam melakukan perawatannya setiap pagi seperti membersihkan sangkar dari kotoran, memandikan, menjemur dan memberikan makanan yang memiliki kandungan gizi yang cukup dan baik untuk burung itu sendiri. Sumber protein alami yang baik untuk burung yaitu seperti jangkrik dan juga ulat hongkong.

2. Ikan

Jenis Ikan Platis

Ikan merupakan jenis hewan peliharaan yang sangat mudah untuk di pelihara, asalkan anda selalu menyempatkan waktu untuk melakukan perawatan hariannya seperti pemberian pakan, membersihkan kolam dan mengganti airnya dengan yang baru setiap 3 hari sekali. Jenis ikan yang mudah dipelihara diantaranya yaitu ikan koi atau ikan mas.

3. Hewan pengerat

Pelihara hamster

Hewan pengerat yang terdiri dari marmot, landak mini, hamster dan lain sejenisnya merupakan jenis hewan yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan dan juga hewan tersebut mudah untuk dipelihara. Akan tetapi jika anda ingin memel;ihara jenis hewan ini, anda harus rajin dalam membersihkan kandang dan juga kotorannya secara rutin setiap hari, karena jika dibiarkan menumpuk dalam waktu lama dapat menimbulkan aroma bau yang menyengat dan bahkan dapat membuat hewan peliharaan kita terserang penyakit. Selain itu, selalu berikan makanan yang bergizi dan juga tempatkan kandangnya pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik agar tidak pengap.

4. Reptile

Iguana

Hewan reptile merupakan jenis hewan yang banyak di gemari, bahkan banyak berdiri para komunitas pecinta reptile di kota-kota besar di Indonesia. Hal ini dikarenakan, hewan reptile sangat menarik dan cara perawatannya pun cukup mudah dan sederhana. Jenis hewan reptile yang paling mudah untuk dipelihara yaitu seperti ular, kura-kura, biawak, iguana dan lain sebagainya. Seperti pemeliharaan hewan diatas, memelihara hewan reptile juga hal yang paling harus diperhatikan yaitu menjaga kebersihan kandang dan pemberian makan yang teratur dan bergizi setiap hari. Tetapi dari beberapa jenis reptile tersebut terdapat jenis reptile yang buas dan berbahaya, sehingga disarankan anda harus ekstra hati-hati dan jauhkan dari jangkauan anak-anak untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan.

5. Hewan mamalia

domba-batur

Hewan mamalia merupakan jenis hewan yang hampir sama dengan jenis pengerat, tetapi hewan mamalia ini kotorannya tidak sebau seperti hewan pengerat dan pemeliharaannya pun sama seperti cara memelihara hewan pengerat diatas.

6. Unggas

Gambar Unggas - Ayam

Jenis unggas yang dapat dengan mudah dipelihara yaitu ayam, bebek, dan kalkun. Jika ingin memelihara ayam lebih baik ayam kampung karena lebih kuat terhadap penyakit, namun memelihara ayam hias bisa menjadi alternatif.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai jenis hewan peliharaan yang dapat dipelihara. Semoga apa yang telah saya uraikan diatas dapat memberikan sedikit manfaat untuk anda semuanya, selamat mencoba dan sampai jumpa.

Artikel Terkait Jenis-jenis Hewan Yang Dapat Dipelihara

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *