Jenis-Jenis Burung Lovebird Cantik Asal Afrika Dan Gambarnya

By Categories : Hewan

Jenis-jenis burung lovebird cantik yang berasal dari Afrika, dijelaskan ciri-ciri dari tiap jenis lovebird dan gambar dari tiap burung lovebird tersebut.

Jika anda pecinta burung, pastinya anda kenal dengan burung yang bernama lovebird. Nama burung ini mengacu dari Sembilan spesies burung lovebird dari jenis Agapornis, dari kedelapan jenis burung lovebird tersebut berasal dari kawasan benua Afrika sedangka yang kesembilan berasal dari wilayah pulau madagaskar. Dari kesembilan jenis burung lovebird, jenis Peachfaced (lovebird muka salem), Fischeri (lovebird kacamata) dan Masked (lovebird dakocan) merupaka jenis yang paling banyak di pelihara di tempat penakaran. Sedangkan jenis yang lainnya sangat sulit ditemukan dan dapat dibilang cukup langka.

Jenis-Jenis Burung Lovebird Cantik

Bagi anda yang ingin tahu jenis burung lovebird, berikut ini merupakan jenis-jenisnya yang dapat anda ketahui.

1. Burung Lovebird Dakocan

Burung Lovebird dakocan

Burung lovebird ini merupakan jenis burung yang memiliki nama latin agapornis personata, burung jenis ini pada umumnya memiliki bulu yang berwarna hijau dan ada juga yang berwarna biru muda, sedangkan warna pada bagian dahi dan juga pipinya berwarna hitam kecokelatan. Selain itu, pada bagian kepalanya berwarna kehitaman dan pada bagian leher serta bagian dada berwarna kuning. Habitat asli dari burung lovebird jenis kacamata dakocan ini berasal dari Tanzania, Benua Afrika.

2. Burung Lovebird Muka Salem

Burung lovebird muka salem

Lovebird muka salem merupakan jenis burung yang memiliki nama latin agapornis roseicollis, burung ini pada umumnya memiliki ciri-ciri dari warna bulu pada bagian dadanya yang dominan berwarna hijau, pada bagian dahi dan juga bagian belakang matanya berwarna merah, pada bagian bawah sayapnya berwarna kebiru-biruan sedangkan burung ini memiliki paruh yang berwarna kuning dan kaki berwarna keabu-abuan. Burung lovebird muka salem habitat aslinya berada di wilayah Afrika Barat.

3. Burung Lovebird Fischeri

Burung lovebird Fischeri

Fischer’s Lovebird, Agapornis fischeri, Tanzania by Markus Lilje

Jenis burung lovebird Fischeri adalah jenis burung yang memiliki nama latin agapornis fischeri dan merupakan jenis burung lovebird yang jarang di pelihara, jenis lovebird kacamata memiliki ciri-ciri pada warna bulunya yang dominan berwarna hijau kekuning-kuningan pada bagian bawah tubuhnya. Pada bagian kakinya berwarna abu-abu dan pada bagian paruhnya berwarna merah sedangkan pada bagian dahi, pipi dan juga kerongkongannya memiliki warna orange. Burung lovebird fischeri juga memiliki kepala yang berwarna hijau pada bagian bawahnya, sedangtkan pada bagian dada bagian atas, leher dan juga ekornya berwarna biru muda. Habitat asli dari jenis burung lovebird ini berasal dari Tanzania, Benua Afrika.

4. Burung Lovebird Kerah Hitam

Burung lovebird kerah hitam

Jenis lovebird kerah hitam ini bernama latin agapornis swinderniana, burung ini dikenal dengan sebutan kerah hitam karena terdapat pola berwarna hitam pada bagian lehernya dan warna tersebut akan tampak sangat jelas pada lovebird pejantan. Burung ini dapat dikenali dengan cirri-ciri umum seperti punggungnya yang berwarna biru, pada bagian paruh berwarna abu-abu yang agak kehitaman dan pada bagian kakinya yang berwarna kuning kehijau-hijauan. Lovebird kerah hitam banyak ditemukan di kawasan Afrika Tengah dan juga Afrika Barat.

5. Burung Lovebird Muka Merah

Burung lovebird muka merah

Jenis burung lovebird muka merah merupakan jenis burung yang banyak ditemukan di kawasan Afrika Tengah dan juga Afrika Barat, burung cantik ini memiliki nama latin agapornis pullaria. Jika dilihat dari warnanya, burung ini sesuai dengan namanya muka merah. Hal ini dikarenakan pada lovebird jantan terdapat ciri-ciri seperti bulu yang berwarna hijau sedikit kekuning-kuningan pada bagian bawah tubuhnya, pada bagian sayapnya berwarna hitam dengan ekor yang berwana hijau. Sedangkan pada lovebird betina dapat dikenali dengan ciri-ciri pada bagian mukanya berwarna merah muda dan pada bagian bawah sayapnya berwarna hijau. Perbedaan antara jantan dan betina juga terdapat pada warna bulu saya bagian bawahnya yang jika jantan berwarna hitam, sedangkan pada betina berwarna hijau.

6. Burung Lovebird Abisinia

Jenis Burung lovebird Abisinia

Jenis burung yang bernama latin agapornis taranta ini banyak ditemukan di kawasan Ethiopia, Benua Afrika. Burung cantik ini memiliki ciri khas pada umumnya terletak pada bulu yang berwarna hitam pada bagian bawah sayapnya, sedangkan bulu pada bagian bawah tubuhnya pada umumnya berwarna hijau kekuning-kuningan, pada bagian dahi dan juga lingkar matanya lovebird jantan berwarna merah dan pada jenis lovebird betina berwarna hijau.

7. Burung Llovebird Kacamata Pipi Hitam

Burung lovebird kacamata pipi hitam

Jenis lovebird yang berasal dari Zimbabwe dan Zambia, kawasan benua Afrika ini adalah jenis burung yang memiliki nama latin agapornis nigrigenis. Burung ini memiliki ciri khas pada warna bulunya seperti pada bagian pipinya berwarna hijau, pada bagian dahinya berwarna cokelat kemerahan. Pada umumnya tubuhnya berwarna orange dengan ekor yang berwarna hijau dan warna kaki abu-abu. Sedangkan pada bagian lingkar matanya terdapat warna putih, pada paruh bagian atas terdapat bercak-bercak hitam dan pada bagian pipinya sangat jelas terlihat pada bagian pipinya. Di Negara tempak asal burung lovebird ini membatasi eksport burung cantik ini, maka sangat sulit untuk menemukan burung lovebird kacamata pipi hitam di pasaran bebas.

8. Burung Lovebird Madagaskar

Burung lovebird madagaskar

Jenis burung ini memiliki nama latin agapornis cana, jenis lovebird madagaskar dikenali dengan memiliki ciri khas pada bagian kepalanya yang berwarna abu-abu. Pada bulu dibagian tubuh dan juga ekornya berwarna hijau kekuning-kuningan, sedangkan pada bagian kepala, dada, leher, paruh dan juga kakinya berwarna umum keabu-abuan. Untuk membedakan antara jentan dan betina dapat dikenali dengan ciri-ciri pada bagian bawah sayapnya yang berwarna hijau dan pada lovebird jantan berwarna hitam, jenis burung ini hanya dapat ditemukan di madagaskar.

9. Burung Lovebird Kacamata Nyasa

Burung lovebird kacamata nyasa

Jenis burung yang bernama latin agapornis lilianae ini merupakan jenis lovebird yang habitat aslinya berasal dari Tanzania, Malawi dan juga Mozambique yang berada di kawasan benua Afrika. Burung cantik ini memiliki ciri khas pada bulunya yang kebanyakan berwarna hijau, pada lingkar matanya berwarna putih dengan paruh yang berwarna merah tua, pada bagian kakinya berwarna abu-abu. Sedangkan pada tubuh bagian bawahnya, kerongkongan dan juga dahinya berwarna orange dan terdapat sebuah mahkota yang berwarna merah kekuning-kuningan.

Itulah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai ciri-ciri dari berbagai jenis burung lovebird yang disertai dengan gambar lovebird yang cantik, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai aneka jenis burung yang ada di bumi ini.

Artikel Terkait Jenis-Jenis Burung Lovebird Cantik Asal Afrika Dan Gambarnya

Sponsored Link
loading...
Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *