Jenis-jenis Burung Berkicau Terbaik Bersuara Sangat Merdu

By Categories : Hewan

Wow ini dia jenis-jenis burung berkicau terbaik yang memiliki suara sangat merdu dan indah. Jika kita berbicara mengenai nyanyian burung, pastilah yang pertama terlintas dalam benak kita yaitu suaranya yang sangat nyaring dan merdu. Nah, apakah anda semua tahu jenis burung apa saja yang memiliki kicauan paling indah dan merdu? Penasaran burung apa sajakah itu?

Sebagai warga Negara Indonesia tentunya kita sangat bangga, karena indonesia merupakan Negara yang kaya akan kekayaan alamnya yang salah satunya memiliki aneka flora dan fauna. Tetapi pada postingan kali ini saya akan membagikan sedikit informasi bagi anda para pecinta burung di ndonesia.

9 Jenis Burung Berkicau Terbaik

Diantaranya yaitu :

  1. Burung Cucak Hijau

Walaupun jenis burung ini bernama cucak hijau, namun burung ini bukan termasuk kedalam keluarga cucakrowo ataupun cucak jawa. Burung cucak hijau merupakan jenis burung yang memiliki nama latin Chloropsis Sonnerati, burung ini pada umumnya memiliki warna bulu dominan berwarna hijau. Jenis burung cucak hijau masih termasuk kedalam spesies Chloropseidae dan masih berkerabat dengan jenis burung cipoh (Aegithina spp), sedangkan dalam bahasa inggris jenis burung ini memiliki nama Greater Green Leafbird.

Jenis Burung Berkicau Cucak Hijau

Gambar Cucak Hijau di Alam Liar

Burung ini juga banyak dikenal dengan sebutan cica daun atau secara umum banyak orang yang mengenalnya dengan sebutan burung daun. Burung ini memiliki ukuran tubuh sedang dan memiliki panjang sekitar 22 cm, burung cucak hijau terbialng cukup agresif, terlebih jika ukuran burung yang lainnya lebih kecil. Pada saat burung ini sedang berkicau, burung ini akan menundukan kepalanya, kicauannya sangat lantang dan juga merdu sehingga banyak orang yang tertarik untuk memelihara jenis burung cucak hijau ini. Habitat asl;I dari burung ini yaitu berada di kawasan hutan hujan dan makanan yang biasa dimakannya yaitu aneka serangga dan juga buah hutan.

  1. Burung kacer

Burung kacer merupakan jenis burung yang banyak di gemari oleh para pecinta burung, selain memiliki cuara yang lantang dan merdu, ternyata burung ini juga sangat cantik. Maka tak heran jika burung ini menjadi salah satu burung peliharaan paling popular di Indonesia, sedangkan ciri fisik dari warna burung ini pada umumnya, burung ini memiliki warna bulu hitam dan juga putih.

Jenis Burung Berkicau Kacer

Gambar Kacer Poci di Alam Liar

Di Indonesia terdapat 2 jenis burung kacer yang paling popular dan banyak di gemari para pecinta burung, burung tersebut terdiri dari burung kacer hitam atau lebih dikenal dengan sebutan kacer jawa dan yang satunya lagi yaitu jenis burung kacer poci atau lebih dikenal dengan nama kacer sumatera.  Dari kedua jenis burung kacer tersebut dapat dibedakan dari warna bulunya, untuk jenis kacer jawa memiliki warna yang dominan hitam mulai dari dada hingga bagian dekat dengan kloaka, sedangkan jenis kacer sumatera warna hitamnya hanya sebatas pada bagian dada saja dan pada bagian bawah hingga kloaka berwarna putih.

Dari kulitas suara kicauannya, burung kacer jawa memiliki kemampuan dalam berkicau sangat baik dan mampu menirukan jenis suara yang ada di sekelilingnya, burung ini tampak unik jika pada sat berkicau sambil memainkan ekornya. Ini dia tips agar kicau kacer bagus. Volume suara yang dikeluarkan sedang dan burung ini lebih suka berada di daerah yang memiliki udara panas.

Sedangkan jenis burung kacer sumatera atau kacer posi memiliki volume suara yang sangat keras dan memiliki kemampuan dalam menirukan suara yang ada di sekelilingnya, selain suara kicauannya yang keras namun sangat merdu didengar.

Maka dari itu, banyak orang yang menyukai kedua jenis burung ini. Selain memiliki suara yang sangat bagus, cara perawatannya pun tidak terlalu sulit, ini dia cara merawat burung kacer agar cepat gacor.

  1. Burung Cendet

Burung cendet atau lebih dikenal dengan sebutan burung pentet yaitu jenis burung predator yang dapat menghasilkan suara yang sangat bervariasi, sehingga banyak orang yang beranggapan jika untuk merawat burung ini sangat sulit dan memerlukan perawatan khusus. Tetapi sebenarnya dalam melakukan perawatan burung ini sama saja seperti merawat burung lainnya, asalkan dilakukan dengan sabar dan penuh perhatian.

Jenis Burung Berkicau - Cendet

Gambar Cendet/Pantet di Ranting

Burung cendet merupakan jenis burung yang sangat cerdas yang berasal dari keluarga Turdidae, burung ini banyak diminati para pecinta burung karena kemampuannya dalam menirukan suara kicauan dari burung lain dengan sangat baik.

  1. Burung Murai Batu

Burung murai batu merupakan jenis burung yang bernama latin Copychus Malabaricus, burung murai batu masih masuk kedalam keluarga Turdidae.

Jenis Burung Berkicau - Murai Batu

Gambar Burung Murai Batu Dialam Liar

Burung ini banyak dilirik para pecinta burung karena memiliki kemampuan dalam berkicau yang sangat baik, merdu, berirama dan juga kicauannya sangat bervariasi.  Selain itu, keunikan dari murai batu ini juga tidak terkenal akan suaranya yang sangat merdu, tetapi juga memiliki gaya bertarung yang sangat aktraktif. Baca juga cara membedakan murai batu jantan dan betina.

  1. Burung Trucuk

 

Burung trucuk merupakan jenis burung yang memiliki kicauan yang sangat merdu, burung ini adalah jenis burung yang termasuk kedalam spesies Pycnonotidae dalam bahasa inggris disebut dengan nama “Bulbul”. Bagi orang sunda nama burung ini disebut dengan cerukcuk atau disebut juga jogjog, jika orang jawa menamainya dengan sebutan terucuk atau cerocokan. Nama-nama tersebut merupakan sebuah nama yang diambil dari suara kicauannya yang unik dan berbeda dengan jenis burung lainnya.

Jneis Burung Berkicau Trucuk- Bulbul Red Whiskered

Bulbul Red Whiskered

Burung ini memiliki ukuran tubuh sedang dengan panjang tubuh total sekitar 20 cm, sedangkan dari warnanya burung ini memiliki warna cokelat kelabu pada bagian sisi atasnya, pada bagian sisi bawahnya berwarna putih kusam. Pada bagian mahkotanya berwarna kehitaman, pada bagian alis dan sekitar mata berwarna putih, pada garis dibagian depan mata berwarna hitam, sisi lambung dengan adanya garis-garis kecokelatan dan terdapat penutup pantat yang berwarna kuning.  Selain itu, pada bagian paruhnya berwarna hitam, terdapat sedikit iris mata yang berwarna kecokelatan dan kaki yang berwarna abu-abu merah jambu.

  1. Burung Jalak suren

Burung jalak duren merupakan salah satu jenis burung pengicau yang berasal dari spesies Sturnidae, burung ini memiliki ukuran sedang sekitar 20-25 cm. Selain itu, burung ini tampak gagah dengan memiliki paruh yang kuat, tajam dan juga tegal lurus.

Jenis burung berkicau Jalak Suren

Gambar Jalak Suren Jawa

Burung jalak suren memiliki kaki yang panjang dan sesuai dengan ukuran tubuhnya, sedangkan burung ini memiliki suara yang rebut yang dapat berceloteh dengan sangat keras dan terkadang mampu meniru suara burung jenis lain. Jika berada di alam bebas, burung ini sering bersarang di dalam lubang-lubang  pohon.

  1. Burung Perkutut

Burung perkutut merupakan jenis burung yang memiliki ukuran tubuh kecil dengan dominan berwarna abu-abu, burung ini sering di pelihara karena memiliki suara yang sangat khas dan merdu.

Jenis Burung Berkicau Perkutut

Gambar Burung Perkutut

Bagi orang jawa, burung ini merupakan jenis burung peliharaan yang sangat popular bahkan sebagian orang sangat memanjakan burung ini. Burung perkutut masih berkerabat dekat dengan burung tekukur, merpati dan juga burung puter.

8. Burung Anis

Jenis burung anis merah

Gambar burung anis merah

Habitat aslinya burung ini didekat sungai yang terdapat rimba atau phon kopi dan lebih condong bersarang di sungai kecil atau lembah yang jarang terkena sinar matahari. Burung anis banyak dijumpai di Indonesia dan negara-negarai di Asia Tenggara.

Tidak heran jika harga burung ini mahal karena kicauannya yang sangat alami dengan irama yang merdu. Rasanya belum lengkap jika para pecinta burung belum mempunyai burung yang satu ini.

9. Burung Kenari

Di negara kita Indonesia burung ini sempat mejadi populer beberapa tahun lalu, namun kepopulerannya redup seiring ramainya batuk akik 😀 semua orang pasti tahu trend ini.

Jenis Burung kicau kenari

Gambar burung kenari

Untuk lebih mengenal burung kenari silahkan baca jenis-jenis burung kenari, karena kenari ada berbagai macam dan juga banyak persilangan yang menghasilkan jenis kenari baru. Baca juga cara merawat burung kenari agar cepat gacor dan tips ternak burung kenari yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi anda yang ingin membudidayakannya.

Itulah jenis-jenis burung berkicau terbaik yang dapat saya sampaikan kepada anda semua walaupun masih ada lagi jenis burung yang memiliki kicauan indah dan merdu, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sedikit menambah pengetahuan anda semua seputar burung.

Lihat juga 10 burung tercantik di dunia. Terima kasih telah membaca ulasan diatas dan sampai jumpa.

Artikel Terkait Jenis-jenis Burung Berkicau Terbaik Bersuara Sangat Merdu

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *