Informasi Singkat Mengenai Vertigo

By Categories : Kesehatan

Penyakit vertigo merupakan kondisi dimana seseorang merasa seolah-olah lingkungan atau diri sendiri bergerak, atau berputar-putar.  Penyebab penyakit vertigo yaitu adanya gangguan pada sistem keseimbangan.  Pemicu dari munculnya penyakit vertigo yaituadanya serangan migraine, radang tenggorokan, kelainan pada saraf, pengaruh minuman beralkohol, gangguan penglihatan (rabun), obat-obatan, mabuk kendaraan dan berkurangnya pasokan oksigen ke otak, adanya infeksi bakteri pada telinga,hingga adanya tekanan emosional atau stress. Pemicu munculnya vertigo sangat bervariasi, berbeda-beda bergantung padaketahanan tubuh dan riwayat penyakit yang berpotensi mengakibatkanpenyakit vertigo.

Penyakit vertigo

Sponsored links

Vertigo  bukanlah suatu penyakit melainkan termasuk gejala penyakit yang penyebabnya bisa  sangat bervariasi. Seperti sudah disebutkan di awal bahwa munculnya penyakit vertigoberhubungan dengan fungsi keseimbangan tubuh yang terdiri dari tiga system, yaitu system vestibular, system visual, dan system simatosensorik. Vertigo muncul jika ada gangguan pada salah satu atau lebih dari ketiga system keseimbangan itu.

Saat kepala bergerak, informasi disampaikan ke labirin, suatu organ ditelinga bagian dalam berupa tiga saluran berbentuk setengah lingkaran yang dikelilingi cairan. Labirin lantas menyalurkan informasi gerakan ke saraf  vestibular yang kemudian membawa informasi ke batang otak, dilanjutkan sampai ke sereblum (bagian otak yang mengontrol koordinasi, keseimbangan, pergerakan, tekanan darah, dan kesadaran). Jika terjadi gangguan pada system ini yang lazim disebut vertigo vestibular. Gejala vertigo jenis ini umumnya terjadi secara mendadak, disertai dengan rasa mual, terkadang telinga akan mendengung. Maka sebaiknya anda mewaspadai setiap adanya gejala penyakit vertigo. Sangat disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter ahli syaraf agar vertigo dapat segera reda. Dan diambil tindakan medis untukpenyakit vertigo.

Artikel Terkait Informasi Singkat Mengenai Vertigo

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *