Informasi Pengobatan Kanker Nasofaring

By Categories : Kesehatan

Pengobatan kanker nasofaring sudah mulai berkembang dengan adanya berbagai kemajuan teknologi di bidang kedokteran. Kanker Nasofaring atau dikenal dengan kanker hidung terjadi ketika sel kanker yang menyebar berasal dari nasofaringyang letaknya betrada di daerah belakang rongga hidung dan di atas daerah belakang tenggorokan.Pengobatan Kanker Nasofaring

Penyebab terjadinya kanker nasofaring ini belum diketahui dengan pasti, Akan tetapi munculnya infeksi akibat dari  virus Epstein Barr diduga sebagai faktor utama penyebab kanker nasofaring. Kebiasaan mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam berlebih di usia dini diperkirakan menjadi salah satu sebab yang dapat meningkatkan resiko terkena nasofaring. Juga terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang difermentasikan dan merokok akan meningkatkan resiko terjangkit nasofaring. Faktor keturunan juga dianggap dapat meningkatkan resiko terkena kanker inifaktor resiko yang terkait dengan penyebab NPC diantaranya adalah konsumsi ikan yang diasinkan secara berlebihan pada usia dini, konsumsi tinggi makanan yang diawetkan atau difermentasikan, serta merokok.

Berikut ini merupakan beberapa gejala yang sering terjadi pada penderita kanker nasofaring, diantaranya:

Sponsored links

  1. Munculnya dahak yang bercampur darah
  2. Terjadi pendarahan hidung (mimisan)
  3. Munculnya gangguan pada telinga; berkurangnya daya pendengaran dan munculnya suara mendengung pada telinga
  4. Kepala terasa sakit pada jangka waktu yang lama
  5. Munculnya gejala kanker stadium lanjut, misalnya cepat letih, kehilangan berat badan dan rasa nyeri pada tulang

Pengobatan kanker nasofaring stadium awal dapat dilakukan yaitu dengan metode terapi radiasi. Terapi ini menggunakan sinar energi tinggi untuk membunuh sel kanker. Dengan metode terapi radiasi, hanya akan berpengaruh pada sel kanker di daerahpengobatan. Pada pengobatan kanker nasofaring area pengobatannya meliputi leher dan ruang bagian belakang hidung.

Sedangkan pada pasien dengan kanker stadium lanjut ditandai dengan adanya pembengkakan kelenjarleher bilateral, metode  kemoterapi sangat dianjurkan sebagai pengobatan kanker nasofaring.

Artikel Terkait Informasi Pengobatan Kanker Nasofaring

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *