Gejala Penyakit Kanker

By Categories : Kesehatan

Pengobatan penyakit kanker sudah mulai berkembang dengan adanya berbagai kemajuan teknologi di bidang kedokteran. Pada awalnya penyakit kanker memang sulit untuk dideteksi secara pasti karena pada stadium awal, penyakit kanker tidak menunjukan gejala sama sekali atau seringkali  gejalanya mirip dengan gejala penyakit yang umum diderita, sehingga seringkali dokter salah mendiagnosa dan keliru dalam memberikan pengobatan penyakit kanker. Penyakit kanker biasanya baru  diketahui secara pasti setelah stadium lanjut yaitu ketika sudah muncul gejala yang jelas seperti adanya benjolan pada bagian tubuh tertentu.

penyakit kanker

Berikut ini merupakan beberapa gejala yang umum terdapat pada penderita kanker, diantaranya yaitu:

  1. Munculnya benjolan

Kanker pada dasarnya merupakan penyakit yang terjadi karena penumpukan sel kanker karena sel tubuh akan terus berkembang tak terkendali walaupun tubuh tidak membutuhkan pergantian sel. Benjolan kanker biasanya berada dipayudara, ketiak, leher atau bagian tubuh lainnya. Benjolan tersebut tidak terasa sakit atau nyeri, akan tetapi ketika benjolan telah membesar maka akan mulai terasa nyeri dan sakit bila ditekan. Mendeteksi kanker memang tidak mudah, untuk menentukan benjolan pada bagian tubuh tersebut merupakan kanker atau bukan diperlukan pengamatan yang detail dan konsultasi pada dokter ahli.

Sponsored links

  1. Adanya rasa sakit yang terus menerus

Pada beberapa jenis pengobatan penyakit kanker seperti kanker rahim dan kanker paru, tidak memperlihatkan benjolan secara jelas. Akan tetapi bagi penderita kanker akan merasakan sakit dan nyeri jika sel kanker telah menyebar dan mulai membesar.

  1. Penurunan berat badan secara drastis

Jika sel kanker telah menyebar dan membesar, maka akan menghambat aliran darah dan suplai oksigen ke dalam organ tubuh. Akibatnya sel kekurangan nutrisi dari zat makanan yang dibawa oleh darah. Selain itu oksigen juga kesulitan untuk mencapai organ tubuh, sehingga sel tubuh tidak mendapatkan zat dan sari makanan yang dibutuhkan, akibatnya terjadi penurunan berat badan secara drastic dalam waktu yang singkat.

Itulah beberapa gejala umum dari penyakit kanker, dengan mengetahui gejalanya dengan benar diharapkan akan bisa memberikan pengobatan penyakit kanker yang tepat.

Artikel Terkait Gejala Penyakit Kanker

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *