Gejala Diabetes Melitus Yang Patut Anda Waspadai

By Categories : Kesehatan

Gejala diabetes melitus sebaiknya diketahui sejak dini, karena tidak banyak orang yang mengetahui mengenai gejala-gejala diabetes militus ini dengan pasti, kecuali setelah melakukan tes dengan dokter ahli. Gejala-gejala tersebut seringkali dianggap biasa saja oleh penderitanya,  hal ini menjadi sangat penting untuk diketahui aupaya kita bisa mendeteksi sejak dini apakah penyakit ini sudah ada dalam tubuh kita atau tidak. Jika kita mengetahuinya gejalanya lebih awal, tentu akan lebih baik bagikita untuk melakukan pencegahan agar tidak menjadi semakin parah.

Diabetes melitus merupakan penyakit yang terjadi karena meningkatnya kadar gula dalam darah akibatnya terjadi gangguan sistem metabolisme tubuh. Organ yang berperan dalam mengatur gula darah adalah pankreas, tetapi pada penderita diabetes melitus, organ tersebut sudah tidak mampu memproduksi hormon insulin untuk memenuhi kebutuhan tubuh. hormon insulin dalam tubuh berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah. Dengan berkurangnya hormon insulin dalam tubuh menyebabkan glukosa tidak terserap dengan baik sehingga kandungan glukosa dalam darah terus meningkat dan menyebabkan penyakit diabetes.

Gejala Diabetes Melitus

Kenali Gejala Diabetes Melitus Sejak Dini

Gejala  Diabetes Melitus

Penyebab dari diabetes secara umum adalah pola hidup yang tidak sehat, seperti kurang beraktifitas, kurang beristirahat, stress dan kebiasaan merokok serta mengkonsumsi minuman beralkohol. Gejala-gejala diabetes melitusyang sering muncul yaitu:

Sponsored links

  1. Poliuri

Yaitu penderita diabetes melitus sering buang air kecil dalam jumlah banyak. Kejadiannya biasa terjadi pada malam  hari. Ganguan ini disebabkan karena hormon insulin dalam darah hanya sedikit sehingga ginjal tidak dapat menyaring gula dalam darah sehingga menjadikan gula tersebut keluar bersama air seni. Kadar gula dalam air seni pun jadi pekat dan untuk selanjutnya memaksa ginjal untuk menarik air dalam jumlah banyak dari tubuh agar air seni atau air kencing tidak terlalu pekat.

  1. Polidipsi

Yaitu penderita diabetes melitus sering merasa haus sehingga banyak minum. Gejala ini tidak terlepas dari gejala yang pertama yaitu karena sering buang air kecil sehingga kita membutuhkan tambahan cairan yang lebih banyak. Hal ini terjadi karena sedang berlangsung penarikan cairan yang banyak dari ginjal. Maka penderita cepat merasa haus dan akan selalu ingin minum terus.

  1. Polifagi
    Yaitu penderita diabetes melitus sering merasa cepat lemas dan lelah. Hal ini dikarenakan sel-sel tubuh yang kekurangan energi akibat tidak bisa masuknya gula ke dalam sel. Insulin mengalami masalah sehingga sel tubuh tak bisa menyerap gula dengan baik. Akhirnya sel tubuh kekurangan energi dan tubuh pun merasa lemas dan lelah.

Gejala lainnya yang sering terjadi pada penderita diabetes melitus diantaranya: berat badan turun dengan cepat, sering kesemutan dan luka yang sulit sembuh. Agar penyakit diabetes melitus dapat dihindari, atau minimal tidak menjadi semakin parah maksa sudah seharusnya kita mewaspadai gejala diabetes melitus.

Artikel Terkait Gejala Diabetes Melitus Yang Patut Anda Waspadai

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *