Gejala Asam Urat Yang Perlu Anda Waspadai

By Categories : Kesehatan

Gejala asam urat dapat muncul kapan saja, di mana saja. Secara alami sebenarnya tubuh kita menghasilkan asam urat sebagai hasil dari proses metabolisme tubuh. Asam urat merupakan produk buangan dari sirkulasi dalam darah, dan merupakan hasil penguraian zat purin. Sewaktu asam urat menumpuk(biasanya karena pembuangan air seni yang tidak lancar) terbentuklah kristal seperti jarum di bagian persendian.Penyakit ini masih dapat disembuhkan, akan tetapi penanganannya harus dilakukan dengan baik, jika tidak maka penyakit asam urat akan semakin sering kambuh dan menjadi semakin parah.Gejala Asam Urat

Berikut ini merupakan beberapa gejala asam urat yang biasa terjadi pada penderita penyakit asam urat:

Sponsored links

  1. Terasa nyeri Pada persendian biasanya terjadi saat bangun tidur pada waktu pagi dan pada waktu malam hari, dan rasa nyeri tersebut bisa terjadi berulang kali.
  2. Pada penderita asam urat juga sering mengalami kesemutan, pembengkakan pada daerah persendian sampai  peradangan pada persendian.
  3. Rasa nyeri pada persendian biasanya terjadi pada bagian ruas jari tangan, ruas jari kaki, siku, pergelangan tangan, tumit dan lutut.
  4. Pada penderita asam urat yang sudah akut akan mengalami rasa sakit saat mengalami bergerak, utamanya pada persendian.

Untuk mengurangi resiko terkena asam urat sebaiknya dimulai dengan menerapkan  pola hidup sehat, rutin berolah raga dan menjaga pola makan. Menjaga pola makan penting untuk dilakukan karena merupakan salah satu usaha untuk mencegah penumpukan purin berlebih  yang dapat menyebabkan asam urat. Perbanyak juga mengkonsumsi air putih serta buah dan sayur, kecuali buah tertentu yang bersifat panas seperti durian. Sebaliknya kurangi konsumsi daging merah. Jeroan dan seafood yang mengandung protein terlalu banyak karena  dapat memicu kelebihan zat purin. Langkah pencegahan tersebut sebaiknya anda lakukan agar tidak memicu munculnya gejala asam urat.

Artikel Terkait Gejala Asam Urat Yang Perlu Anda Waspadai

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *