Faktor yang Harus Diperhatikan dalam Pengoptimalan Situs

By Categories : Serba Serbi

Faktor yang harus diperhatikan dalam pengoptimalan situs  untuk SEO (Search Engine Optimization)

Search Engine Optimization atau yang kita kenal dengan SEO didefinisikan sebagai proses peningkatan visibilatas suatu halaman web pada mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Pada saat ini seseorang mencari informasi di internet hampir 100% lewat mesin pencari untuk mendapatkan informasi yang ia butuhkan. Oleh sebab itu sang penyedia informasi atau konten tentunya ingin halaman webnya berada di halaman pertama mesin pencari agar dikunjungi oleh orang yang membutuhkan informasi.

Pengoptimalan Situs

Mengoptimalkan situs Anda untuk Search Engine adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pengunjung. Tapi bagaimana agar SEO yang kita terapkan bisa sukses? Faktor apa yang menjadikan SEO kita baik?

 

1. Tahu Akan Konten Anda

Suatu  pengoptimalan situs yang baik untuk Search Engine yang baik harus dimulai dengan Anda. Anda perlu bertanya pada diri sendiri bebeapa pertanyaan. Konten situs/halam anda tentang apa? Apakah pengunjung bisa menemukan informasi yang bermanfaat pada konten Anda? Apakah konten yang Anda sajikan mempunyai nilai lebih baik dibandingkan konten pada halaman web lain? Dengan mengetahui hal tentang konten anda, maka dipastikan Anda bisa membuat konten yang baik dan unik dimata Search Engine.

2. Tahu pesaing anda:

Anda perlu mengetahui siapa pesaing Anda. Apa saja yang mereka sediakan di situnya? Apa yang membuat konten mereka berbeda dengan Anda? Ketika Anda tahu apa yang pesaing lakukan, maka Anda tahu bagaimana untuk bersaing dengan mereka.

3. Perjelas tujuan Anda

Sebelum memulai membuat situs/web Anda perlu menentukan tujuan Anda. Apa yang ingin dicapai dalam pengoptimalan situs web Anda? Meningkatkan trafik? Tentu saja, setiap orang pasti menginginkan situsnya dibanjiri trafik. Selain daripada itu apa yang sebenarnya Anda inginkan dari pengoptimalan situs Anda, tentukan hal-hal dan tujuan yang bermanfaat dan berarti untuk Anda dan orang sekitar. Hal ini sangatlah penting dalam proses pengoptimalan situs karena akan menambah motivasi yang kuat.

4. Semuanya tentang kata kunci.

Search Engine Optimization dimulai dengan menggunakan kata kunci yang sesuai di website/halaman web Anda. Kata kunci pada dasarnya adalah istilah digunakan orang ketika mencari informasi, produk atau jasa melalui Search Engine. Memilih kata kunci yang tepat adalah dasar dari proses SEO. Ketika melakukan penelitian kata kunci, Anda menginginkan kata kunci yang memiliki lalu lintas tinggi tapi persaingan cukup rendah. Untuk merisetnya anda bisa gunakan keyword tool.

5. Menerapakan untuk manusia dan bukan untuk robot mesin pencari.

Hari-hari mencoba untuk menipu Search Engine untuk pengoptimalan situs, semua untuk tujuan mendapatkan peringkat yang baik, namun percuma dan bisa saja tidak dianggap oleh mesin pencari karena Search Engine sekarang lebih cerdas. Tujuan keseluruhan dari mesin pencari sekarang adalah untuk memberikan pada konten yang ditampilkan kepada pengguna. Jadi Anda harus berpikir, bagaimana konten Anda akan mempengaruhi orang-orang yang membacanya? Apakah konten Anda memenuhi minat mereka? Apakah manusia dapat memahami konten Anda? Apakah konten anda menyediakan informasi yang sangat bermanfaat bagi para pembaca?

6. Desain situs web yang baik:

Website Anda adalah Toko anda, jika situs toko online. Pelanggan akan menemukan Anda melalui website Anda sehingga Anda perlu merancang situs Anda indah. Ketika kita berbicara tentang desain, itu bukan tentang memiliki grafis yang menakjubkan dan kode yang panjang. Beberapa pertanyaan yang diajukan yaitu:

• Dapatkah pengunjung saya menavigasi melalui situs sendiri tanpa tersesat?

• Apa tingkat beban kecepatan website saya?

• Apakah website saya memiliki link yang rusak atau kode?

• Apakah saya memiliki halaman arahan?

dan banyak lagi pertanyaan yang harus dijawab.

7. Konten adalah Raja:

Ya, itu semua tentang konten Anda. Apakah konten Anda unik? Apakah itu berkorelasi dengan apa tema website Anda? Apakah Anda memperbarui isi situs web Anda secara teratur? Sebuah situs web yang isinya tidak diperbarui secara teratur biasanya diabaikan oleh Google seperti Google cenderung untuk berpikir situs tersebut telah diabaikan oleh pemiliknya. Maka updatelah web anda secara teratur minimal 1 postingan sehari dan selalu berikan konten baik. Hindari kata kunci yang tidak relevan, dan kata kunci yang di ulang-ulang secara berlebihan karena ini buruk untuk pengoptimalan situs anda.

8. Teknik:

Setiap orang menggunakan teknik yang berbeda ketika melakukan Search Engine Optimization. Hal ini sangat penting jika Anda meng-outsourcingkan Layanan SEO Anda. Anda perlu mencari tahu dari vendor SEO Anda jika ada bagian dari kampanye akan outsourcing (Jasa SEO). Anda ingin memastikan bahwa teknik yang digunakan tidak bertentangan dengan aturan (Black Hat SEO). Namun satu hal yang harus diketahui bahwa teknik SEO adalah cara lambat tapi pasti, jikalu ingin cepat mendapatkan trafik tentunya harus beriklan.

9. Kesabaran:

Sukses tidak terjadi dalam semalam. Ketika kampanye SEO yang baik diluncurkan, Anda tidak bisa mengharapkan untuk melihat hasil sampai hanya setelah 4-6 minggu dan hasil penuh hanya dapat dilihat sampai setelah 3 bulan. Search Engine Optimization bukanlah lari 100 meter, tetapi jika Anda mengikuti panduan, Anda yakin untuk mendapatkan manfaat penuh dari implementasi SEO yang sukses.

 

Artikel Terkait Faktor yang Harus Diperhatikan dalam Pengoptimalan Situs

Komentar Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *