Faktor Penyebab Kelainan Jantung Pada Janin

By Categories : Kesehatan

Faktor Penyebab Kelainan Jantung Pada Janin – Terdapat sekitar 0,8% pada bayi yang dilahirkan mengalami gangguan kelainan pada organ jantung. Sering kali hal ini disebabkan oleh karena terjadi gangguan pada saat awal masa perkembangan dan juga pembentukan jantung pada janin. Pada saat memasuki enam minggu awal kehamilan merupakan awal dimana terjadi pembentukan organ jantung pada janin, pada masa ini juga terjadi pembentukan pembuluh darah yang berfungsi untuk mengalirkan darah menuju dan dari jantung. Pada kasus penyakit janutng bawaan (PJB) jika tidak segera mendapatkan penanganan medis dapat menyebabkan terjadinya masalah emosi, sosial dan juga finansial yang akan terjadi di kemudian hari.

Kelainan Jantung Pada Janin

Sampai dengan saat ini para dokter dan peneliti masih mencari penyebab dari penyakit PJB ini, walaupun sebagian besar penyakit ini disebabkan oleh faktor keturunan (genetik). Penyebab lainnya dari kelainan jantung juga dapat disebabkan oleh konsumsi obat-obatan, merokok dan juga akibat terjadinya infeksi pada masa kehamilan.

Untuk informasi lebih jelasnya, simak informasi mengenai beberapa faktor yang dapat menyebabkan kelainan jantung pada janin, diantaranya yaitu :

  1. Riwayat dari keluarga

Jika anak pertama memiliki riwayat PJB, maka kemungkinan besar anak kedua juga akan mengalami kelainan yang sama.

  1. Adanya kelainan genetik

Dari beberapa kelainan dari fakto genetik (kromosom) yang terdiri dari Digeorge, Allegile, Sindroma Down, Noona dan Williams ternyata dapat menyebabkan terjadinya kelainan pada organ jantung dan juga organ di dalam tubuh yang lainnya. dengan melakukan uji tes untuk dapat menemukan adanya Sindroma Down pada saat janin masih berada di dalam kandungan. Sebaiknya anda mengkonsultasikan dengan dokter yang biasa menangani kehamilan anda jika anak pertama anda memiliki riwayat sindroma tertentu, sehingga dapat dilakukan pengecekan dan penanganan pada anak berikutnya.

  1. Konsumsi obat sembarangan

Beberapa jenis obat yang dikonsumsi pada masa kehamilan dapat beresiko menyebabkan gangguan kehamilan dan juga PJB. Beberapajenis obat tersebut diantaranya yaitu obat jerawat yang memiliki kandungan isotretinoin, lithium, thalidomide dan juga obat untuk mencegah atau mengatasi kejang.

Sponsored links

  1. Faktor lingkungan

Sering merokok atau berada bersama dengan perokok dalam satu ruangan dan juga konsumsi alkohol dapat beresiko mengalami kelainan PJB pada janin.

  1. Adanya infeksi pada kehamilan

Seseorang yang terkena virus rubella pada masa kehamilan dapat mengganggu proses pembentukan dan juga perkembangan jantung pada janin, maka sebaiknya bagi para ibu yang akan merencanakan kehamilan untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap ancaman virus tersebut. Begitu pun bagi para wanita yang akan menikah untuk melakukan vaksin MMR (mumps, measles, rubella), hal ini bertujuan agar terhindar dari resiko terkena virus rubella pada saat hamil.

  1. Diabetes

Seseorang yang memiliki riwayat diabetes yang tidak terkendalikan dengan baik sebelum masa kehamilan dapat menyebabkan terjadinya kelainan PJB pada janin pada saat hamil dan melahirkan.

Pemeriksaan kehamilan

Melakukan pemeriksaan pada masa kehamilan secara rutin dan teratur dapat membantu dalam mencegah terjadinya kelainan pada jantung janin. Dengan semakin berkembangnya kemajuan teknologi di dalam bidang pencitraan salah satunya USG kandungan dapat memudahkan para dokter kandungan untuk dapat mendeteksi keberadaan PJB dan bahkan pada saat janin berumur 20 minggu, sehingga para dokter dapat melakukan pencegahan dan juga penanganan sedini mungkin pada janin yang diduga terdeteksi mengalami kelainan pada jantung.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Artikel Terkait Faktor Penyebab Kelainan Jantung Pada Janin

Sponsored Link
loading...
Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *