Ini Dia Ciri-Ciri Sakit Maag Dan Pantangannya Ketahui Dari Sekarang

By Categories : Kesehatan

Waspadai, kemungkinan merupakan ciri-ciri penyakit maag dan ketahui pantangan orang yang sakit maag. Pernahkan anda merasakan rasa tidak nyaman pada lambung anda? Penyakit maag merupakan salah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh karena produksi asam lambung yang berlebih, sehingga kondisi seperti itu dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada selaput lendir di dalam lambung anda.

Pada dasarnya, asam lambung merupakan suatu zat yang dapat membantu proses pencernaan dalam mengurai makanan yang kita konsumsi. Tetapi jika kadar asam lambung kita terlalu berlebihan, maka dapat menimbulkan rasa mual, perih dan kembung.tetapi jika penyakit maag tidak segera diatasi dengan baik, maka dapat menyebabkan luka pada dinding lambung sehingga dapat menimbulkan rasa sakit dan bahkan dapat mengakibatkan peradangan.

ciri-ciri sakit maag

Untuk mengenali ciri-ciri penyakit maag secara jelas, anda dapat menyimak informasinya seperti berikut ini.

Sponsored links

  1. Sering merasa perih di pagi hari
    Pada saat anda bangun pagi, jika anda merasakan lambung terasa perih maka dapat dipastikan anda menderita penyakit tersebut.
  2. Sering terasa sakit pada saat buang air besar
  3. Sering merasa mual dan muntah
  4. Perut menjadi kembung dan terasa sakit saat bergerak
  5. Jika sudar terjadi peradangan pada lambung anda, maka penderita akan sering merasakan rasa sakit yang liar biasa. Bahkan tak jarang banyak orang yang pingsan.

Perlu anda ketahui bahwa penyakit maag pada umumnya dapat disebabkan oleh kebiasaan kita yang kurang baik seperti makan yang tidak teratur, adanya mikroorganisme di dalam tubuh yang merugikan, akibat mengkonsumsi jenis obat tertentu, minum kopi yang berlebihan, mengkonsumsi minuman beralkohol dan masih banyak penyebab-penyebab lainnya. Selain itu, faktor penyebab penyakit ini juga tidak hanya disebabkan oleh faktor gaya pola hidup yang tidak sehat tetapi juga dapat disebab oleh bakteri yang bernama Helicobakter Pylori. Bakteri ini akan bertahan hidup didalam suasana asam didalam lambung anda dan bahkan bakteri ini mampu berkembang biak dengan sangat cepat. Bakteri jenis ini dapat menyebabkan terjadinya iritasi dan peradangan pada dinding lambung, sehingga kondisi ini dapat menimbulkan rasa nyeri dan perih pada ulu hati. Bagi anda yang merasa mulai timbul ciri-ciri penyakit maag pada lambung anda, sebaiknya anda segera memeriksakannya. Hal ini dikarenakan, jika penyakit ini sudah meradang atau semakin parah dapat menyebabkan kematian.

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit maag, sebaiknya anda tidak mengkonsumsi beberapa makanan berikut ini yang diantaranya yaitu :

  1. Tidak mengkonsumsi aneka makanan yang mengandung soda.
    Aneka makanan tersebut terdiri dari makanan berlemak, sawi, kol, buah nangka, buah pisang ambon, aneka manisan buah dan yang paling penting hidari minum minuman yang memiliki kandungan soda.
  2. Tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat merangsang asam lambung menjadi meningkat seperti minum kopi, minuman beralkohol, anggur putih dan juga sari buah sitrus.
  3. Tidak mengkonsumsi makanan yang sulit untuk di cerna, sehingga lambung akan lebih lama kosong seperti makanan berlemak, kue tart dan juga keju.
  4. Tidak mengkonsumsi makanan yang dapat merusak dan melukai dinding lambung seperti makanan pedas, cuka, merica dan jenis bumbu masakan lain yang dapat merangsang.
  5. Tidak mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan klep kerongkongan bawah menjadi lemah seperti mengkonsumsi cokelat dan juga aneka makanan goreng-gorengan.
  6. Tidak mengkonsumsi makanan kaya karbohidrat seperti jagung, beras ketan, bihun, mie, talas dan juga singkong.

Itulah beberapa makanan yang dapat anda hindari agar penyakit maag anda tidak semakin parah dan meradang.
Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai ciri-ciri penyakit maag, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

Artikel Terkait Ini Dia Ciri-Ciri Sakit Maag Dan Pantangannya Ketahui Dari Sekarang

Sponsored Link
loading...
Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *