Ciri-Ciri Mau Melahirkan

By Categories : Serba Serbi

Ciri-Ciri Mau Melahirkan – Hai bunda, wahhhh senang yaa rasanya menyambut datangnya sang buah hati, pasti sudah tidak sabar bukan ? kehamilan merupakan anugrah yang tidak ternilai harganya, kehadiran si buah hati memang ditunggu-tunggu bagi para pasangan terutaman bagi mereka yang baru saja menikah.

Apakah bunda sedang menunggu kelahiran si buah hati ? melahirkan merupakan proses mendebarkan bagi bunda dan keluarga. Segala sesuatunya harus dipersiapkan semaksimal mungkin untuk melakukan proses persalinan agar bunda siap menghadapinya. Bagi anda para ibu muda yang akan menghadapai proses persalinan untuk pertama kalinya pastikan ibu mengetahui ciri atau tanda mau melahirkan. Karena hal ini bertujuan agar ibu lebih siap dan mengurangi hala atau resiko yang tidak diinginkan. Proses melahirkan biasanya akan terjadi pada minggu ke 39 sampai 41 usia kehamilan ibu. Namun terkadang  bisa saja ibu melahirkan sebelu minggu minggu tersebut, hal ini karena kehamilan setiap orang berbeda beda.

Memasuki bulan-bulan akhir  kehamilan tubuh akan memproduksi progesterone yang bertujuan melunakan jaringan diarea servix atau leher Rahim yang menghubungkan uterus dan vagina serta pelvis (panggul) untuk persiapan proses melahirkan. Proses persalinan di mulai saat terjadi kontraksi Rahim mulai meregangkan jaringan di area servix.

Ciri-ciri Mau Melahirkan

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini merupakan ciri-ciri mau melahirkan. Diantaranya sebagai berikut, cekidot :

Ciri-ciri Mau Melahirkan

  • Timbulnya Rasa Nyeri di Selangkangan

Timbulnya rasa nyeri pada bagian selangkangan karena ada tekanan sebagai akibat posisi kepala janin telah turun ke bawah ke daerah rangka tukang pelvis. Hal ini dikarenakan janin menekan kandung kemih, sehingga mengakibatkan ibu hamil menjadi sering buang air kecil.  Selain itu juga anda akan merakan rasa sakit perut, mulas, sering buang air besar serta buang angina.

  • Terasa Sakit pada Panggul dan Tulang Belakang

Ibu akan merasakan sakit berlebih pada panggul dan bagian tulang belakng, hal ini disebabkan oleh pergeseran dan pergerakan janin yang mulai menekan tulang belakang.

  • Sakit pada panggul dan tulang belakang

Saat masa kehamilan bayi yang ada didalam perut ibu tersumbat dalam Rahim oleh mucuc (gumpalan lendir yang lengket pada leher Rahim). Ketika persalinan dimulai dan servix mulai membuka maka gumpalan mucus tadi terhalau. Saat bersamaan membaran yang mengelilingi bayi anda dan cairan amniotik agak memisah dari dinding Rahim. Sehingga akan terlihat penampakan dari darah dan mucus yang keluar tampak seperti cairan lengket. sehingga akan terlihat penampakan dari darah dan mucus yang keluar tampak seperti cairan lengket berwarna merah muda, maka kondisi seperti ini merupakan ciri atau tanda akan menjalani proses persalinan.

  • Terjadi Kontraksi

Merupakan suatu tanda yang tidak biasa jika persalinan diawali dengan kontraksi yang kuat. Awalnya kontraksi akan terasa seperti sakit pada punggung bawah yang berangsur-angsur bergeser kebagian bawah perut, sebagian orang menggambarkannya seperti mulas saat datang haid. Ketika terasa mulas bergerak kebagian perut dengan tangan dapat anda rasakan bagian perut tersebut mengeras. Kontraksi ini mirip kontraksi Braxton hicks atau kontraksi palsu, terasa teratur, semakin sering dengan kemajuan proses persalinan. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan servix.

  • Pecahnya Air Ketuban

Pada beberapa kasus membrane masih utuh sampai tahap pertaman persalinan. Kemudian desakan kontraksi dan tekanan kepala bayi pada mulut cervix sehingga mengakibatkan pecahnya air ketuban. Pecahnya air ketuban memang tidak terasa, tetapi ada juga saat air ketuban bocor maka pada  ibu hamil akan merasakan semburan air atau pun hanya rembesan.

Itulah artikel sederhana mengenai ciri ciri mau melahirkan yang dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Artikel Terkait Ciri-Ciri Mau Melahirkan

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *