Ketahui Ciri-Ciri Kanker Usus Dan Yang Menjadi Penyebabnya

By Categories : Kesehatan

Kenali ciri-ciri kanker usus dari sekarang, karena kanker usus merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Usus besar merupakan salah satu bagian yang terdapat didalam pencernaan kita, usus ini berfungsi untuk menampung limbah makanan yang masuk kedalam saluran pencernaan. Sedangkan pada bagian ujung usus besar yang letaknya berdekatan dengan anus dikenal dengan sebutan rektum.

ciri ciri kanker usus

Penyakit kanker usus besar ini merupakan jenis penyakit yang dapat menyerang bagian usus besar yang terdapat pada sistem pencernaan bagian bawah. Selain itu, ada juga yang dikenal dengan kanker rectal, kanker ini merupakan salah satu jenis kanker yang letaknya sangat berdekatan dengan bagian ujung usus besar dan jaraknya hanya sekitar beberapa inchi. Pada umumnya, seseorang yang terjangkit penyakit kanker usus besar biasanya dimulai dengan munculnya benjolan kecil. Benjolan kecil tersebut disebut dengan nama adenomatous polyps, polip inilah yang dapat menyebabkan tumbuhnya sel kanker usus besar.

Pada umumnya, kanker usus besar memang belum diketahui dengan pasti apa penyebabnya. Namun dari beberapa kasus yang terjadi pada penderita kanker usus ini para dokter menyakini bahwa penyakit ini terjadi disebabkan oleh adanya perubahan sel normal yang terdapat didalam usus besar. Biasanya sel normal yang terdapat didalam usus besar akan mengalami pertumbuhan dan terbelah, proses inilah yang dapat menjaga tubuh kita berfungsi dengan baik dan normal. Tetapi hal ini dapat menjadi tidak normal dikarenakan sel tersebut akan terus membelah dan bahkan pada saat tubuh kita sedang tidak memerlukan pembentukan sel baru.

Ciri-ciri kanker usus

Seseorang yang terdeteksi mengidap penyakit kanker usus biasanya dapat dikenali dengan beberapa ciri, diantaranya yaitu :

• Terjadinya kelainan pada kesehatan usus didalam sistem pencernaan kita, sehingga dapat terjadi gangguan kesehatan pada pencernaan seperti diare ataupun buang air besar yang tidak normal seperti biasanya.
• Terjadinya pendarahan pada bagian dubur atau terjadinya pendarahan pada feses
• Sering merasa tidak nyaman pada bagian perut seperti sering kejang, perut menjadi kembung dan bahkan timbul rasa nyeri.
• Seringnya mengalami gangguan pada saat buang air besar
• Tubuh akan terasa lemas dan mudah lelah
• Terjadinya penurunan berat badan
• Tekanan darah menjadi rendah (anemia)
• Pada saat buang air besar, bentuk kotoran akan keluar sangat kecil memanjang seperti pencil.

Sponsored links

Awal pertumbuhan sel kanker usus ini terjadi karena adanya gumpalan polip yang terdapat didalam saluran usus besar, bentuknya yang menyerupai dengan jamur yang dapat bersembunyi didalam dinding usus besar sehingga pertumbuhannya akan sangat sulit untuk terdeteksi.

Faktor resiko

Selain beberapa penyebab diatas, berikut ini juga merupakan beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko kanker usus yang diantaranya yaitu :

• Faktor usia
Diusia tua berbagai jenis penyakit biasanya sering timbul salah satunya yaitu kanker usus, terutama bagi mereka yang kurang menjalankan gaya hidup sehat.
• Memiliki riwayat
• Adanya peradangan pada sistem pencernaan
• Faktor keturunan
• Sering mengkonsumsi makanan yang rendah serat dan memiliki kandungan lemak yang tinggi
• Seseorang yang memiliki penyakit diabetes
• Memiliki berat badan berlebih (obesitas)
• Memiliki kebiasaan merokok
• Sering mengkonsumsi obat-obatan dan minuman beralkohol
• Akibat radiasi pada saat melakukan terapi penyakit kanker

Tapi bagi anda yang tidak ingin mengalami hal seperti ini, anda dapat melakukan beberapa hal untuk pencegahannya. Berikut ini merupakan beberapa cara pencegahan penyakit kanker usus, diantaranya yaitu dengan mengurangi asupan makanan tinggi lemak dan menggantinya dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat alaminya seperti buah-buahan dan sayuran. Selain itu, anda juga dapat mengkonsumsi makanan seperti roti gandum dan sereal. Hal ini dikarenakan, makanan yang kaya akan kandungan serat alami dapat menyebabkan pembentukan kotoran dan juga mampu membuang zat karsinogen.

Nah, demikianlah sedikit penjelasan mengenai beberapa ciri-ciri kanker usus. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan anda dan menjadikan anda lebih menjaga kesehatan setiap hari dengan menerapkan pola hidup sehat.
Semoga bermanfaat dan sampai jumpa…

Artikel Terkait Ketahui Ciri-Ciri Kanker Usus Dan Yang Menjadi Penyebabnya

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *