Ini Dia Ciri-ciri Kanker Rahim Yang Perlu Di Ketahui Sejak Dini !!!

By Categories : Kesehatan

Cari tahu yuukkk ciri-ciri kanker mulut Rahim atau serviks sejak dini !!! apa itu kanker Rahim ? kanker Rahim merupakan salah satu jenis tumor ganas pada lapisan Rahim endometrium dimana janin tumbuh. Kanker Rahim biasanya terjadi setelah masa menopause dan sering menyerang wanita usia 50 sampai 60 tahun. kanker yang satu ini merupakan salah satu jenis yang ditakuti wanita dan merupakan penyakit yang berbahaya yang menyerang alat reproduksi.

ciri ciri kanker rahim atau serviks

Kanker Rahim pada umumnya disebabkan oleh human papillomavirus (HPV) yang menyerang mulut Rahim. Perjalan HPV menjadi kanker Rahim membutuhkan waktu lama sekitar 10 sampai 20 tahun. pada stadium awal kanker ini mungkin tidak menimbulkan gejala atau tanda, kondisi ini dapat diketahui dengan melakukan pap smear secara teratur setidaknya 1 tahun sekali. Pap smear merupakan pemeriksaa sederhana yang dapat mengenali kelainan pada Rahim. Dengan mengetahui kelainan sejak dini sehingga memberikan pengobatan yang semakin baik.

Pada orang yang terinfeksi kanker tahim biasanya tidak menunjukan tanda atau gejala, hanya saja biasanya ada beberapa ciri atau gejala yang paling umum dirasakan. Diantaranya sebagai berikut, cekidot :

Ciri ciri kanker Rahim …

  •  keputihan yang abnormal
    keputihan terdiri dari 2 jenis yaitu keputihan normal dan keputihan abnormal. Keputihan abnormallah yang patut di waspadai dan biasa keputihan abnormal memiliki ciri seperti cairan kental, berbau tidak sedap, berwarna kekuningan, kecoklatan, ke abu-abuan, memiliki rasa gatal dan panas serta keluar dalam jumlah banyak seperti darah haid.
  •  Pendarahan setelah Hubungan Seksual Setelah Masa Menopause
    Nah ciri kanker Rahim berikutnya yaitu terjadinya pendarahan dengan kuantitas yang sering. Hal ini patut diwaspadai, jika pendarahan terjadi di luar jadwal menstulasi atau bahkan saat menjelang usia menopause. Maka segelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut.
  • Penurunan Sistem Kekebalan Tubuh
    Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa kanker Rahim disebbakan oleh virus HPV yang menyerang alat reproduksi. Akan tetapi, proses perjalanan infeksi hingga menjadi kenker membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 10 sampai 20 tahun.

Kanker ini biasanya akan mengalami perkembangan secara perlahan dari waktu ke waktu. Sebelum kanker tersebut muncul dalam leher Rahim, sel-sel servik mengalami perubahan yang dikenal sebagai displasia yang mana sel-sel abnormal mulai muncul dijaringan serviks dan menyebar lebih dalam keleher rahin dan darea sekitarnya.

Sponsored links

Selain human papilloma virus kanker Rahim juga dapat disebabkab oleh faktor lain seperti kurangnya menjaga kebersihkan daerah reproduksi, melakukan hubungan intim lebih dari satu pasangan, melahirkan anak banyak, melakukan hubungan seks saat usia masih kecil < 16 tahun, merokok dan mengkonsumsi pil KB dalam waktu lama atau panjang, keputihan yang dibiarkan tanpa diobati, penyakit menulat PMS ( Sifilis, gonero, herves simplek, AIDS, HIV).

Jika kanker tersebut telah berada dalam stadium lanjut, biasanya akan menimbulkan tanda atau ciri. Kanker Rahim dapat menyebar bermetastasis dalam panggul, kelenjar getah bening atau di tempat lain didalam tubuh.

ciri-ciri kanker Rahim stadium lanjut diantaranya sebagai berikut, cekidot :
– Mengalami penurunan berat badan
– Mudah atau cepat kelelahan
– Mengalami sakit punggung
– Nyeri kaki atau bengkak
– Patah tulang, dan
– Terjadinya kebocoran urine atau feses dari vagina

Oke sampai disini dulu ya pembahasan mengenai ciri-ciri kanker Rahim. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan dibidang kesehatan.

Artikel Terkait Ini Dia Ciri-ciri Kanker Rahim Yang Perlu Di Ketahui Sejak Dini !!!

Sponsored Link
loading...
Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *