Ciri-Ciri Gejala Penyakit Ginjal Yang Harus Diwaspadai

By Categories : Kesehatan

Penyakit ginjal telah banyak dibicarakan sebagai salah satu penyakit yang berbahaya. Namun apa ciri-cirinya ? Ginjal adalah organ tubuh yang memegang peranan penting dalam sistem ekskresi manusia. Ginjal mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh, karena berfungsi menyaring darah untuk membuang racun (terutama urea) dan zat-zat lain sisa metabolisme tubuh yang tidak berguna bagi tubuh bersama urine serta menjaga kebersihan darah karena berfungsi menyaring seluruh cairan yang mengalir dalam tubuh. Selain itu ginjal juga berfungsi sebagai organ yang bertugas mengendalikan tekanan darah. Gangguan pada organ vital yang berbentuk seperti kacang ini sangat dipengaruhi oleh gaya hidup seseorang termasuk pola makan, olahraga dan jam istirahat yang cukup. Sebenarnya dengan pola hidup yang buruk seseorang juga telah mengundang beberapa penyakit berbahaya lainnya seperti: tekanan darah tinggi, diabetes melitus, dan lain sebagainya. Gejala gangguan ginjal termasuk sulit untuk dideteksi, akan tetapi dengan pengamatan dan kontrol yang baik gejala-gejala ini dapat diketahui dan dicegah agar tidak menjadi semakin parah. Berikut ini merupakan beberapa gejala penyakit ginjal.Gejala Penyakit Ginjal

Ciri-Ciri Gejala Penyakit Ginjal

  • Terjadi pembengakakan pada daerah sekeliling mata, tangan dan kaki

Pada saat terjadi gangguan pada ginjal, maka ginjal tidak dapat melakukan fungsi penyaringan darah (cairan) dengan maksimal sehingga cairan-cairan yang tidak berguna bagi tubuh, malah cenderung bersifat racun tertimbun di bagian-bagian tertentu tubuh. Biasanya pada bagian sekitar mata, pergelangan tangan dan kaki.

  • Mengalami kesulitan dalam proses buang air kecil/ mengeluarkan urine

Kerusakan pada ginjal juga mempengaruhi proses pembuangan  urine. Ginjal merupakan bagian utama dalam proses ekskresi, sehingga kerusakan pada bagian ini dapat berpengaruh pada keseluruhan proses ekskresi. Urine sebagai zat sisa metabolisme tubuh seharusnya dikeluarkan dari tubuh, apabila tidak maka akan berubah menjadi racun bagi tubuh.

Sponsored links

  • Rasa ingin buang air kecil secara tiba-tiba pada malam hari

Seseorang yang mengalami gangguan ginjal maka kontrol terhadap terhadap buang air kecil akan berkurang, gangguan pada ginjal akan memicu pelepasan urine yang lebih sering karena cairan tubuh tidak dapat tersaring dengan maksimal.

Gejala lain pada penderita penyakit ginjal yang sudah parah yaitu bercampurnya urine dengan darah pada saat buang air kecil. Penderita gangguan pada ginjal biasanya juga memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi dan kencing manis.

Gangguan pada ginjal termasuk penyakit yang bisa disembuhkan dengan pengobatan yang baik,  kecuali telah terjadi kerusakan parah pada organ. Penting bagi kita untuk mengetahui gejala penyakit ginjal agar nantinya dapat sesegera mungkin melakukan tindakan pencegahan agar tidak menjadi semakin parah. Hal ini juga sebagai kewaspadaan untuk kita agar menerapkan pola hidup sehat, sehingga dapat terhindar dari penyakit ginjal.

Artikel Terkait Ciri-Ciri Gejala Penyakit Ginjal Yang Harus Diwaspadai

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *