6 Ciri-Ciri Batu Akik Asli

By Categories : Batu Permata

Membahas mengenai batu akik memang tidak ada habisnya terlebih pamor semakin menanjak di awal tahun 2015. Mungkin bagi pemula atau bagi orang yang baru tertarik mengenali ciri-ciri batu akik asli memang tidak mudah, ada beberapa tips atau trik untuk membedakannya.

Keindahan dan kecantikan batu ini memang dapat menyedot berbagai kalangan masyarakat. Kini batu akik dapat dengan mudah anda jumpai, karena banyak pedagang musiman yang menjajakan batu tersebut dan hampir mudah untuk dijumpai. Jika anda tertarik untuk memilikinya atau hanya sekedar melihat saja panorama ini dapat dengan mudah anda temukan.

Gambar Batu Cincin Batu JadeiteJenis dan ragam batu akik di Indonesia sendiri memang tidak sedikit serta harga yang beragam juga tentunya, seperti batu berlian, safir, zamrud, ruby, kalimaya. Jenis batu-batu tersebut hanya dapat di temukan di penjual atau toko khusus karena harganya yang cukup merogok kocek anda dan mungkin hanya bagi kalangan tertentu saja. Selain dari jenis tersebut ternyata jenis batu akik memang beragam dan dapat dengan mudah ditemukan dilapak penjual cincin biasa seperti, batu akik sulaiman, cempaka madu, duri bulan, pandan anggur, badar besi, bacam, lavender dll.

Keindahan batu-batu tersebut memang dapat dinikmati dengan berbagai asesoris seperti gelang, kalung, liontin, cincin dan perhiasan lainnya. bahan ikatan untuk batu ini pun sangat beragam mulai dari perak, emas, baja , kuarsa (emas camuran 18 karat) yang sesuai dengan selera dan kemampuan finansial.

Harga dari jenis batu akik pun memang sangat beragam mulai dari puluhan ribu, ratusan. Jutaan, puluh juta, ratusan juta dan bahkan sampai mencapa milyaran rupiah. Harga tersebut tergantung dari  jenis batu atapun coraknya. Hal ini pun sering disangkutkan dengan aura ataupun energy dari batu tersebut yang memiliki aura mistik.

Sponsored links

Begitu penomenalnya harga dari batu tersebut, sehingga peluang tersebut banyak dimanfaatkan untuk dijadikan peluang usahan yang cukup menjanjikan. Tentu saja hal ini sering dimanfaatkan oleh pedagang nakal yang ingin meraih keuntungan dengan menjual batu akik palsu. Sedikit tips nich agar tidak terkecoh atau keliru dalam membedakan batu akik asli,

Berikut ini merupakan cara membedakan batu akik asli dan palsu tersebut.

Ciri-ciri batu akik asli …

  1. Batu akik asli memiliki unsur dingin, cara ini dapat dirasakan dengan cara menempelkan batu tersebut pada kulit maka akan terasa dingin dan sejuk.
  2. Batu asli tidak akan rusak, meleleh ataupun berubah warna jika disulut dengan bara api ataupun dibakar.
  3. Sifat khas batu akik, Jika dibakar batu asli akan terasa panas akan tetepai akan langsung terasa dingin kembali hanya dalam hitungan detik saja.
  4. Batu mulia atau batu akik asli tidak dapat dikondisikan mulus 100 %. Karena hal ini pasti selalu ada kekurangan baik dalam segi tektur luar maupaun dalam contoh ( tampak seperti ada retakan atau berserat). Hal ini jauh berbeda dengan batu sintetis atau buatan yang akan terlihat lebih sempurna, tanpa serat retakan dan jauh terlihat lebih mulus sebening kaca.
  5. Batu akik gemstone memiliki tekstur lebih keras sehingga tidakakan lecet jika digoreskan pada kaca dan hal ini justru sebaliknya kacalah yang akan tergores.
  6. Jenis batu mulia mahal biasanya memiliki sertifikat yang berisikan nama batu, nomer indetitas batu, warna, berat, bentuk, dimensi dan car resmi dari perusahaan yang memproduksinya.

Artikel Terkait 6 Ciri-Ciri Batu Akik Asli

Sponsored Link
loading...
Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *