Ciri-ciri Ayam Birma Asli

By Categories : Hewan

Tahukan anda bagaimana mengenali ciri-ciri ayam birma asli ? untuk menentukan aya birma asli dengan aya birma turunan atau palsu dapat dilihat dari beberapa aspek baik dilihat dari fisik, tulangannya, gaya bertarungnya dan masih banyak lagi cara mengenai ayam aduan ini. Walaupun menurut beberapa pandangan para pecinta ayam birma berbeda-beda, tetapi pada hakekatnya tujuan mereka sama.

Ciri-ciri Ayam Birma asli

Baiklah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba meberikan sedikit pengetahuan saya untuk mengetahui ciri-ciri ayam birma asli atau ayam birma yang memiliki kualitas bagus. Untuk mengenali ciri-ciri ayam birma asli, sebaiknya kita mengenali terlebih dahulu tentang ayam birma asli dengan ayam birma turunan atau silangan. Ayam birma hasil silangan dengan jenis ayam kampong akan menghasilkan keturunan yang sangat mirip dengan ayam birma asli, namun hal tersebut dapat dibedakan dari ciri khas bertarung ayam itu sendiri. Ayam kampong cenderung mudah lari pada saat pertarungan, berbeda dengan ayam birman asli yang memiliki sifat pantang mundur walau harus mati ditempat.

Jika menggali lebih dalam lagi mengenai ciri-ciri ayam birma asli, anda dapat menyimak informasi jelasnya dibawah berikut ini.

  • Tulangan

Faktor tulangan dalam peraduan ayam merupakan faktor yang sangat penting untuk diperhatikan, karena hal tersebut dapat menentukan ketangguhan dan kekokohan ayam itu sendiri dalam bertarung. Semakin tebal tulangan ayam tersebut, maka akan semakin tangguh dalam bertarung. Namun berbeda dengan ayam birma, kriteria ayam birma terbilang kurang ideal untuk memenuhi kriteria ayam petarung dikarenakan tulangan ayam birma relative tipis dan kurang kokoh dalam menahan pukulan lawan tarungnya. Tulangan ayam birma hampir mirip dengan ayam kampung biasa bahkan bulu dan perawakannya pun sama, namun yang membedakan yaitu dari gaya bertarung dan mental keberaniannya yang tidak mudah menyerah.

  • Gaya bertarung yang khas

Gaya bertarung juga merupakan faktor penting dalam dunia pertarungan ayam selain dari tulangan. Ayam birma asli merupakan salah satu ayam yang memiliki gaya bertarung yang khas dan memiliki tehnik yang cukup baik dikelas ayam petarung, gaya bertarung ayam ini kalau menurut orang jawa nyawat atau meranggal dengan mengandalkan pukulan tajinya yang sangat kuat dan akurat. Berbeda hal nya dengan jenis ayam birma silangan, walaupun ayam birma asli disilangkan dengan ayam Bangkok, ayam Saigon dan ayam aduan lain maka akan melahirkan ayam yang hanya memiliki tehnik namun akurasi serangan dan juga kekerasan pukulannya akan sangat jauh berbeda. Jika dilihat dari cirri khas bertarung ayam birma sangat berbeda dengan jenis ayam petarung lainnya, ayam birma memiliki tehnik anti lock atau tidak dapat dikunci oleh lawan tarungnya. Hal ini dikarenakan, ayam birma asli selalu menjaga jaraknya dengan lawan dan saat bertarung sering melancarkan serangan pada bagian telinga dan wajah dengan tajinya. Maka tak heran jika ayam birma asli dapat memenangkan petarungan dengan cepat, sehingga ayam ini banyak dicari oleh pecinta ayam petarung.

Nah, mungkin sampai disini pembahasan saya mengenai ciri-ciri ayam birma asli. Semoga sedikit informasi yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk anda semua.

Artikel Terkait Ciri-ciri Ayam Birma Asli

Komentar Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *