Ciri-ciri Amandel Serta Cara Mencegah & Mengobatinya

By Categories : Kesehatan

Ciri-ciri Amandel serta Cara Mencegah & Mengobatinya – Amandel memang bukan salah satu jenis penyakit yang mematikan, tetapi walaupun tidak mematikan tetap akan berbahaya jika tidak segera ditangani dengan baik. Amandel itu sendiri merupakan kelenjar getah bening yang letaknya berada pada sisi kanan dan kiri dibagian belakang rongga mulut kita, sedangkan fungsinya untuk menyaring kuman dan bakteri yang dapat masuk melalui saluran hidung dan mulut beserta dengan sel darah putih.

ciri ciri Amandel

Lalu, tahukan anda apa penyebab penyakit amandel itu?
Penyakit amandel atau juga sering disebut dengan radang amandel disebabkan oleh karena terjadinya infeksi pada amandel, gejala yang ditimbulkan penyakit ini yaitu dapat menyebabkan penderita demam dan merasa sakit pada tenggorokannya. Apabila penyakit ini masih tahap gejala penderita akan merasa sakit pada saat menelan makanan kemudian menderita demam, tetapi jika seseorang telah terjangkit penyakit amandel kronis penderita akan mengalami kesulitan saat menelan makanan karena amandelnya cukup besar.

Untuk lebih jelasnya mengenali apa sajakah ciri-ciri penyakit amandel itu, simak informasinya berikut ini. Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri yang dapat anda waspadai, diantaranya yaitu :

•    Gejala atau ciri yang pertama dapat dirasakan yaitu sering merasa sakit tenggorokan, terutama pada saat menelam makanan yang cukup besar dan keras.

•    Setelah terasa sakit pada tenggorokan, pada umumnya penderita akan mengalami sakit demam yang disertai dengan sakit kepala.

•    Selain menimbulkan rasa sakit pada saat menelan makanan, jika amandelnya cukup besar maka penderita akan merasa kesulitan dalam menelan makanan.

•    Apabila penyakit ini tidak segera diobati, maka penderita dapat mengalami pembengkakan pada kelenjar getah beningyang terletak dibagian leher dan rahang.

•    Selain itu, penderita akan mengalami kesulitan dalam berbicara dan bahkan dapat menyebabkan penderita kehilangan suara.

•    Penderita penyakit amandel yang telah kronis akan mengalami kesulitan dalam bernafas dan disertai dengan batuk yang sering dan meradang.

Setelah kita mengetahui ciri-ciri penyakit amandel, sebaiknya bagi anda yang belum terkena penyakit ini dapat mencegahnya dengan menghindari beberapa pemicu penyakit amandel yang diantaranya yaitu :

Sponsored links

1.    Makanan
Salah satu faktor pemicu amandel yaitu diakibatkan oleh faktor makanan yang kita konsumsi, jenis makanan tersebut terdiri dari beberapa jenis diantaranya yaitu seperti makanan yang mengandung pengawet, pewarna kimia, pemanis dan perasa buatan.

2.    Kekurangan vitamin C
Untuk terhindar dari penyakit ini sebaiknya anda cukupi asupan vitamin C harian anda dengan baik, dalam sehari tubuh kita membutuhkan sedikitnya 500 miligram dalam sehari dan juga seimbangkan dengan kandungan nutrisi lainnya yang dapat menjaga kondisi kesehatan tubuh kita.

3.    Terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas
Bagi anda pecinta makanan pedas, sebaiknya mulai dari sekarang kurangi konsumsi makanan pedas. Hal ini dikarenakan, jenis makanan tersebut dapat memicup penyakit amandel.

4.    Kekurangan cairan
Kurang minum air puitih merupakan salah satu pemicu yang sering terjadi pada penderita amandel, sebaiknya perbanyak minum air putih setiap harinya minimal 8 gelas per hari.

5.    Kurang menjaga kebersihan
Biasakan membersihkan makanan sebelum dimasak dan mencuci tangan sebelum makan, karena hal ini merupakan faktor pemicu yang sering diabaikan oleh banyak orang.

Untuk sekedar pengetahuan, berikut ini merupakan beberapa cara mengobati penyakit amandel secara alami yang dapat anda coba dirumah.

Cara pertama :
Siapkan beberapa lembar daun waru yang segar dan juga 2 gelas air putih bersih, lalu cuci bersih daun tersebut lalu rebus dengan air yang telah disiapkan hingga mendidih dan hanya tersisa 1 ½ gelas saja. Setelah itu, dinginkan dan saring airnya. Kemudian minum air rebusan tersebut sambil berkumur-kumur, lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur 2 kali sehari pagi dan malam hari.

Cara kedua :
Cara yang satu ini sangat mudah dan sederhana yaitu dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan nutrisi dan gizi yang lengkap, terutama kandungan vitamin C nya.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai ciri-ciri amandel, semoga bermanfaat dan sampai jumpa…

Artikel Terkait Ciri-ciri Amandel Serta Cara Mencegah & Mengobatinya

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *