Cara Merawat Wajah Berjerawat Dengan Benar

By Categories : Tips Kecantikan

Cara merawat wajah berjerawat tentu saja berbeda dengan cara merawat wajah yang tidak bermasalah. Ya, wajah berjerawat membutuhkan perawatan khusus yang harus dilakukan dengan tepat  dan ekstra hati-hati. Wajah yang berjerawat tidak boleh diperlakukan dengan sembarangan. Kesalahan dalam melakukan perawatan, dapat membuat kondisi jerawat menjadi makin parah dan meradang. Perawatan yang tidak benar juga bisa membuat jerawat meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan dan sangat mengganggu penampilan.

Cara merawat wajah berjerawat

Sponsored links

Rasanya hampir semua orang di dunia ini pernah mengalami yang namanya berjerawat. Hanya derajatnya yang membedakan. Ada orang yang jarang berjerawat. Jerawat hanya timbul pada kondisi tertentu dan itu pun hanya satu dua buah saja. Dalam dua tiga hari jerawat tersebut sembut dengan sendirinya. Namun, banyak orang mengalami jerawat cukup serius yang penanganannya tidak mudah. Bagi mereka yang wajahnya berjerawat cukup serius, tentu harus melakukan cara merawat wajah berjerawat dengan benar. Jika Anda memiliki pula masalah yang sama, yaitu wajah Anda berjerawat cukup serius, Anda tentu harus melakukan langkah-langkah perawatan yang benar agar masalah Anda segera dapat teratasi dan tidak menjadi makin parah. Untuk merawat wajah yang berjerawat, silakan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Jaga kebersihan wajah dengan membersihkannya minimal dua kali sehari dengan produk sabun atau pembersih wajah khusus untuk wajah berjerawat. Produk yang dirancang khusus untuk wajah berjerawat ini selain berfungsi untuk membersihkan wajah dari kotoran, debu, sisa kosmetik, dan minyak, juga bermanfaat untuk membuat jerawat lebih cepat kering sering mengurangi peradangan.
  2. Jaga kebersihan rambut. Rambut yang kotor dan menutup wajah yang berjerawat dapat menyebabkan jerawat menjadi makin parah.
  3. Hindari menggunakan kosmetik yang terlalu berat atau berbahan dasar minyak karena dapat menutup pori-pori kulit dan membuat kondisi jerawat makin parah. Lebih gunakan kosmetik ringan, misalnya bedak tabur dan produk berbahan dasar air atau nonkomedogenik. Kosmetik ringan dan berbahan dasar air tidak akan mengiritasi kulit wajah yang berjerawat.
  4. Gunakan losion jerawat secara teratur. Anda bisa mencoba menggunakan losion jerawat yang dijual bebas terlebih dahulu.
  5. Jangan pernah menusuk atau memencet jerawat. Tindakan ini dapat mengakibatkan terjadinya infeksi sehingga jerawat Anda makin parah Memencet jerawat yang juga dapat menyebabkan jerawat meninggalkan bekas yang sangat sulit untuk dihilangkan.
  6. Hindari faktor-faktor yang memicu jerawat menjadi makin parah, misalnya mengonsumsi makanan berminyak atau pedas, stres, atau menggunakan kosmetik yang tidak cocok

Jika berbagai cara merawat wajah berjerawat telah Anda lakukan secara benar dan rutin, tetapi jerawat di wajah Anda masih saja membandel, lebih Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan bantuan yang tepat sesuai dengan masalah yang Anda hadapi.

Artikel Terkait Cara Merawat Wajah Berjerawat Dengan Benar

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *