Bagaimana Cara Merawat Bayi?

By Categories : Serba Serbi

Bagaimana cara merawat bayi? berikut tips sederhana yang perlu diperhatikan! Kehadiran seorang bayi dalam keluarga dapat menghangatkan suasana, karena hadirnya si buah hati selalu dinantikan setiap pasangan terlebih bagi mereka pasangan muda. Mungkin anda belum terbiasa bagaimana cara merawat bayi dan bertanya apa yang harus di lakukan?

Cara Merawat Bayi

Anak merupakan titipan yang senantiasa harus kita jaga dan rawat dengan penuh kasih sayang dan tanggung jawab. Merawatnya sejak masih kecil memang bukan perkara mudah, sehingga sangat membutuhkan tips dan trik dari orang-orang berpengalaman bagaimana cara merawat bayi. Simak langsung saja yukkk tips bermanfaat berikut ini, cekidot :

7 Tips Cara merawat bayi

1. Pada awal bulan pertama bayi akan sering merasa lapar yang di tandaia dengan suara tangisannya, sebagai seorang orang tua anda harus menyetahui mengapa bayi menangis. Lapar merupakan suatu faktor bayi menangis, oleh karena itu anda harus lebih ektra memberikan asupan ASI untuk menghindari bayi mudah menangis setidaknya setiap 2 jam sekali. Bayi akan merasa mudah lapar karena hal ini baru dirasakan, karena sejak ia masih dalam kandungan selalu mendapatkan asupan makanan secara terus menerus yang berasal dari plasenta yang membuatnya merasa kenyang terus. Atau tidak pernah merasa lapar.

2. Buang air kecil atau Pupp, mungkin anda akan selalu sering menggandi popok karena bayi sering pipis atau pup dan kondisi menandakan hal yang baik berarti bayi tercukupi makannya. Kesehatan bayi juga dapat di lihat dari kondisi warna urin dan feses, jika urin berwarna kuning hal ini menunjukan bahwa bayi kekurangan cairan. Sedangkan feses pada bayi yang diberikan ASI eklusif ebih lunak dan tidak terlalu bau. Lakukan segara mungkin mengganti popoknya, jangan lupa juga untuk memberikan krim di sekitar selakangan serta bokong untuk mencegah ruam popok.

3. Perhatikan kenyamanan dalam berpakaian, biasanya bayi yang baru lahir selalu memakai pakai double atau berlapis-lapis. Padaha di Negara kita beriklim tropis yang sangat tidak cocok dengan gaya berpakain bayi tersebut. Karena hal ini dapat mengakibatkan bayi kegerahan yang dapat anda lihat pada bagian leher yang terasa panas, lembab berarti ini menandakan bayi dalam keadaan tidak nyaman. Sebaiknya anda dapat menyesuaikan cara berpakaian bayi sesuai dengan kondisi dan memilih bahan yang lebih nyaman seperti katun yang dapat menyerap keringat. Untuk mencegah masuk angin ketika hendak berpergian sebaiknya anda memperhatikan pakaian bayi yaitu dengan mengenakan cardigan, kaos kaki, sepatu, tapi serta selimut.

4. Perlengkapan atau komsetik pada bayi memang banyak ragamnya dan jenisnya seperti baby shmapo, baby oil, baby bath, baby powder, baby cologe, hair lotion, baby cream dll. Namun sebebarnya bayi tidak membutuhkan semua peralat tersebut, hanya saja anda harus lebih teliti dalam memilih produk tersebut. Karena asal memilih dapat membahayakan kondisi kesehatan kulit, salah satunya timbulnya bercak merah. Oleh karena itu sebaiknya anda menghindari pemakaian zat kimia pada bayi, pengharum atau pelembut karena dapat mengakibatkan terjadinya iritasi pada kulit bayi.

5. Hindari kegiatan yang di benci bayi, seperti keramas, memberikan obat tetes hidung atau mata karena dapat membuat bayi merasa tidak nyaman dan akhirnya bayi menjadi rewel. Cara ampuh yaitu dengan mendekati seperti melakukan kontak mata secara langsung, mengajaknya berbincang-bincang / mengobrol, berpelukan dll.

6. Lingkungan tempat bayi yang nyaman. Agar bayi selalu dalam keadaan nyaman pastikan jauh dari keramaian, suhu ruangan juga menentukan seperti suhu dingin ( < dari 20 © ) ataupun terlalu panas ( > dari 31 © ), cahaya lampu yang lebih redup dapat membuat bayi lebih tenang dna nyaman. Pastikan tempat bayi tersebut jauh dari bahaya hewan seperti nyamuk ataupun serangga lainnya. Hal untuk menghindarinya anda dapat melakukann fogging sebelum bayi hadir di rumah, sebiknya juga hindari untuk menggunakan obat pembasmi serangga karena racun pada obat tersebut dapat menempel pada peralatan bayi serta dapat terhirup. Solusinya yaitu dengan menggunakan kain lemambu untuk menutupinya.

7. Mainan bayi. Memberikan bayi mainan tentunya dapat menghimbur sekaligus memperkenalkan bentuk, warna dan maltih kefokusan mata. Berikan bayi mainan dengan warna-warna yang cerah, bergerak dan benimbulkan suara berfungsi untuk merangsang panca indra mata serta pendengaran serta panca indra lainnya. Pastkan anda memberikan mainan yang aman alias jauh dari penggunanan bahan kimian berbahaya, berbahan lembut serta tidak membahayakan bayi. Akan tetapi bermain dengan ayah dan bunda dapat membuat bayi merasa lebih senang dan nyaman, karea mainan sebagai media pembantu.

8. Jam tidur teratur, bayi membutuhkan istirahat yang cukup yaitu 2 kali lipat dari orang dewasa atau sekitar 16 jam setiap harinya. Pada awal-awal hari mungkin bayi akan merasa gelisah dan sering bangun,tapi setelah 5 minggu bayi pun akan terbiasa dengan jam tidur yang teratur seperti jam tidr lebih awal di malam hari da terbangun 2 sampai 3 kali di tengah malam. Tidut yang teratur dapar membantu bayi tertidur lebih cepat serta berkualitas.

9. Tahap memandikan bayi dengan air hangat yang telah diberi campuran baby bath, kemudian diteruskan dengan pemijatan dengan menggunakan baby oil dapat membuat bayi merasa lebih tenang. Selain itu juga, anda dapat memperdengarkan bayi dengan suara music yang lebih tenang, lembut seperti mendengarkan ayat-ayat al – quran atau membacakan dongeng mengenai kisah madi, sabahat madi ataupun yang berbau islam. Hal ini dapat membuat bayi menjadi lebiuh tenang dan terasang saraf motorinya.

10. Ruam popok, kolik, hidung mempet, infeksi mata, lidah berjamur serta demam pasca imunisasi merupakan penyakit yang sering menyerang bayi yang baru lahir. Jika bayi terserang penyakit tersebut maka bayi akan merasa rewel dengan tangisan yang tidak seperti biasanya. Hal yang harus di lakukan yaitu segera mencari solusinya : jika teradi (ruam popok maka anda harus segara membersihkanya dan biarkan bayi tidak memakai popok sementara untuk di angin-anginkan), (kolik anda dapat mengatasinya agar hingga bay menjadi nyaman dengan di usap atau di pijat lembut, disusui dan diayun-ayunkan). Jika terjadi infeksi mata,lidah berjamur dan hidung mampet serta demam pasca imunisasi maka anda dapat mengantisifasinya dengan resep dari dokter.

11. Bayi mungil memang sangat menggemaskan tetapi pastikan orang-orang di sekitar anda memperlakukannya secara wajar, seperti jangan terlalu banyak di gendong ataupun diajak main, bahkan bayi juga bisa stress terhadap suara ayah dan bunda yang bereaksi terhadapat tangisanya. Tak hanya itu bayi juga dapat menangkap mood ibu, oleh karena itu jika mood ibu kurang baik maka hal ini dapat berdampak kurang baik juga terhadap bayi seingga bayi menjadi mudah rewel.

Demikianlah informasi sederhana menganai tips cara merawat bayi, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya khususnya bagi pasangan muda yang belum berpengalaman.

Artikel Terkait Bagaimana Cara Merawat Bayi?

Sponsored Link
loading...
Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *