Cara Merawat Batu Akik

By Categories : Batu Permata

Tips Cara Merawat Batu Akik agar tetap mengkilap, semakin bagus, dan harga jualnya tidak turun. Dulu trend akan batu akik sudah sempat meredup dan bahkan jarak orang menggunakan cincin batu mulia ini, namun sekarang trend batu akik kembali bersinar dan bahkan ternd batu akik sudah mewabah pada kalangan anak muda yang dulunya hanyak digemari oleh kalangan orang tua saja. Batu akik selain banyak digunakan untuk dijadikan sebagai perhiasan, ternyata juga memiliki nilai investasi yang cukup tinggi.

Batu akik yang memiliki nilai jual tinggi tentunya harus memiliki kualitas yang sangat bagus, sehingga dapat memiliki daya tarik yang dapat memikat para pecinta batu akik. Untuk membuat batu akik menjadi berkualitas tentunya harus dipilih dari bahan batuan yang berkualitas baik dan juga harus dilakukan perawatan yang tepat, sehingga harga jualnya akan semakin tinggi.

Cara Merawat Batu Akik

Tips Cara Merawat Batu Akik

Berikut ini merupakan cara merawat batu akik agar semakin bagus dan berkualitas tinggi, diantaranya yaitu :

1. Jauhkan dari tempat panas

Ternyat tidak semua jenis batu mulia atau batu akik yang tahan terhadap suhu panas, justru sebagian dari jenis batu akik juga ada yang rentan terkena suhu panas. Maka jika kita kurang begitu memahami akan karakteristik dari batu akik, maka sebaiknya anda menghindari menguji atau membakar batu akik yang anda miliki. Hal ini dikarenakan, batu akik yang tidak tahan terhadap panas dapat membuat kualitas batu akik tersebut menjadi berkurang seperti perubahan warna dan tingkat kekerasannya jika terkena suhu panas yang cukup tinggi secara langsung.

2. Sering membersihkannya dengan kain yang lembut

Tingkat kekerasan dari batu akik itu sendiri bermacam-macam, sehingga jika tingkat kekerasannya rendah sebaiknya anda menggunakan kain yang lembut untuk membersihkannya.

3. Oleskan minyak zaitun

Untuk menjaga keindahan batu akik dan tetap terlihat mengkilap, sebaiknya anda rutin mengoleskan minyak zaitun pada bagian permukaan batu akik kesayangan anda. Sehingga dengan begitu, batu akik yang anda gunakan dapat tetap terjaga kilauan dan keindahannya. Caranya yaitu, oleskan sedikit minyak zaitu pada permukaan batu, lalu gosok dengan menggunkan kain tisu atau kain lembut lainnya.

Sponsored links

4. Jauhkan dari minyak wangi dan juga hairspray

Kualitas warna dan juga kilauan dari batu akik dapat rusak jika terkena bahan cairan kimia seperti yang terdapat dalam parfum dan hairspray, sehingga batu akik akan tampak kusam dan tidak indah lagi. Maka dengan begitu, harga jualnya pun akan rendah.

5. Cuci dengan air bersih dan bebas dari bahan kimia

Jika anda hendak akan mencuci batu akik kesayangan anda, sebaiknya gunakan air bersih dan hindari menggunakan sabun seperti sabun colek atau deterjen yang dapat merusak kualitas batu itu sendiri. Selain air bersih, untuk menjadikan kualitas batu semakin bagus, sebaiknya anda menggunakan bahan alami seperti garam, kulit jeruk atau bawang putih dengan cara menggosokannya secara merata pada permukaan batu.

6. Lepaskan cincin batu akik anda pada saat mandi dan tidur

Jika anda akan mandi ataupun tidur, sebaiknya anda tidak mengenakan cincin batu akik, ini dikarenakan dapat terjadi benturan pada benda keras lainnya seperti tembuk, besi ataupun benda keras lainnya yang dapat merusak kualitas batu akik anda.

7. Merendam batu akik dengan air kelapa

Perawatan ini merupakan perawatan yang sangat mudah untuk anda lakukan secara rutin, cara ini dapat membuat kekerasa dan juga pengkeristalan batu itu sendiri. Caranya yaitu, siapkan gelas air kepala, lalu rendam cincin batu akik anda selama semalaman, lalu keringkan dengan kain yang lembut pada keesokan harinya.

Demikianlah cara merawat batu akik yang dapat anda lakukan agar kualitas batu akik anda semakin berkualitas dan memiliki nilai jual yang samakin tinggi, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda para pecinta batu akik dan sampai jumpa…

Artikel Terkait Cara Merawat Batu Akik

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *