Cara Menjaga Kesehatan Mental

By Categories : Kesehatan

Kesehatan mental tidak kalah penting dengan kesehatan fisik. Kesehatan mental seringkali kita lupakan, karena kita lebih banyak menghabiskan uang dan waktu kita untuk menjaga kesehatan fisik. Hal ini (kesehatan mental) sebenarnya justru lebih utama daripada sekedar menjaga kesehatan tubuh fisik kita. Dan berikut ini merupakanbeberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga mental anda agar tetap sehat.

Tips Menjaga Kesehatan Mental

  • Menjaga pikiran tetap tenang

Menjaga Kesehatan MentalMenjaga pikiran tetap tenang perlu dilakukan untuk menghindari stress. Tumpukan pekerjaan yang tak kunjung selesai ditambah berbagai permasalahan yang muncul sangat mempengaruhi pikiran dan mental yang dapat memicu stress. Sangat disarankan untuk melakukan kegiatan relaksasi dan refreshing ditengah kesibukan anda untuk menjaga pikiran tetap tenang.

  • Berpikir positif

Berpikir positifDengan berpikir positif maka akan terjadi reaksi biokimia dalam tubuh akan mengikuti pikiran yang muncul. Dengan bersikap positif akan meningkatkan oksigen dalam otak sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebaliknya, apabila terlalu banyak berpikir mengenai hal negatif secara tidak langsung dapat menurunkan kondisi kesehatan anda.

  • Berolah raga

Berolah ragaDengan berolah raga secara teratur akan melancarkan aliran darah. Berolah raga juga merupakan aktifitas yang dapat mengeluarkan keringat yaitu zat-zat yang tidak diperlukan tubuh dalam bentuk air. Manfaat lain dari berolah raga yaitu dapat memberikan perasaan tenang dan senang serta mengurangi  perasaan tertekan, gelisah dan depresi. Karenanya ketika berolah raga maka tubuh akan terasa bugar.

Sponsored links

  • Melakukan kegiatan sosial

kegiatan sosialKetika seseorang aktif di kegiatan sosial maka bisa dikatakan bahwa orang tersebut lebih sehat daripada seseorang yang tidak memiliki kegiatan lain di luar aktifitas pribadinya. Seseorang yang aktif di dalam organisasi atau sebuah perkumpulan akan terbiasa dengan pola hidup teratur dan relatif lebih mampu untuk mengelola stress akibat dari masalah yang muncul. Selain itu, dengan melakukan kegiatan sosial akan timbul perasaan bahagia karena dapat berbagi dengan orang lain.

  • Membaca dan menulis

Membaca dan menulisTahukah anda jika membaca dan menulis bermanfaat untuk kesehatan mental? Dengan membaca maka anda sedang membebaskan pikiran anda. Saat membaca maka anda melakukan dua aktifitas sekaligus, yaitu melepaskan ketegangan syaraf sekaligus menyerap hal-hal baru dalam buku yang sedang anda baca. Dan menulis akan melatih ketajaman pikiran untuk berpikir dan mengingat. Aktifitas menulis juga bisa digunakan untuk terapi dalam melepas stress.

Jika anda menginginkan mental yang sehat, maka tidak ada salahnya mencoba cara menjaga kesehatan mental.

Artikel Terkait Cara Menjaga Kesehatan Mental

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *