Cara Menjaga Kebugaran di Kantor

By Categories : Kesehatan

Cara Menjaga Kebugaran di Kantor – Pada saat sedang sibuk di kantor, biasanya kita sering malas untuk melakukan olahraga ringan di kantor. Padahal dengan melakukan sedikit pergerakan dapat mengurangi pegal-pegal pada tubuh kita, terutama bagi anda yang banyak bekerja di depan komputer. Kondisi tersebut dapat semakin bertambah para apabila kita menyantap makan siang berlebihan, sehingga akan menyebabkan tubuh lemas dan mengantuk.

Menurut dari hasil penelitian yang dilakukan di sebuah fakultas kedokteran yang bernama Universitas Alberta di Kanada menjelaskan bahwa bgai mereka yang menghabiskan jam kerja dibelakang meja dapat beresiko mengalami keluhan seperti nyeri punggung, pegal-pegal dan sering terasa kaku pada otot-otot di seluruh tubuh.

Hal ini dapat disebabkan oleh karena terlalu lama duduk di belakang meja, sehingga menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Salah satu cara untuk mengatasi keluhan tersebut, gerakan senam ringan dapat dilakukan di kantor atau tempat anda bekerja.

Menjaga Kebugaran di Kantor

Menjaga Kebugaran di Kantor

Nah, berikut ini merupakan beberapa gerakan yang dapat dilakukan di kantor pada saat anda sedang bekerja. Simak informasinya berikut ini.

  1. Membentuk postur atau posisi tubuh yang baik

Sebaiknya jika anda duduk di belakang meja, posisikan postur tubuh anda dengan tegak, bahu sedikit ditarik kebelakang dan sejajarkan bagian atas layar monitor dengan mata anda. Kemudian posisikan keyboard dan mouse sejajar dengan meja, sehingga pergelangan tangan tidak menggantung. Setelah itu, sesekali lakukanlah peregangann otot-otot jika anda merasa pegal dan kaku, cara ini untuk melenturkan kembali otot-otot yang kaku.

  1. Melakukan latihan peregangan secara teratur

Anda dapat melakukan latihan peregangan pada pergelangan tangan, kaki, bahu, punggung dan leher. Latihan ini dapat dilakukan oleh anda sambil duduk atau berdiri, caranya yaitu :

  • Latihan peregangan leher

Anda dapat melakukan latihan ini dengan cara menggerakan secara perlahan pada bagian leher keatas dan kebawah secara perlahan, lalu dilanjutkan dengan menggerakan leher ke kiri dan kekanan beberapa kali.

  • Latihan peregangan pada bahu

Untuk melakukan gerakan ini anda dapat memutar bahu anda ke kiri dan ke kanan sebanyak 10 kali, gerakan ini dapat menghilangkan kaku pada bahu.

Sponsored links

  • Latihan pergelangan pada tangan dan kaki

Caranya yaitu dengan memutarkan pergelangan tangan dan juga kaki ke kiri dan ke kanan setia satu jam, cara ini sangat bermanfaat untuk mencegah terkena Carpal Tunnel Syndrome dan terutama bagi anda yang sering mengetik.

  • Latihan peregangan pada dada

Tanpa disadari banyak orang yang melakukan pekerjaan di depan computer dengan posisi tubuh membungkuk. Untuk mengatasi kaku dan pegal di bagian dada, sebaiknya anda membuka lebar-lebar dada dan kemudian menegakan posisi tubuh.

  • Latihan peregangan pada perut

Latihan pada perut sangat mudah dilakukan yaitu dengan cara mengeraskan otot-otot pada perut, lalu kemudian tahan beberapa detik dan kemudian lepaskan. Lakukan cara ini beberapa kali.

  1. Hindari duduk diam dalam waktu terlalu lama

Sebaiknya anda bangun dari tempat duduk anda setiap satu jam sekali, sesekali lakukanlah olahraga ringan sejenak seperti jalan-jalan santai disekitar ruangan kerja anda. Cara ini dapat membantu melancarkan kembali sirkulasi darah didalam tubuh, setelah tiba jam istirahat anda dapat melakukan senam ringan beberapa menit sebelum makan siang dan usahakan agar anda tidak langsung duduk kembali setelah makan siang atau anda dapat makan siang diluar kantor dan gunakanlah tangga darurat sebagai jalan menuju ke luar atau masuk ke kantor.

  1. Istirahat sejenak dari layar komputer

Usahakan agar anda mengistirahatkan mata anda dengan melihat pemandangan di luar kantor atau pemandangan lain yang ada di dalam ruangan setiap 30 menit.

  1. Menghirup udara segar

Sempatkanlah untuk menghirup udara segar dengan membuka jendela kantor atau ruangan anda, cara ini dapat membuat anda lebih segar.

  1. Mengkonsumsi air putih

Cukupi cairan tubuh anda dengan perbanyak minum air putih, minum air putih dapat membuat tubuh anda terasa lebih segar.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai cara menjaga kebugaran di kantor, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Terkait Cara Menjaga Kebugaran di Kantor

Komentar Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *