Cara Mengolah Daun Sirsak

By Categories : Kesehatan

Cara mengolah daun sirsak yang mudah dilakukan untuk mengobati berbagai penyakit. Metode pengobatan herbal akhir-akhir ini menjadi alternatif bagi banyak orang untuk mengobati berbagai penyakit yang mereka derita. Salah satu yang banyak dimanfaatkan khasiatnya bagi pengobatan adalah daun sirsak, tetapi belum banyak yang mengetahui cara mengolah daun sirsak sebagai bahan untuk pengobatan. Daun sirsak memang memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai antioksidan bagi tubuh, membunuh sel-sel kanker, memperlambat penyebaran sel-sel jahat dalam tubuh, dapat menyembuhkan asam urat, juga memperlancar saluran pencernaan.

Cara Mengolah Daun Sirsak

Banyaknya kandungan manfaat yang terkandung didalam daun sirsak membuat banyak orang mencari cara mengolah daun sirsak sebagai obat. Memang hingga saat ini belum ada obat dengan paten resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Tetapi tidak perlu khawatir, karena khasiat dari daun sirsak ini bisa kita dapatkan dengan mengolahnya secara sederhana. Yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi olahan daun sirsak ini adalah pastikan bahwa kita tidak memiliki alergi ataupun masalah ketika mengkonsumsi buah ataupun makanan yang mengandung sirsak. Hal ini sangat penting karena jika tubuh kita memiliki alergi dengan olahan yang terbuat dari buah atau daun sirsak, maka yang terjadi adalah tubuh akan mengalami efek sebaliknya dari yang diharapkan akibat dari efek senyawa yang terkandung didalam daun sirsak.

Baca juga tentang manfaat daun sirsak bagi kesehatan

Sponsored links

Cara mengolah daun sirsak sendiri cukup mudah dan bisa dipraktekan sendiri bahkan bagi orang awam sekalipun. Berikut beberapa cara yang biasa dipakai untuk mengolah daun sirsak :

  1. Yang pertama adalah dengan memanfaatkan daun sirsak kering antara 10 hingga 15 lembar. Cuci daun sirsak kering dengan air hingga bersih (sebaiknya cuci daun sirsak dengan air mengalir, jangan direndam), kemudian rebus daun dengan 2 gelas air, hingga tersisa menjadi 1 gelas. Proses perebusan ini dilakukan kurang lebih selama 1 jam. Setelah selesai, dinginkan air rebusan hingga hangat, kemudian segera minum.
  2. Cara kedua adalah dengan merebus daun sirsak sebanyak 10 hingga 15 lembar. Rebus didalam air sebanyak kurang lebih 600cc atau 3 gelas air. Agar kandungan senyawa yang terdapat dalam daun sirsak tetap terjaga, sebaiknya rebus daun sirsak di dalam kendi yang terbuat dari tanah liat. Rebus hingga air rebusan di dalam kendi tersisa sekitar 1 gelas. Dapat diminum setiap hari sebanyak 3 hingga 4 gelas sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.
  3. Cara ketiga adalah dengan memblender daun sirsak yang dicampurkan kedalam air sebanyak ¼ gelas air. Sebelum diblender, potong daun menjadi 4 bagian untuk memudahkan proses penghancuran daun. Akan lebih baik menggunakan air hangat pada saat memblender daun. Setelah dirasa sudah cukup hancur dan lembut, masukkan daun ke dalam wadah dan campurkan 1 gelas air panas ke dalamnya.  Cara ini bisa juga dilakukan menggunakan cobek batu atau kayu apabila anda tidak memiliki blender.

Demikian artikel mengenai cara mengolah daun sirsak menjadi obat herbal yang berguna bagi kesehatan kita. Semoga artikel sederhana ini bisa menjadi tambahan informasi yang berguna dan yang lebih penting informasi ini bisa dipraktekan dengan mudah oleh pembaca, bagi siapapun yang menginginkan manfaat dari daun sirsak ini.

Artikel Terkait Cara Mengolah Daun Sirsak

Komentar Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *