Cara Mengkilapkan Batu Akik

By Categories : Batu Permata

Cara mengkilapkan batu akik yang mudah untuk dilakukan. Semakin bagus kualitas batu akik, maka batu akan semakin berkilau dan tampak sangat indah. Ternyata ada banyak cara mengkilapkan batu akik. Anda dapat melakukan cara modern ataupun dengan cara alami yang tentunya menggunakan bahan alami yang dapat dengan mudah anda temukan di lingkungan sekitar rumah anda.

Cara Mengkilapkan Batu Akik

Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini merupakan beberapa cara mengkilapkan batu akik, diantaranya yaitu :

1. Menggunakan daun pisang kering

Untuk mengkilapkan batu akik, ternyata dengan menggunakan daun pisang kering terbukti sangat ampuh dan cepat untuk membuat batu semakin berkilau. Caranya yaitu, ambil daun pisang yang telah kering dan ambil pada siang hari sehingga daun pisang benar-benar kering. Setelah itu, gosok-gosokan permukaan batu akik pada daun pisang secara searah. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari sampai benar-benar mendapatkan hasil yang sempurna. Walaupun cara ini terbilang cara jadul atau kuno, tetapi cara ini sangat ampuh dan banyak orang yang berhasil. Jika anda tidak percaya, maka anda dapat mencobanya sendiri dan lihat hasilnya.

2. Menggunakan kulit hewan

Untuk mengkilapkan batu akik tidak hanya dapat menggunakan daun pisang kering, tetapi juga anda dapat menggunakan bahan lain seperti kulit hewan yang biasa digunakan untuk bahan pembuatan ikat pinggang atau jaket dan juga sejenisnya. Caranya pun cukup mudah dan sederhana, anda hanya perlu menggosok-gosokan permukaan batu akik secara rutin setiap hari dengan posisi searah. Pada saat proses awal hasilnya akan mulai terlihat, tetapi akan maksimal setelah beberapa kali perawatan.

Sponsored links

3. Menggunakan permukaan bambu

Cara ini sudah digunakan sejak jaman dulu dan sampai saat ini cara tradisional ini masih sangat ampuh dan tentunya tidak harus dengan biaya yang mahal seperti menggunaka cara modern. Gunakan bambu yang memiliki permukaan halus, sehingga batu akan memiliki kilauan yang sangat indah. Caranya yaitu, siapkan bambu yang memiliki permukaan yang tidak terlalu kasar, lalu cuci hingga bersih dan keringkan sampai benar-benar kering. Selanjutnya gogok-gogokan permukaan batu akik pada permukaan bambu secara searah, lakukan cara ini secara rutin setiap hari sampai batu kesayangan anda berkilau.

4. Rendam dengan menggunakan air kelapa

Pastinya anda sedikit tidak percaya dengan cara ini, namun ini sangat ampuh dan dapat membuat batu akik kesayangan anda semakin bagus dan berkilau. Caranya yaitu, siapkan satu gelas air kelapa dan kemudian rendam cincin batu akik anda selama semalam. Setelah itu, angkat dan keringkan dengan menggunakan lap yang halus. Untuk mendapatkan hasil yang cepat dan maksimal, anda dapat menggosok-gosokan batu yang telah direndam semalaman dengan air kelapa pada salah satu bahan dan cara diatas seperti dengan menggunakan daun pisang kering, bamboo atau kulit.

5. Menggunakan amplas paling halus

Cara ini merupakan cara yang umum dilakukan oleh para pecinta batu akik, cara ini sebaiknya dilakukan pada batu yang masih sangat baru di bentuk untuk menghilangkan bagian pori-pori pada batu dan menghaluskan permukaan batu. Gunakan kertas amplas yang paling halus, sehingga akan menghasilkan permukaan batu yang bagus. proses pengamplasan juga dapat dilakukan setelah proses perendaman dengan menggunakan air kelapa, sehingga proses penghalusan akan lebih maksimal dan menghasilkan hasil yang bagus.

Nah, itulah beberapa cara mengkilapkan batu akik. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat dan membantu anda semua. Selamat mencoba dan semoga berhasil…

Artikel Terkait Cara Mengkilapkan Batu Akik

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *