Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Metode Hitung Indeks Massa Tubuh

By Categories : Kesehatan

Cara menghitung berat badan ideal sangat penting untuk diketahui. Ketika Anda mengetahui cara menghitung bobot tubuh yang ideal ini, Anda pun dapat menghitung berat bedan Anda sendiri, dan mengerti apakah berat badan Anda sudah ideal, gemuk, terlalu gemuk, kurus, atau terlalu kurus. Jika ternyata berat badan Anda ideal, ini tentu sangat menggembirakan dan Anda patut mensyukurinya karena semua orang tentu ingin berada di posisi Anda. Sebaliknya, jika Anda gemuk atau bahkan terlalu gemuk, Anda tentu harus menempuh berbagai cara yang tepat untuk menurunkan berat badan. Sebab, kegemukan mendekatkan Anda pada berbagai gangguan penyakit. Tubuh yang gemuk dipastikan juga menggerus rasa percaya diri. Begitu pula jika Anda terlalu kurus, Anda perlu menambah berat badan agar Anda lebih percaya diri dan sehat.

Cara menghitung berat badan ideal

Ada beberapa cara menghitung berat badan ideal yang dapat Anda gunakan, salah satunya adalah metode hitung indeks massa tubuh/body mass index (BMI)

Metode ini merupakan metode penghitungan berat badan ideal yang banyak dijadikan rujukan. Caranya adalah sebagai berikut.

BMI = Berat badan: tinggi badan  x tinggi badan.

Berat badan yang digunakan dalam perhitungan menggunakan satuan meter

Atau

BMI = Berat badan: kuadrat tinggi badan dengan satuan meter.

Contoh:

Anda memiliki berat badan 63 kilogram. Sementara itu, tinggi badan Anda adalah 155 cm. Jadi, BMI Anda adalah sebagai berikut.

63 kg: (1.55 m)2

           = 63 : 2.40

       = 26.25

Sponsored links

Setelah perhitungan BMI didapat, Anda dapat membandingkan dengan kategori BMI menurut WHO berikut ini.

BMI < 18.5 = berat badan kurang (underweight)

BMI 18.5 – 22.9 = berat badan ideal

BMI 23 – 24.9 = berat badan masih ideal, tetapi masuk kategori warning.

BMI 25 – 29.9 = berat badan memasuki batas obesitas

BMI >= 30 = obesitas

Setelah mengetahui BMI Anda dan Anda termasuk kategori yang mana menurut kriteria badan kesehatan dunia, lalu apa yang harus Anda lakukan?

Jika berat badan Anda kurang, tentu Anda harus meningkatkan berat badan dengan cara memperbanyak konsumsi makanan karbohidrat kompleks yang pada kalori. Anda juga harus meningkatkan olahraga.

Jika berat badan Anda ideal, Anda tentu tinggal mempertahankannya. Kalau berat badang Anda ideal, tetapi sudah masuk kategori warning, Anda harus memperbanyak olahraga dan menjaga pola makan.

Anda perlu waspada jika berat badan memasuki batas obesitas. Di batas ini, Anda harus segera menjalani program diet sehat untuk menurunkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal.

Anda harus ekstra waspada jika berat badan Anda ternyata termasuk kategori obesitas. Hal ini karena, dengan obesitas yang Anda alami, berbagai penyakit mudah sekali menyerang, bahkan mungkin sudah bersarang di tubuh Anda. Tidak ada pilihan lain, Anda harus melakukan diet dengan lebih ketat dan serius yang mendapatkan berat badan ideal.

Cara menghitung berat badan ideal dengan metode hitung indeks massa tubuh tidak sulit untuk dilakukan. Dan, hasilnya akan sangat membantu Anda untuk mengetahui apa yang harus Anda lakukan dengan berat badan Anda.

Artikel Terkait Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Metode Hitung Indeks Massa Tubuh

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *