Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Dan Medis

By Categories : Kesehatan

Cara menghilangkan bekas luka sering kali tidak mudah untuk dilakukan. Apalagi, jika bekas luka tersebut besar dan dalam. Padahal, kehadiran bekas luka di bagian-bagian tubuh terbuka, seperti wajah, tangan, dan kaki, jelas sangat mengganggu. Siapa pun tentu akan merasa tidak percaya diri jika mengalami hal ini. Luka yang meninggalkan bekas di kulit bisa terjadi karena karena beberapa faktor penyebab, seperti luka bakar, luka terkena benda tajam, luka akibat jerawat, luka gores karena terjatuh. Jangan khawatir, jika Anda merasa terganggu dengan kehadiran bekas luka pada kulit Anda. Ada banyak cara yang dapat Anda tempuh untuk mengatasinya, baik secara alami atau medis.

cara-unatuk-menghilangkan bekas luka

Untuk menghilangkan bekas luka yang kecil dan tidak terlalu parah, dapat dilakukan menggunakan bahan-bahan alami, seperti lidah buaya, madu, mengkudu, minyak zaitun, mentimun, atau jeruk nipis. Cara penggunaan bahan-bahan ini sangat mudah, yaitu langsung dioleskan pada bagian bekas luka (untuk mengkudu dan mengkudu, bahan dihaluskan terlebih dahulu), sambil dilakukan pemijatan ringan agar bahan-bahan ini meresap ke dalam kulit. Diamkan sekitar 20 menit, kemudian, bilas menggunakan air hingga bersih. Agar memberikan hasil yang lebih optimal, perawatan sebaiknya dilakukan setiap hari.

Penggunaan bahan alami tentu tidak bisa memberikan hasil instan. Oleh karena itu, kesabaran dan ketelatenan sangat diperlukan. Selain itu, penggunaan bahan-bahan alami ini lebih cocok digunakan untuk menghilangkan bekas luka ringan atau kecil. Namun, cara menghilangkan bekas luka yang serius (areanya luas dan kerusakannya parah), menggunakan cara-cara medis akan memberikan hasil yang lebih baik dan lebih cepat. Cara-cara tersebut, antara lain sebagai berikut.

  1. Menggunakan obat atau salep penghilang bekas luka

Saat ini, penghilang bekas luka di pasaran banyak beredar salep penghilang bekas luka. Selain obat yang dijual bebas, untuk menghilangkan luka juga dapat digunakan salep yang didapatkan dengan resep dokter

Sponsored links

  1. Tindakan operasi atau bedah

Yaitu cara menghilangkan bekas luka melalui prosedur operasi. Hal ini terutama dilakukan untuk menghilangkan bekas luka yang sangat menonjol. Tindakan ini tentu harus dilakukan di rumah sakit oleh dokter ahli.

  1. Terapi laser

Bekas luka dapat pula dihilangkan dengan menggunakan sinar laser. Cara in digunakan untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam. Klinik kecantikan atau rumah sakit banyak yang menyediakan layanan menghilangkan luka dengan cara terapi laser ini.

  1. Dermadrasi

Ada jenis bekas luka yang tidak rata dengan kulit atau kasar. Untuk menghilangkannya dapat dilakukan dengan cara dermabrasi. Cara ini banyak ditawarkan oleh klinik kecantikan dan rumah sakit.

Cara menghilangkan bekas luka yang bagaimanakah yang sebaiknya dipilih? Yang terbaik adalah memilih cara yang sesuai dengan kondisi bekas luka agar hasilnya pun optimal serta cepat.

Artikel Terkait Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Dan Medis

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *