Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

By Categories : Tips Kecantikan

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan memang tidak mudah untuk dilakukan. Butuh kesabaran dan ketelatenan untuk kembali memiliki perut yang ramping setelah persalinan. Setelah hamil sembilan bulan, dengan penambahan berat badan hingga puluhan kilo, tentu perut tidak akan langsung menjadi ramping kembali pasca melahirkan. Tentu dibutuhkan proses untuk membuat perut kembali langsing dan kencang. Namun, tidak perlu khawatir, dengan usaha yang telaten, perut pasti bisa kembali kecil setelah melahirkan. Lagipula, perubahan bentuk badan itu menjadi tidak ada artinya dibandingkan anugerah tiada tara mendapatkan kedudukan yang mulai menjadi seorang ibu.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan

Untuk mengembalikan kondisi perut, berikut adalah cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang dapat ditempuh oleh para ibu.

  1. Menyusui

Sekarang ini, tidak sedikit ibu yang enggan memberikan ASI pasca melahirkan. Alasannya bermacam-macam, mulai dari sibuk hingga khawatir payudara akan menjadi kendur. Padahal, menyusui itu banyak sekali manfaatnya, baik untuk anak maupun ibu sendiri. Salah satu manfaat menyusui untuk ibu adalah cepat menurunkan berat badan, yang secara otomatis juga mengecilkan dan mengencangkan perut. Tahukah Anda bahwa  5.000 kalori akan terbuang dari tubuh Anda setiap harinya hanya dengan Anda menyusui bayi Anda. Fantastis, bukan? Pembuangan kalori ini jauh lebih besar daripada jika Anda melakukan jogging atau bersepeda statis.

Sponsored links

  1. Banyak beraktivitas

Makin banyak Anda beraktivitas, makin banyak kalori yang akan terbakar. Jadi, perbanyaklah aktivitas untuk menurunkan berat badan dan sebagai cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Anda dapat berjalan kaki sambil mendorong bayi Anda di dalam kereta setiap pagi, melakukan olahraga ringan, dan menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga. Namun, semua ini tidak boleh Anda lakukan secara berlebihan mengingat kondisi Anda yang belum terlalu lama melahirkan.

  1. Menjaga pola makan

Ibu menyusui sudah pasti membutuhkan asupan makanan yang lebih banyak ketimbang wanita yang tidak menyusui. Sebab, selain untuk memenuhi kebutuhannya sendiri, kebutuhan nutrisi bayi yang disusui juga harus dipenuhi. Namun, bukan berarti ibu menyusui tidak bisa menerapkan pola makan yang sehat. Ibu menyusui tetap bisa memenuhi kebutuhan gizi untuk dirinya dan anaknya dengan memperbanyak konsumsi buah, sayur, lauk, dan air putih dan secara bersamaan mengurangi konsumsi makanan berminyak, manis, atau bersantan yang bisa membuat berat badan naik sehingga perut pun akan sulit untuk langsing kembali. Menjaga pola makan adalah cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang tidak boleh diabaikan.

  1. Meminum ramuan tradisional

Jamu merupakan salah satu bagian dari kekayaan khazanah budaya bangsa Indonesia. Di antara sekian banyak jamu, terdapat jamu untuk melangsingkan perut pasca melahirkan. Para ibu dapat menggunakan jamu atau ramuan tradisional sebagai cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Bisa dengan membelinya pada penjual jemu gendong, membeli di toko-toko herbal, atau meramunya sendiri.

Menjadi ibu itu menyempurnakan kodrat wanita. Menjadi ibu juga merupakan sebentuk kemuliaan yang diamanatkan Tuhan. Jadi, para ibu mestinya bersyukur ketika mendapatkan karunia ini. Masalah bentuk tubuh dan perut yang berubah, ada banyak cara mengecilkan perut setelah melahirkan dan menurunkan badan yang dapat dilakukan.

Artikel Terkait Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *