Cara Mengatasi Stress Dan Menenangkan Hati Dan Pikiran

By Categories : Kesehatan

Cara mengatasi stres dan cara menenangkan hati. Setiap manusia pastinya memiliki permasalahan dalam hidupnya, karena tidak ada satupun manusia yang tidak memiliki permasalahan baik dari faktor ekonomi, keluarga, pekerjaan dan masalah-masalah lainnya. Dari sekian banyak masalah yang muncul dalam kehidupan seseorang, terkadang ada masalah yang sangat sulit untuk dipecahkan dan dicari jalan keluar yang terbaik. Maka tak heran jika banyak orang yang merasa stres karena masalah-masalah yang mereka hadapi, bahkan tidak sedikit orang yang mengambil jalan yang tidak seharusnya mereka lakukan karena stres. Maka kita tidak ingin hal tersebut menimpa diri kita bukan?

Sebagai manusia yang memiliki akal dan pikiran sehat, sebaiknya selalu sabar dalam menjalani kehidupan ini. Karena hidup ini tidak selalu berjalan mulus sesuai dengan apa yang kita harapkan, oleh karena itu kita harus selalu siap dengan segala konsekuensi yang akan kita hadapi akibat dari apa yang telah kita lakukan. Pada dasarnya setiap permasalahan yang kita hadapi, pasti akan ada jalan keluarnya. Untuk itu, kita harus selalu kuat dan tabah dalam menjalani segala sesuatu dalam kehidupan ini.

Sahabat samua, banyak sekali cara dalam menghilangkan stress yang salah satu diantaranya yaitu melakukan hal-hal positif yang dapat mengalihkan perhatian kita terhadap masalah yang sedang kita hadapi untuk sementara waktu. Jika kita selalu menghadapi masalah dengan pikiran panas, maka masalah bukannya hilang malah akan semakin besar dan berat untuk kita pikul.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membagikan tips menganai cara mengatasi stres. Semoga apa yang akan saya jelaskan dibawah ini dapat sedikit memberikan manfaat bagi anda semua yang sedang dilanda stress. Langsung saja kita simak informasinya berikut ini.

Cara Mengatasi Stress

7 Cara Mengatasi Stress

1. Cara yang pertama yang akan saya himbau kepada anda semua yaitu jangan pernah anda menunda-nunda suatu pekerjaan sehingga pekerjaan anda akan semakin menumpuk dan lama untuk dapat diselesaikan. Jika permasalah yang sedang anda hadapi yaitu mengenai pekerjaan, maka dengan anda meninggalkan atau menunda-nunda pekerjaan akan semakin membuat anda stres.

2. Cara selanjutnya yaitu anda harus memiliki keberanian dalam mengambil sikap, jika anda memiliki masalah dalam pekerjaan yang amat menumpuk setiap harinya. Maka sebaiknya anda berani untuk mengatakan tidak dengan sebuah pekerjaan baru yang dapat membebani anda, karena ini akan semakin memberatkan anda dalam menjalankan pekerjaan anda dan dapat membuat anda menjadi tidak focus dengan pekerjaan yang sedang anda kerjakan.

3. Untuk menghilangkan stres, anda juga dapat melakukan kegiatan fisik seperti olahraga. Olahraga sangat baik untuk kesehatan dan juga otak kita, sehingga tubuh kita akan menjadi lebih rileks dan dapat beraktivitas kembali dengan lebih baik.

4. Selalu menerima dengan ikhlas apa yang telah ditakdirkan tuhan kepada kita, sehingga kita akan lebih banyak bersyukur dengan apa yang telah kita miliki baik dari faktor ekonomi, keluarga, pekerjaan dan sebagainya.

5. Selalu berpikir positif dengan segala cobaan yang telah menimpa diri kita, sehingga kita dapat mengambil hikmah serta memetik pelajaran dari segala cobaan yang sedang kita hadapi.

6. Menghibur diri dapat anda lakukan, anda dapat mengajak keluarga untuk pergi berlibur ketempat yang dapat membuat anda merasa nyaman dan tenang, karena dengan pikiran yang tenang kita dapat mengambil keputusan atau tindakanyang baik.

7. Selalu mendekatkandiri kepada tuhan YME, karena tidak dapat kita pungkiri jika segala masalah dan segala kebaikan itu datangnya dari tuhan yang telah menciptakan kita. Maka tuhan pula lah yang dapat memberikan pertolongan kepada kita sebagai mahluk ciptaan-Nya. Rajin-rajinlah untuk lebih mendekatkan diri dan mintalah pertolongan kepada-Nya, karena hanya dia-lah yang maha mengetahui segala permasalahan yang sedang menimpa mahluk-Nya.

cara menenangkan hati

9 Cara Menenangkan Hati

Apakah anda ingin merasakan bagaimana nikmatnya hidup? Nikmatnya hidup dapat dirasakan jika kita selalu memiliki ketenangan dalam hati. Untuk mendapatkan ketenangan hati memang tidak mudah, terlebih jika kita selalu disibukan dengan rutinitas pekerjaan yang kita jalankan setiap hari dan ditambah dengan berbagai permasalah yang selalu datang silih berganti. Walaupun begitu, ketenangan hati dan pikiran harus tetap kita miliki, karena jika pikiran dan hati kita tenang segala sesuatu pun akan dapat berjalan dengan baik.

Sponsored links

Lau, bagaima cara agar hati dan pikiran kita selalu tenang? Berikut ini merupakan cara menenangkan hati yang dapat anda lakukan, diantaranya yaitu :

1. Rajin Beribadah
Beribadah merupakan cara nomor satu yang harus tetap kita jaga dan laksanakan walaupun kita sedang di landa banyak permasalah dalam hidup. Ibadah merupakan kewajiban setiap orang yang beragama, dengan ibadah kita akan lebih dekat dengan sang pencipta alam semesta beserta dengan segala isinya termasuk kita. Rajin melaksanakan ibadah dapat memberikan ketenangtan hati dan pikiran seseorang, banyak orang yang hidupnya merasa tenang dan bahagia walaupun berbagai masalah menimpa mereka tetapi mereka tetap menjalani hidup dengan penuh ketenangan dan kebahagiaan.

2. Lingkungan yang nyaman
Berada dilingkungan yang nyaman dapat membuat hati dan pikiran kita merasa lebih tenang. Maka dari itu, tatalah lingkungan disekitar rumah anda seperti menjaga kebersihan rumah, menata taman, ruangan kerja dan tempat-tempat yang sering anda singgahi, sehingga dapat membuat anda merasa nyaman dan tenang.

3. Relaksasi
Melakukan relaksasi merupakan cara yang dapat anda coba, relaksasi dapat dilakukan dengan cara menarik nafas dalam-dalam dan keluarkan dengan perlahan. Sesekali anda dapat meregangkan otot-otot yang kaku, sehingga pikiran dan tubuh anda akan merasa lebih rileks dan tenang.

4. Curhat
Curhat merupakan salah satu cara yang sangat baik untuk anda lakukan dalam menenangkan hati dan pikiran yang sedang kacau, tetapi carilah seseorang yang dapat anda percaya dan dapat mengerti keadaan anda saat ini seperti keluarga, orang tua, suami atau isteri, sahabat, saudara dan seseorang yang dekat dengan anda. Ceritakanlah segala permasalahan yang sedang anda hadapi saat ini dan jika memungkinkan peluklah mereka, dengan begitu hati dan pikiran anda akan merasa lebih tenang dari sebelumnya.

5. Menyendiri
Carilah tempat yang dapat membuat anda merasa nyaman untuk menenangkan diri seperti pergi ke kampung halaman, ketempat paforit dan sebagainya.

6. Olahraga
Melakukan kegiatan olahraga memang cara yang sangat ampuh untuk anda yang sedang dilanda banyak masalah, olahraga dapat membuat tubuh anda merasa lebih rileks, bugar dan membuat anda merasa lebih fresh.

7. Mendengarkan musik
Mendengarkan musik merupakan cara yang sering dilakukan oleh orang yang sedang dilanda banyak permasalahan dalam hidup mereka, ternyata cara tersebut sangat epektif dan banyak membantu agar pikiran dan hati menjadi lebih tenang.

8. Bercanda
Jika anda sedang mengalami banyak masalah, cobalah anda sesekali untuk berkumpul bersama dengan teman-teman dekat baik di tempat kerja atau dilingkungan rumah. Bercandalah dengan mereka sehingga anda dapat tertawa dan melupakan sejenak permasalahan yang sedang anda alami.

9. Berpikir positif
Janganlah anda selalu berpikir yang tidak baik pada saat anda sedang dilanda banyak masalah, sehingga anda akan menjadi orang yang sangat sensitif. Selalu pikirkan hal-hal positif, sehingga anda akan lebih bisa mengendalikan hati dan pikiran. Dengan bagitu, anda akan tetap tenang dan dapat berpikir dengan sehat.

Itulah beberapa cara menenangkan hati, semoga apa yang telas saya jelaskan diatas dapat memberikan banyak manfaat untuk anda semua.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai cara mengatasi stres dan menenangkan hati, semoga informasi diatas dapat sedikit memberikan manfaat kepada anda semua dan sampai jumpa.

Artikel Terkait Cara Mengatasi Stress Dan Menenangkan Hati Dan Pikiran

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *