Cara Menanam Tanaman Adas Sebagai Apotek Hidup

By Categories : Serba Serbi

Cara Menanam Tanaman Adas Sebagai Apotek Hidup: langkah demi langkah mulai dari menyiapkan lahan, penanaman bibit dan cara penanamannya.

Cara Menanam Tanaman Adas

Tanaman Adas

  • Tanah atau lahan

Lahan yang akan digunakan untuk menanam tanaman adas ini tidak harus luas dan dalam cara pengolahannya pun cukup mudah, pengolahan lahan yang akan digunakan harus dilakukan 1 bulan sebelum tanaman adas ditanam.

Caranya yaitu :

Pertama-tama gempurkan tanah pada lahan yang akan digunakan dengan menggunakan cangkul agar tanah menjadi gempur, lalu tanah diratakan. Setelah itu, tanah yang telah digempurkan ditaburi pupuk kandang sebanyak 3 kg/m². Kemudian lahan tanam di buat bedengan dengan lebar sekitar 0,5-1m dengan panjang sesuai dengan luas lahan. Pada sela-sela bedengan dibuatkan saluran irigasi dengan ukuran sesuai denga lahan dan kedalaman sekitar 20-30 cm. Selanjutnya, buatlah lubang tanam pada setiap bedengan dengan jarak sekitar 60 cm x 60 cm dan panjang sesuai ukuran panjang lahan yang digunakan.

  • Penanaman bibit

Bibit yang digunakan dalam mengembangbiakan tanaman adas yaitu dengan bijinya yang sudah tua dan dalam melakukan cara penanamannya dapat dilakukan dengan cara penyemaian atupun dapat dilakukan dengan cara ditebarkan diatas lahan atau lapangan, penanaman dilakukan pada saat akhir musim kemarau. jika cara penanamannya dilakukan dengan cara disemai, maka akan lebih baik jika persemaian ditutup dengan menggunakan jerami atau dengan atap sampai benih tumbuh sekitar 1 sampai 2 minggu. Setelah umur benih sekitar 1.5 sampai 2 bulan, lalu benih yang sehat dan ukurannya rata maka tanaman dapat dipindahkan ke lahan tanam yang telah disiapkan.

  • Cara penanaman

Cara dalam melakukan penanaman tanaman adas sangatlah mudah. Setelah bibit tanaman sudah cukup kuat atau setelah berumur 2 bulan, maka dapat dilakukan pemindahan dengan cara di cabut. Setelah itu, buatlah lubang pada lahan tanam yang telah disediakan dan tanam bibit dengan posisi tegak. Kemudian tutup kembali lubang dengan tanah agar tanah menjadi padat, lalu dapat di beri jerami diatasnya. Hal ini berfungsi sebagai mulsa yang dapat mencegah pertumbuhan gulma dan dapat menjaga kelembaban pada tanaman adas.

Artikel Terkait Cara Menanam Tanaman Adas Sebagai Apotek Hidup

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *