22 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Dan Cepat

By Categories : Tips Kecantikan

Cara memutihkan gigi secara alami adalah hal penting untuk kita lakukan untuk menambah nilai estetika dari gigi. Sebagaimana diketahui, gigi tidak hanya berfungsi untuk memotong, menggigit, atau mengunyah makanan. Gigi juga memiliki nilai estetik yang memberikan sumbangsih besar dalam membangun daya tarik fisik kita. Kita tentu dapat melihat bahwa kondisi gigi yang rapi, bersih, dan putih akan membuat senyum pemiliknya terlihat sedemikian menarik. Sebaliknya, seseorang akan kehilangan daya tarik ketika tampilan giginya tidak kurang dari segi estetik yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Cara memutihkan gigi secara alami

Cara Memutihkan Gigi secara Alami dan Cepat

Memiliki gigi yang rapi dan putih tentu akan membuat siapa menjadi percaya diri. Tidak heran, banyak orang melakukan berbagai upaya demi memiliki gigi yang putih bersih. Saat ini, di pasaran banyak beredar produk pemutih gigi, termasuk pasta gigi merek tertentu yang mengklaim mampu memutihkan gigi. Mari kita lihat, apa produk-produk tersebut sebaiknya kita gunakan atau kita tinggalkan.

Produk pemutih gigi memang mampu memberikan hasil instan. Namun, ada bahaya mengancam di balik penggunaan produk ini yang dilakukan dengan tidak hati-hati. Banyak pemutih gigi yang mengandung bahan kimia yang justru dapat menyebabkan terjadinya kerusakan gigi secara permanen. Pemutih gigi dengan kandungan seperti ini dapat mengikis enamel gigi dan merusak jaringan gusi. Tak hanya itu, pemutih gigi dengan kandungan kimia berbahaya juga dapat menimbulkan efek samping berupa rasa terbakar pada jaringan lunak dan gigi akan lebih sensitif.

Bagaimana dengan pasta gigi yang mengklaim dapat memutihkan gigi? Para ahli gigi menjelaskan bahwa pasta gigi yang mengandung bahan pemutih gigi sebenarnya tidak cukup ampuh untuk memberikan gigi putih dalam waktu yang cepat. Bahkan, pada mereka yang akibta antiobiotik giginya menjadi kecokelatan,  pasta gigi yang mengandung zat pemutih sama sekali tidak menolong. Untuk memutihkan gigi secara aman, dapat dipilih cara memutihkan gigi secara alami. Memutihkan gigi secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan siwak, arang kayu, kulit jeruk, stroberi, dan lemon dan garam.

Cara memutihkan Gigi secara alami

Bahan Alami Untuk Meutihkan Gigi

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah timbulnya kuning pada gigi, lakukanlah cara sederhana yaitu dengan menggosok gigi dengan teratur sehabis makan dan sebelum tidur. Namun jika tampilan gigi anda sudah terlanjut kuning karena tidak dengan cepat di tangani, anda bisa menggunakannya dengan cara tradisional dengan membuat racikan dari bahan-bahan alami. Penasaran, apa saja yang bisa di jadikan bahan untuk membuat racikan tradisional? Simak artikel di bawah ini, sebagai berikut :

1. Menggunakan Baking Soda

Cara yang bisa anda lakukan menggunakan bahan alami ini yaitu dengan mencampurkan pasta gigi dan baking soda, kemudian gosokan pada gigi anda menggunakan sikat gigi. Gosok selama 10 menit, setelah itu bersihkan dengan berkumur-kumur menggunakan air hangat.

2. Menggunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk yang mengandung Vitamin C mampu membunuh bakteri pada pada gigi anda dan dapat membuat tampilan gigi anda putih dan bersih. Cara yang bisa anda lakukan menggunakan bahan alami ini sangat mudah, cukup dengan menggosokan kulit jeruk pada gigi anda dengan keseluruhan. Ini bisa anda lakukan setiap hari sebelum tidur, dalam satu minggu anda akan merasakan perubahannya.

3. Menggunakan Stobery

Cara yang bisa anda lakukan menggunakan stroberi ini yaitu dengan menghaluskannya, kemudian gosokan pada gigi anda, dan bantu dengan alat penggosok gigi selama 5 menit menggunakan sikat gigi yang biasa di gunakan. Setelah itu bersihkan dengan air sampai bersih.

4. Menggunakan Kulit Pisang

Cara yang bisa anda lakukan menggunakan bahan alami ini sangatlah mudah. Pertama siapkan kulit pisang yang masih segar, kemudian gosokan pada gigi anda dengan kulit pisang dalamnya. Lakukanlah penggosokan pada gigi anda selama 5 menit, setelah 5 menit menggosokan pada gigi, anda bisa langsung menggosok gigi dengan odol dengan sikat gigi seperti biasanya. Lakukanlah penggunaan menggunakan kulit pisang ini 3 kali dalam satu minggu.

5. Menggunakan Hidrogen Peroksida

Cara ampuh lainnya untuk membuat tampilan gigi anda putih yaitu dengan cara membuat pasta dari hidrogen peroksida dengan mencampurkan sedikit baking soda, kemudian gosokan seperti biasanya menggunakan sikat gigi. Adapun cara lainnya, yaitu dengan bekumur-kumur menggunakan hydrogen peroksida. Perlu di ingatkan juga, dalam penggunaan menggunaan hydrogen peroksida ini tidak boleh sampai ketelan.

6. Menggunakan Garam

Cara yang bisa anda lakukan menggunakan garam ini yaitu dengan mencampurkannya pada pasta gigi atau odol, kemudian gosokan pada gigi anda selama kurang lebih 10 menit, dan telakhir bersihkan dengan berkumur-kumur menggunakan air hangat. Anda bisa menggunakan garam ini satu kali dalam dua hari.

7. Menggunakan Daun Salam

Bahan alami lainnya yang berkhasiat untuk memutihkan gigi yaitu dengan menggunakan daun salam. Adapun cara yang bisa anda lakukan menggunakan bahan ini yaitu dengan cara menghaluskan daun salam dengan mencampurkannya dengan kulit jeruk sampai membentuk pasta. Setelah itu, gosokan pada gigi anda selama 10 menit menggunakan sikat gigi biasanya. Dan telakhir bersihkan dengan berkumur-kumur menggunakan air sampai bersih.

8. Menggunakan Lemon

Kandungan yang terdapat pada buah lemon mengandung asam sitrat yang berkhasiat untuk membunuh bakteri pada gigi, dan menjadikan tampilan gigi anda putih dan bersih. Adapun cara yang bisa anda lakukan menggunakan bahan alami ini yaitu dengan, menggosokan potongan buah lemon pada gigi anda selama kurang lebih 10 menit. Sangat asam memang, tapi cara ini sangat efektif dan dengan cepat membantu membuat tampilan gigi anda putih dan bersih.

Sponsored links

9. Menggunakan Minyak Mustard

Cara yang bisa anda lakukan menggunakan minyak mustard ini yaitu dengan cara menggosokannya pada gigi selama 10 menit menggunakan kapas atau jari-jari anda. Untuk menggunakan perawatan ini hanya di anjurkan 2 kali dalam 1 bulan.

10. Menggunakan Jahe

Cara yang bisa anda lakukan menggunakan bahan alami ini sangat mudah. Pertama, haluskan jehe secukupnya sampai membentuk adonan pasta, kemudian gosokan menggunakan sikat gigi selama 5 menit, dan telakhir bersihkan menggunakan air dingin. Lakukanlah perawatan ini 2 kali dalam 1 minggu.

11. Menggunakan Arang

Cara lainnya untuk memutihkan gigi yaitu dengan menggunakan arang. Mungkin kedengarannya sangat aneh, tapi ini sudah terbukti dan mampu membuat tampilan gigi anda putih dan sehat. Adapun cara yang bisa anda lakukan menggunakan arang ini yaitu. Pertama, haluskan arang sampai bubuk, kemudian oleskan pada gigi anda dengan menggosok-gosokannya menggunakan jari tangan. Setelah itu bersihkan menggunakan air atau menggosok gigi menggunakan odol sampai bersih. Lakukanlah cara ini satu kali dalam seminggu.

12. Menggunakan Siwak

Miswak atau siwak mungkin sudah tidak asing lagi kedengarannya. Karena sebelum ada pasta gigi atau odol, Siwak ini sudah di gunakan oleh jaman dahulu, dan bagi kaum muslim menggunakan siwak atau miswak ini sangat di anjurkan. Selain mampu membuat gigi putih dan kuat, menggunakan siwak ini merupakan sunah Nabi SAW.

13. Menggunakan Air Hangat

Cara yang bisa anda lakukan menggunakan air hangat ini yaitu dengan berkumur-kumur menggunakan air hangat yang telah di campurkan dengan garam dan perasan lemon. Lakukanlah cara ini setiap hari sebelum tidur.

14. Menggunakan Daun Mimba

Cara yang bisa anda lakukan menggunakan daun mimba ini yaitu dengan menghalusknanya, kemudian campurkan dengan odol atau pasta gigi. Setelah itu gosokan pada gigi anda menggunakan sikat gigi seperti biasanya. Lakukanlah cara ini 2 kali dalam satu hari.

15. Menggunakan Sari Apel

Cara yang bisa anda lakukan menggunakan sari apel ini yaitu dengan mengoleskannya pada gigi anda, kemudian gosok menggunakan sikat gigi selama kurang lebih 7 menit. setelah itu bersihkan dengan berkumur menggunakan air hangat.

16. Menggunakan Permen Karet

Cara ampuh lainnya yang dapat membantu memutihkan gigi anda yaitu dengan mengunyah permen karet setiap hari. Tapi, permen karet yang bisa kita gunakan ini, permen karet yang tanpa mengandung kandungan gula atau pemanis.

17. Mengkonsumsi Apel

Selain sari atau cukanya yang bisa di jadikan untuk memutihkan gigi. Mengkonsumsi apel 2 kali dalam 1 hari dengan rutin, juga mampu menjadikan gigi anda kuat dan putih.

18. Mengkonsumsi Wortel

Cara lainnya untuk memutihkan gigi anda yaitu dengan mengkonsumsi wortel setiap hari, atau anda bisa melakukannya dengan cara di jus.

19. Mengonsumsi Susu

Mengkosnsumsi susu dengan rutin setiap hari di percaya dapat membantu menghilangkan kuningan pada gigi dan membuat gigi anda putih dan bersih.

20. Mengkonsumsi Yoghurt

Asupan nutrisi dan vitamin lainnya yang mampu membantu memutihkan gigi yaitu dengan mengkonsumsi Yoghurt setiap hari dengan cara di kemur-kemur. Juga berbagai macam susu lainnya di percaya dapat membantu memutihkan gigi anda.

21. Menggosok Gigi denga Rutin

Cara rutin yang bisa anda lakukan untuk menggosok gigi anda yaitu ketika selesai makan, bangun tidur, dan sebelum tidur. Lakukanlah cara sederhana ini minimal 2 kali dalam 1 hari. Dan perlu anda ketahui juga, odol yang akan anda gunakan tentunya harus cocok dengan gusi anda.

22. Biji Pinang

Pada zaman dahulu ketika pasta gigi dan produk pemutih gigi ditemukan, orang-orang menggunakan biji buah pinang untuk memutihkan dan merawat gigi. Cara ini masih memungkinkan untuk dilakukan saat ini jika biji buah pinang memang tersedia. Caranya adalah biji buah pinang dibakar hingga hangus. Kemudian, dihaluskan. Selanjutnya, biji buah pinang yang telah dihaluskan ini digosokkan ke gigi menggunakan  kain katun atau sabut pinang. Perawatan ini hendaknya dilakukan 2 minggu sekali.

Itulah cara yang bisa anda lakukan untuk memutihkan Gigi secara alami. Cukup mudah bukan? Lakukanlah dengan rutin sesuai anjuran yang telah saya tulis di atas. Semoga bermanfaat dan berguna untuk anda yang mbutuhkannya.

Memutihkan gigi secara alami ini harus dilakukan secara rutin setiap hari. Namun, meskipun menggunakan bahan-bahan alami, untuk memutihkan gigi sendiri ini tetap harus dilakukan dengan hati dan tidak berlebihan, baik dalam menggosoknya maupun bahan-bahan  yang digunakan. Menggosok gigi terlalu keras atau penggunaan bahan-bahan pemutih alami gigi yang berlebihan dapat merusak email gigi dan membuat gigi terasa sakit. Cara memutihkan gigi secara alami ini juga tidak cocok diterapkan pada gigi sensitif. Cara terbaik untuk memutihkan gigi adalah meminta bantuan dokter gigi.

Artikel Terkait 22 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Dan Cepat

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *