Cara Memelihara Kelinci

By Categories : Hewan

Cara memelihara kelinci yang mudah untuk dilakukan, kelinci merupakan hewan yang sangat cantik dan menggemaskan. Banyak orang yang suka dengan hewan yang memiliki telinga panjang bertubuh bulat ini. Selain cantik ternyata hewan ini cukup mudah untuk dipelihara. Bagi anda yang suka dengan hewan ini dan masih bingung cara memeliharanya. Anda tidak perlu khawatir, karena pada postingan kali ini saya akan mencoba menjelaskan mengenai cara memelihara kelinci dengan baik dan benar.

Sebelum anda mulai memelihara kelinci yang anda sukai, sebaiknya anda memperhatikan tips berikut ini.

Jika anda masih pemula, sebaiknya anda tidak membeli kelinci yang masih sangat muda yang umurnya dibawah 2 bulan. Hal ini dikarenakan, kelinci yang berumur dibawah 2 bulan masih sangat rentan dan sistem kekebalan tubuhnya belum cukup kuat dengan kondisi cuaca saat ini. Sehingga kelinci akan mudah sakit dan bahkan mati, pilihlah kelinci yang setidaknya sudah lepas dari induknya dan berumur diatas 2 bulan. Kelinci yang banyak dijual di petshop atau dipinggir jalan kebanyakan kelinci tersebut berumur dibawah 2 bulan, namun banyak para penjual yang mengatakan jika kelinci tersebut berumur lebih dari 2 bulan. Sebaiknya belilah kelinci di peternakannya langsung atau ajaklah orang yang lebih pahan dan berpengalaman.

Cara Memelihara Kelinci

Cara Memelihara Kelinci :

1. Kandang Kelinci

Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam memelihara kelinci yaitu kandang. Di dalam pembuatan kandang untuk kelinci ada beberapa faktor yang harus anda perhatikan, lokasi dan kenyamanan kandang itu sendiri. Pertama-tama buatlah kandang ditempat yang dekat dengan sumber air, lokasi yang sejuk dengan suhu sekitar 15-20°C dengan kelembaban sekitar 60-90%. Selain itu, jauhkan kandang dari ancaman hewan predator seperti anjing, ular dan jenis hewan predator lainnya.

Kemudian lokasi kandang harus dapat terkena sinar matahari pagi, ini bertujuan agar kelinci yang anda pelihara dapat berjemur untuk mencegah kelinci terkena penyakit dan juga menjaga agar kandang tetap kering. Upayakan dalam pembuatan kandang harus memiliki sirkulasi udara yang cukup, sehingga udara yang ada didalam ataupun luar kadang seimbang. Selain itu, buatlah kandang yang lebih tinggi dari permukaan tanah minimal 30 cm agar kandang tidak tergenang air pada saat musim hujan. Karena jika lantai pada kandang tergenang air dan becek, maka dapat meyebabkan tumbuhnya parasit dan menjadi bahan penyakit yang dapat mempengaruhi pada kesehatan kelinci itu sendiri.

Terakhir, pastikan jarak kandang dengan rumah atau pemukiman minimal 10 meter, agar bau yang dihasilkan dari kotoran dan urin kelinci tidak mengganggu warga sekitar. Tetapi jika anda memelihara kelinci karena hobi dan jumlahnya sedikit, maka anda dapat membuat kandang disekitar rumah anda dengan syarat sanitasinya selalu terjaga dengan baik dan aman terkendali.

2. Rawatlah dengan penuh kasih sayang

Didalam memelihara kelinci, anda juga harus memiliki kasih sayang terhadap kelinci yang anda pelihara, sesekali anda dapat menggendongnya dengan begitu kelinci akan merasa nyaman berada dekat anda. Tetapi anda harus tahu tata cara dalam menggendong kelinci, karena jika salah malah akan menyakiti kelinci itu sendiri. Setidaknya anda sering mengelus-elus kepala dan tubuhnya, sehingga kelinci itu akan merasa nyaman dan tenang.

Agar kelinci anda selalu tampak bersih dan cantik, anda dapat memandikannya tetapi jangan terlalu sering cukup dua kali dalam sebulan. Sebaiknya mandikan kelinci dengan air hangat, karena sebenarnya kelinci tidak tahan dengan dingin. Siram kelinci dengan menggunakan gayung atau selang, lalu usap dengan lembut bagian tubuhnya agar air dapat meresap kedalam kulitnya. Agar lebih bersih, sebaiknya gunakan sabun bayi dan lakukan pemijatan dengan lembut pada tubuhnya dan kemudian bilas hingga bersih. Setelah itu, segera keringkan dengan menggunakan hair dryer. Karena jika kulit kelinci terlalu lama basah dapat menyebabkan timbul penyakit kulit pada kelinci. Jika kelinci yang anda pelihara berjenis angora yang memiliki bulu lebat dan panjang, sebaiknya anda rutin menyisirnya agar bulunya tidak kusut dan tampak cantik.

3. Perhatikan kesehatan dan keamanannya

Kelinci ini merupakan jenis hewan malam, mereka akan lebih aktif makan dimalam hari. Maka dari itu, berikan porsi makan lebih banyak pada malam hari dan pada pagi dan siang hari sebaiknya mereka diberi makanan jenis konsentrat, biji-bijian, jagung, kacang dan sejenisnya. Sedangkan menu pada sore dan malam hari, berikan mereka sayuran hijau segar dan pastikan juga waktu pemberian makanyang teratur, sehingga kelinci dapat memiliki nafsu makan yang baik.

Selain itu, selalu pantau perkembangan dan pertumbuhan kelinci setiap harinya, jika kelinci tampak murung atau sakit segera berikan obat yang dapat anda beli di took tempat pembelian pakan hewan peliharaan dan berikan suplemen vitamin agar tahan terhadap serangan penyakit terlebih pada saat musim hujan tiba. Jika kesehatan kelinci tak kunjung membaik, sebaiknya segera bawa ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pengobatan.

Untuk keamanannya, pastikan dilingkungan sekitar anda tidak ada hewan pemangsa atau hewan predator seperti anjing, ular, burung elang, rakun dan hewan pemangsa lainnya yang dapat membahayakan keselamatannya. Jika kandangnya kurang begitu aman dari bahaya hewan pemangsa, sebaiknya bawa kelinci masuk kedalam rumah, karena hewan pemangsa lebih banyak berkeliaran di malam hari.

4. Kenali sifat alaminya

Jika kelinci yang kita pelihara sering kita lepas di taman, maka dia akan menunjukan sifat liarnya, lalu dia akan melakukan kebiasaannya seperti menggali lubang. Tetapi jangan anda biarkan karena lama kelamaan lubang itu akan semakin besar dan anda akan mengalami kesulitan untuk mengeluarkannya. Maka dari itu, sebaiknya anda membuat alas kandang dari jerami untuk memenuhi kebutuhan naluri alami kelinci tersebut.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai cara memelihara kelinci, semoga sedikit penjelasan diatas dapat bermanfaat dan membantu anda.

Artikel Terkait Cara Memelihara Kelinci

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *