Cara Membuat Jus Lidah Buaya

By Categories : Kesehatan

Cara Membuat Jus Lidah Buaya yang mudah untuk dilakukan. Mungkin semua orang kenal dengan tanaman yang satu ini, lidah buaya. Tanaman yang berbentuk menjulur seperti lidah disertai dengan duri-duri tajam di sepanjang batangnya ini memiliki nama latin Aloe barbadensis Milleer atau yang lebih populer disebut dengan aloe vera. Lidah buaya memiliki tekstur di dalam daging yang kenyal dan bening seperti gel, sedangkan di bagian luar kulit lidah buaya berwarna hijau dan agak keras disertai duri.

Di negara maju lidah buaya sudah mulai diolah dan di gunakan untuk bahan baku industri seperti untuk bahan baku makanan dan minuman, bahan baku industri kosmetik, kesehatan dan juga farmasi. Salah satu alasan mengapa memilih lidah buaya sebagai bahan baku mungkin disamping banyaknya manfaat yang terkandung di dalam lidah buaya, juga karena budidayanya yang cukup gampang. Lidah buaya termasuk tanaman yang mampu hidup di banyak kondisi cuaca, dalam kondisi kering maupun basah, lidah buaya bisa tumbuh cukup baik. Dengan kemampuan seperti itu tidak heran lidah buaya bisa tumbuh di banyak negara di dunia dengan iklim yang berbeda-beda.

Cara Membuat Jus Lidah Buaya

Lalu bagaimana jika kita ingin mengolah sendiri lidah buaya? Cukup mudah sebenarnya jika kita ingin mengolah lidah buaya untuk konsumsi pribadi. Lidah buaya bisa digunakan secara langsung ataupun diolah menjadi makanan atau minuman olahan berbahan dasar lidah buaya. Yang akan kita bahas disini yaitu mengenai cara membuat jus lidah buaya. Jus lidah buaya sangat bermanfaat terutama bagi mereka yang sering mengalami panas dalam.

Sponsored links

Berikut langkah2 cara membuat jus lidah buaya :

  1. Siapkan 4-5 batang lidah buaya yang cukup matang (tidak muda dan tidak layu)
  2. Iris bagian durinya terlebih dahulu, lalu kupas kulitnya
  3. Ambil daging lidah buaya dan masukkan ke dalam wadah
  4. Tambahkan daun pandah ke dalam wadah berisi lidah buaya tadi
  5. Rebus lidah buaya bersama daun pandan
  6. Setelah cukup matang lalu tiriskan lidah buaya
  7. Campurkan perasan jeruk lemon, air dan sedikit es batu lalu blender
  8. Masukkan hasil blenderan ke dalam wadah berisi lidah buaya
  9. Jus lidah buaya pun siap disajikan

Sebaiknya jus lidah buaya diminum dengan segera untuk memperoleh khasiat yang terdapat dalam lidah buaya. Jika berniat menyimpan jus lidah buaya untuk persediaan, maksimal simpan selama 3 hari dan segera minum agar khasiat dan kesegarannya tidak hilang. Demikian artikel mengenai cara membuat jus lidah buaya. Semoga bermanfaat.

Baca juga masker lidah buaya

Artikel Terkait Cara Membuat Jus Lidah Buaya

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *