Cara Membuat DP BBM Transparan / Invisible

By Categories : Serba Serbi

Bagaimana cara membuat DP BBM Transparan atau DP BBM Invisible ? Disini akan dijelaskan tutorial langkah-langkah cara membuatnya Dengan menggunakan Photoshop. Mungkin diantara kalian pernah melihat DP teman dikontak BlackBerry Anda berwarna putih tidak kelihatan foto nya, tapi pas digulirkan scrolnya kearah kontak tersebut kelihatan gambarnya? atau pas teman anda yang mengganti DP BBM dilihat di recent updates tidak kelihatan gambarnya (invisible) tapi pas diarahkan ke DPnya kelihatan gambar DP BBMnya Transparan. Nah sungguh unikkan?

Jika Anda ingin membuat DP BBM Transparan / Invisible seperti itu silahkan ikuti langkah-langkan yang akan dijelaskan berikut ini.

Cara Membuat DP BBM Transparan Dengan Photoshop:

–  Jalankan program aplikasi Photoshop Anda.

–  Siapkan foto yang akan dijadikan gambar DP BBM tranparan pada Photoshop, dengan cara –> file – open – pilih fotonya – open # atau dengan cara mendrag foto anda langsung ke Photosop.

Siapkan foto yang akan dijadikan DP BBM Invisible

–  Crop foto yang akan dijadikan DP BBM transfaran. Catatan: mengcropnya harus persegi empat, agar hasil cropannya segi empat pada saat menyeleksi cropannya sambil menekan tombol shift pada keyboard.

Crop gambar yang akan dijadikan DP BBM Transfaran

–  Klik kanan pada gambar yang telah diseleksi dengn tool crop lalu klik crop.

–  Setelah proses crop selesai ubah ukuran foto tersebut menjadi 180 pixel x 180 pixel, dengan cara –> klik kanan pada bagian atas foto – klik Image Size – rubah ukuran pada kolom Width dan Height menjadi 180 pixels lalu klik ok

Ubah ukuran gambar yang akan dijadikan DP BBM transparan menjadi 180 pixels

 

–  Setelah ukuran fotonya menjadi 180 x 180 pxl, langkah selanjutnya adalah merubah foto tersebut menjadi gambar hitam putih.

– Caranya –> klik image – adjustments – klik Black & White – Lalu klik OK

Rubah Gambar Menjadi Hitam Putih

– Setelah gambar menjadi hitam putih, selanjutnya –> Klik Select pada menu bar – klik Color Range – Arahkan pointer pada gambar hitam putih klik kiri kebagian warna yang terang sehingga gambar pada priview color range menjadi hitam putihnya jelas terang seperti gambar di bawah ini – lalu kik OK

Ambil sample color range dari gambar hitam putih

– Setelah color range selesai, langkah selanjutnya buatlah layer baru denga cara -> menekan crtl + shift + N pada keyboard, lalu klik OK. Maka layer baru akan terbuat.

– Selanjutnya pada menu layer sebelah kanan klik layer tersebut seperti pada gambar di bawah ini.

Buat layer baru setelah color range selesai

– Proses selanjutnya, gunakan tool Paint Bucket Tool – ubah tool warna menjadi putih – lalu klik kiri pada foto tersebut menggunkan Paint Bucket Tool , sehingga warnanya berubah seperti gambar di bawah ini. (perhatikan tanda panah merah menunjukan paint bucket tool dan tool untuk ubah warna)

Gunakan Paint Bucket Tool warna putih pada foto tersebut

–  Setelah itu hilang mata pada layer, sehingga yang tampak hanya layer 1 saja.

Hilangkan mata pada layer

–  Langkah terakhir, klik FileSave as – Ubah formatnya menjadi PNG – klik  Save – lalu klik OK

–  Selamat gambar DP BBM transparan / invisible Anda siap untuk digunakan ^_^

DP BBM Transparan - Invisible

“Contoh hasilnya yang siap dijadikan DP BBM Invis”

*Catatan penting: setelah di save, sebelum Anda memakainya menjadi DP pastikan bahwa ukuran file tersebut tidak lebih dari 32 kb, jika lebih kurangi ukurannya dengan cara  resize image dari 180 px menjadi 170 pxl, atau turunkan pixelnya sehingga hasilnya tidak melebihi 32 kb.

Catatan: Hanya dapat dilihat di Smartphone Blackberry, bukan pada BBM android

Nah itulah cara membuat DP BBM transparan atau DP BBM Invisible yang dapat dengan mudah Anda praktekan di aplikasi program Photoshop komputer Anda, selamat mencoba dan berkreasi 😀

Artikel Terkait Cara Membuat DP BBM Transparan / Invisible

Komentar Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *