Cara Membuat Donat Enak dan Empuk

By Categories : Resep Masakan

Mau tahu cara membuat donat yang enak dan empuk? Donat adalah kue yang berbentuk bulat yang menyerupai roda, donat merupakan kue berasal dari Belanda yang di populerkan di Amerika.

Donat untuk pertama kali berkembang di Indonesia pada tahun 1985, mulai sejak itulah kue yang satu ini akrab di telingan masyarakat dan lidah orang indonesia. Rasanya yang sangat beragam dan bervariasi, serta teksturnya yang lembut dan nikmat membuat kue yang satu ini banyak di sukai kalangan masyarakat.

Cara Membuat Donat

Kini donat dapat dengan mudah anda jumpai dengan harga yang bervariasi pula tergantung dari rasa dan bentuknya. Tapi sekarang jika sekedar ingin mencicipinya tak perlu jauh-jauh untuk membelinya, karena kami telah meyiapkan resepnya yang dapat dengan mudah anda buat sendiri di rumah. Berikut langkah dan resep lengkapnya, silahkan merapat :

Sponsored links

Bahan-bahan / bumbu-bumbu :

– Tepung terigu protein tinggi, 350 gram
– Ragi instan, 6 gram
– Gula pasir, 30 gram
– Susu bubuk, 50 gram
– Baking powder, ½ sendok teh
– Kuning telur, 1 butir
– Air es, 185 ml
– Mentega tawar, 50 gram
– Garam, ¼ sendok teh
– Minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah membuat donat :

  1. Siapkan wadah bersih lalu masukan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, susu bubu da baking powder sambil di aduk sampai tercampur rata.
  2. Kemudian masuka telur dan air es secara perlahan-lahan sambil terus di uleni hingga adonan menjadi kalis.
  3. Tambhakan mentega tawar dan garam, terus uleni sampai adonan kalis dan elastis. Tutup memkai kain dan diamkan selama 30 menit sampai mengembang.
  4. Kempiskan adonan, lalu timbang adonan dengan masing-masing berat 30 gram. Bulatkan adonan dan diamkan kembali selama 10 menit.
  5. Setelah 10 menit lalu pipihkan adonan, beri lubang di tengahnya lalu letakan dalam loyang yang sebelumnya sudah di taburi dengan tepung terigu. Sisihkan dan diamkan kembali selama 60 menit sampai adonan mengembang.
  6. Terkahir panaskan minyak goreng banyak, lalu masukan donat masak sampai matang diatas api kecil.

Sajikan donat sebagai teman bersama minuman panas, jika suka donat dapat di beri topping sesuai selera . semoga informasi resepnya bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Artikel Terkait Cara Membuat Donat Enak dan Empuk

Komentar Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *