Cabang Olahraga Atletik

By Categories : Kesehatan

Cabang olahraga atletik – Olahraga, salah satu aktifitas fisik yang melibatkan anggota badan untuk bergerak. Jenis dan ragam olahraga memang banyak mulai dari olahraga didalam ruangan sampai di luar ruangan. Setiap olahraga juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Olahraga memang telah dilakukan sejak zaman dahulu sampai sekarang dan terbukti memiliki khasiat yang menakjubkan dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

Sekilas tentang olahraga atletik

cabang olahraga atletik
Olahraga atletik atau disebut juga dengan induk Olahraga, karena dalam cabang atletik terdapat gerakan dasar olahraga lain kecuali renang. Atletik sendiri berasal dari basaha yunani yang terletak diujung tenggara benua eropa yakni Athlon yang berarti kontes. Untuk pertama kalinya atlentik diperlombakan pada tahun 776 sebelum masehi dalam olimpiade. Itupun yang diperlombakan hanya event perlombaan lari dan stade. Pada era klasik eropa ada beberapa jenis games atau pertandingan yang menjadi asal usul atau sejarahny diantaranya sebagai berikut :

a) Dimulai pada tahun 6 sebelum masehi yang dikenal dengan nama Panhellenik Game The Phythian Game yang diselenggarakan di Argolid setiap dua tahun sekali.

b) Pada tahun 523 sebelum masehi yang diberi nama The Isthmian Game yang diselenggarakan di Isthmus dari Corint setiap dua tahun.

c) The Roman Games yaitu sebuah perlombaan lari dan melempar berasal dari Yunani murni

d) Ethuscan Game yaitu pertemuan galiatoral yang digelar di Delphi pada tahun 527 sebelum masehi setiap empat tahun.

e) The Nemean Games sejak tahun 51 sebelum masehi.

Cabang Olahraga atletik

Berikut ini merupakan 4 cabang atletik, diantaranya sebagai berikut :

1. Lari yaitu merupakan olahraga melangkah dengan cepat sampai terdapat gerakan dimana kedua kaki melayang sebentar diudara. Cabang olahraga lari juga memiliki nomor lari, yaitu :

Sponsored links

– Lari jarak pendek (100 m, 200 m, 400 m)
– Lari jarak menengah ( 800 m, 1.500 m, 3.000 m )
– Lari jarak jauh ( 5.000 m, 10.000 m )
– Lari cepat ( 5 km, 10 km, 20 km )
– Lari estafet ( 4 x 100 m, 4 x 400 m )
– Lari Gawang ( 100 m, 110 m 400 m )
– Lari marathon ( 42,195 km )

2. Lompat yaitu mendorong tubuh dengan daya tolakan dari kaki menggunakan 1 atau 2 kaki. Pengertian berlari dan melompat sebenarnya hampir sama, meskipun perbedaannya sangat terlihat jelas. Perbedaannya yaitu :

– Jika berlari, daya tolakan sebagian besar mengarah kedepan dan jeda layang terjadi di udara tidak terlalau lama juga tidak terlalu tinggi.

– Sedangkan melompat, daya tolakan dapat kedepan, ke atas, ke belakang dan jeda layang diudara lebih lama dan lebih tinggi. olahraga melompat biasanya terdapat proses menekukkan sendi daerah engkel dan lutut yang lebih tinggi derajatnya jika dibandingkan dengan lari.

3. Lempar yaitu membuang jauh-jauh maksudnya aktifitas ini membuang sejauh mungkin agar mendapatkan nilai paling jauh. Nomor lempar diantaranya, yaitu :

Nomor lempar

– Lempar lembing
– Lempar cakram
– Lontar martil

4. Tolak merupakan gerakan sorong lalu dorong. Tolak peluru berarti suatau gerakan menyalur tenaga pada suatu benda yang menghasilkan kecepatan pada benda tersebut dan memiliki daya dorong kemuka yanh kuat.

Sekian dulu informasi mengenai cabang olahraga atletik, semoga artikel tersebut dapat bermanfaat bagi pembaca.

Artikel Terkait Cabang Olahraga Atletik

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *