Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

By Categories : Manfaat

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan, buah alpukat ini mulai dikenal masyarakat di Indonesia sekitar abad ke 19, saat itu, bangsa eropa khususnya Belanda, yang menjadi salah satu Negara yang pernah menjajaj Indonesia ini juga memperkenalkan buah yang berasa hambar ini ke Indonesia. Tetapi sebenarnya, buah Alpukat ini berasal dari daerah meksiko dan amerika tengah. hal ini juga dibuktikan dari namanya. Kata alpukat ini berasal dari bahasa suku Aztec, suku asli meksiko, nama sebenarnya ahuacat, tapi karna logat dari tiap Negara, maka berubah menjadi avocado dalam bahasa inggris dan alpukat di dataran melayu. Selain rasanya enak ternyata buah ini memiliki kahsiat juga untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Buah Alpukat
Tapi sebenarnya tidak hanya buah alpukat saja yang bermanfaat tinggi, tapi habkan batang, daun dan bijin dari tanaman ini pun memiliki manfaat yang tersendiri. Bijinya dimanfaatkan untuk pewarna pakaian, batang pohonnya bisa digunakan untuk kayu bakar, kulit pohonnya dimanfaatkan sebagai sumber pewarna warna coklat pada pakaian yang terbuat dari kulit, buahnya sekarng banyak digunakan sebagai bahan campuran ataupunbahan dasar pembuatan kosmetik dan kecantikan serta daging buah alpukat dapat mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering. Selanjutnya, daun alpukat bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti darah tinggi, kencing batu, sakit kepala, nyeri lambung, nyeri saraf, dan menstruasi yang tidak teratur. Biji buahnya juga bisa untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis.

Buah alpukat memang sudah banyak terkenal sebagai buah yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, beberapa kandungannnya ada 11 vitamin dan 14 mineral yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh kita. Selain itu buah alpukat juga memiliki kandungan lemak jenuh, jenis lemak bisa larut dicerna tanpa perlu dikhawatirkan akan terjadi timbunan lemak pada tubuh. Jenis lemak yang sama dengan yang dikandung oleh minyak Zaitun.

Beberapa manfaat buah alpukat adalah sebagai berikut :

[accordion]
[toggle title=”1. Manfaat Buah Alpukat Untuk Memelihara jantung” state=”opened”]

Kandungan B6 dan asam folat dalam buah alpukat bisa mengatur kadar homocysteine yang merupakan hormone yang dapat menaikkan resiko serangan jantung, selain itu juga ada berbagai kandungan seperti  Glutathione, vitamin E dan lemak tak jenuh yang juga membantu memelihara kesehatan tubuh.

[/toggle]
[toggle title=”2. Manfaat Buah Alpukat Untuk Menurunkan kolesterol“]

Senyawabeta-sitosterol yang terkandung dalam buah alpukat sangat efektif untuk mengurangi tingkat kadar kolesterol dalam darah.

[/toggle]
[toggle title=”3. Manfaat Buah Alpukat Untuk  Mengendalikan tekanan darah“]

Sumber kalium dalam buah alpukat dapat membantu mengendalikan tekanan darah.

[/toggle]
[toggle title=”4. Manfaat Buah Alpukat Sebagai anti-inflamasi“]

Resiko inflamasi dan degeneratif akan berkurang dengan mengkonsumsi buah alpukat karena mengandung senyawa polyphenols dan flavonoids yang berfungsi sebagai anti-inflamasi.

[/toggle]
[toggle title=”5. Manfaat Buah Alpukat Untuk kesehatan mata“]

Carotenoid insulin yang banyak diketahui untuk melindungi  mata dari macular degeneration dan katarak juga banyak terkandung pada Buah Alpukat

Sponsored links

[/toggle]
[toggle title=”6. Manfaat Buah Alpukat Untuk mengatur kadar gula darah“]

Kandungan lemak tak jenuh yang ada dalam buah alpukat mampu mengembalikan resistensi insulin yang dapat memebantu mengatur kadar gula dalam darah.

[/toggle]
[toggle title=”7. Manfaat Buah Alpukat Untuk Mencegah cacat lahir“]

Tingginya kandungan folat dalam buah alpukat yang mencapai 23% jumlah harian folat dari secangkir alpukat sangat penting digunakan untuk mencegah cacat lahir sperti kerusakan saraf dan fisik pada janin.

[/toggle]
[toggle title=”8. Manfaat Buah Alpukat Untuk stroke“]

Tingginya kandungan folat dalam buah alpukat juga mampu mengurangi resiko untuk terkena stroke.

[/toggle]
[toggle title=”9. Manfaat Buah Alpukat Untuk kanker“]

Dari beberapa penelitian, buah alpukat bisa menghambat sel kanker prostat dan juga bisa mencegah kanker payudara.

[/toggle]
[toggle title=”10. Manfaat Buah Alpukat Untuk melawan radikal bebas“]

Anti-oksidan terkandung dalam buah alpukat mampu menahan radikal bebas dalam tubuh.

[/toggle]
[/accordion]

Cukup banyak bukan? Berbagai manfaat dapat kita peroleh dari konsumsi berbagai buah-buah segar dan selalu sehat alami, tadi adalah beberapa manfaat buah alpukat.

Artikel Terkait Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *