Beragam Manfaat Susu Untuk Tubuh

By Categories : Manfaat

Manfaat susu bagi kesehatan tubuh ada begitu banyak, sehingga membuat minuman yang satu ini dijadikan sebagai komponen penyempurna dalam empat sehat lima sempurna. Ada banyak jenis susu yang bisa dikonsumsi, mulai dari susu sapi, susu kambing, sampai ke susu nabati yang terbuat dari kedelai. Setiap jenis susu ini memiliki kandungan gizi masing-masing yang berbeda satu sama lain.

Selera orang mengenai susu juga bermacam-macam. Ada yang suka meminum susu segar tanpa campuran rasa apapun dan ada pula yang meminum susu yang sudah diolah dan diberi rasa tambahan. Sekarang susu juga banyak digunakan sebagai bahan tambahan untuk memasak seperti kue, es krim, atau bahkan ada beberapa jenis sayuran yang bisa dimasak dengan campuran susu.

Manfaat Susu

Sponsored links

Manfaat Susu Untuk Kesehatan Tubuh

Selain enak, susu juga memiliki banyak sekali manfaat.

  1. Manfaat susu yang paling dikenal adalah susu bisa menyediakan kalsium yang cukup untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  2. Susu diketahui bisa menurunkan resiko terjadinya osteoporosis karena kesehatan dan kekuatan tulang terus terjaga dengan asupan kalsium yang tinggi.
  3. Selain itu, melakukan konsumsi susu secara teratur bisa membantu mencegah kerusakan gigi contohnya seperti gigi berlubang yang bisa mengakibatkan kehilangan gigi.
  4. Susu juga diketahui bisa membantu menurunkan resiko terjadinya kanker usus.
  5. Kandungan kalsium yang sangat tinggi pada susu terbukti bisa menurunkan kecepatan perkembangan tumor ganas yang bisa terjadi pada kolon atau usus besar.
  6. Bagi mereka yang sering terlambat makan, maka dianjurkan untuk meminum susu terlebih dahulu sebagai pembuka sebelum memasukkan makanan ke dalam perut.
  7. Susu dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh.
  8. Sama seperti jenis minuman yang lain, susu juga bisa membantu menggantikan cairan tubuh yang telah hilang karena beraktivitas. Susu bisa membantu mencegah tubuh mengalami dehidrasi yang berlebihan.
  9. Di samping mencegah terjadinya dehidrasi, susu juga bisa menyediakan vitamin juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh yang telah beraktivitas tinggi.
  10. Susu sangat dianjurkan untuk diminum secara teratur oleh anak-anak yang sedang ada di masa pertumbuhan. Ini dikarenakan susu adalah jenis minuman yang mempercepat pertumbuhan dengan segala nutrisi yang ada di dalam susu. Anak yang rajin meminum susu di masa pertumbuhan terbukti mendapatkan tinggi badan yang maksimal dan juga memiliki tulang yang kuat.
  11. Susu juga dianjurkan untuk diminum oleh perempuan yang mengalami berbagai macam gangguan ketika akan memasuki siklus menstruasi. Biasanya ada beberapa gangguan pada masa PMS seperti nyeri perut atau sakit pinggang. Kondisi ini merupakan salah satu peran dari kandungan kalsium yang ada di dalam susu.

Semua manfaat susu ini tentu membuat kita untuk termotivasi mengonsumsi susu secara rutin.

Artikel Terkait Beragam Manfaat Susu Untuk Tubuh

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *