Beragam Manfaat Mengkudu Untuk Tubuh

By Categories : Manfaat

Manfaat mengkudu bagi kesehatan sepertinya sudah banyak diketahui masyarakat luas. Kalau saja tidak diketahui apa saja manfaatnya mungkin mengkudu akan punah karena buah ini memang tidak terlalu menarik dengan rasa yang tidak begitu enak dan bau yang tidak terlalu sedap. Buah ini dikenal sebagai buah obat yang bisa berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan mengobati penyakit-penyakit tertentu. Buah ini memiliki warna hijau, daging yang tebal, dan beberapa bintik menonjol di kulitnya. Buah ini bisa ditemui dengan mudah di pasar tradisional atau banyak juga yang memilih untuk memiliki pohonnya di halaman rumah. Buah ini banyak digunakan untuk membuat ramuan-ramuan yang berfungsi sebagai obat untuk meredakan beberapa penyakit.

Manfaat Mengkudu

Apa saja manfaat mengkudu yang bisa kita dapatkan? Sebelum mengetahui manfaatnya, ada baiknya mengetahui apa saja kandungan mengkudu. Dalam satu buah mengkudu terdapat beberapa kandungan antara lain yaitu morinda diol, morindone, morindin, damnachantal, metal asetil, asam kapril, dan sorandiviol. Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari buah mengkudu adalah sebagai obat untuk meredakan batuk. Air rebusan buah mengkudu yang dicampur dengan daun bujanggut terbukti ampuh untuk mengusir batuk.

Sponsored links

Ada banyak manfaat lain yang diberikan mengkudu yaitu untuk meredakan penyakit-penyakit ringan yang tidak perlu diobati dengan obat-obatan kimia karena malah akan berbahaya. Contohnya adalah mengkudu bisa membantu meredakan demam, influenza, dan nyeri perut. Sama saja penggunaannya dengan mengkudu ketika dipakai sebagai obat batuk. Air rebusan mengkudu diminum dalam kondisi hangat untuk membantu meredakan penyakit-penyakit tersebut. Ini akan membantu masyarakat untuk mendapatkan obat tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

Kemudian, mengkudu memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, jadi para penderita hipertensi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi mengkudu secara rutin. Selain alami dan murah, mengkudu sebagai obat penurun tekanan darah juga sangat mudah dibuat. Ternyata bukan hanya sebagai obat, mengkudu juga memiliki khasiat untuk menghaluskan kulit yang bersisik atau kasar. Karena kering atau kehilangan kelembaban kulit seringkali menjadi kasar dan bersisik, untuk mengembalikannya ke posisi semula yang halus dan lembut maka mengkudu bisa dijadikan bahan lulur yang dibalurkan ke bagian kulit yang kasar. Lulur ini dibiarkan untuk beberapa menit baru kemudian dibilas dengan air.

Ada banyak sekali manfaat yang diberikan mengkudu. Meskipun tergolong sebagai buah yang tidak difavoritkan karena rasa dan bau yang tidak sedap, mengkudu bisa memberikan beragam manfaat baik bagi obat maupun untuk kecantikan. Jadi, untuk merasakan manfaat mengkudu secara langsung silakan mencoba tips-tips ini di rumah.

Artikel Terkait Beragam Manfaat Mengkudu Untuk Tubuh

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *