Beragam Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Manfaat

Manfaat buah mengkudu sepertinya sudah tersebar luas di kalangan masyarakat. Buah yang berwarna hijau dengan bintik-bintik menonjol ini meskipun dikenal tidak terlalu enak tapi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Aroma yang tidak sedap dari buah mengkudu ini membuat orang tidak terlalu suka untuk memanfaatkannya, baik untuk dikonsumsi maupun untuk obat luar. Padahal, mengkudu memiliki banyak sekali manfaat karena kandungan nutrisinya yang beraneka macam. Buah mengkudu diketahui mengandung morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metal asetil, asam kapril, dan sorandiyiol.

Manfaat Buah Mengkudu

Selama ini di masyarakat telah beredar luas manfaat buah mengkudu sebagai obat berbagai jenis penyakit. Karena inilah banyak masyarakat yang mulai menanam mengkudu di halaman rumah mereka supaya lebih mudah untuk mendapatkannya. Salah satu manfaat buah mengkudu yang bisa kita dapatkan adalah sebagai obat untuk menyembuhkan batuk. Buah mengkudu dipercaya mampu meredakan batuk dengan cara meminum ramuan mengkudu. Ramuan ini dibuat dengan cara mencampurkan buah mengkudu dengan daun bujanggut yang direbus dan air rebusannya diminum oleh para penderita batuk.

Sponsored links

Selain menjadi obat batuk yang mujarab, buah mengkudu juga dikenal bisa meredakan demam. Sama saja seperti ketika memanfaatkan mengkudu sebagai obat batuk, yang harus dilakukan adalah menyiapkan ramuan mengkudu. Kali ini ramuan mengkudu dibuat dengan merebus buah mengkudu bersamaan dengan satu rimpang kencur. Setelah direbus barulah disaring hingga mendapatkan air rebusan yang bersih lalu diminumkan kepada penderita demam. Mengkudu juga bisa dipakai untuk meredakan sakit pada bagian perut. Untuk yang satu ini, yang dimanfaatkan adalah daunnya bukan buah mengkudu. Nyeri perut bisa hilang dengan menyeduh daun mengkudu yang telah diberi sedikit garam. Airnya disaring kemudian diminum untuk meredakan nyeri pada perut.

Penderita hipertensi juga bisa memilih mengkudu untuk mengendalikan tekanan darah mereka. Ramuan yang disiapkan untuk meredakan hipertenti dibuat dengan cara memeras daging buah mengkudu kemudian dicampir dengan madu. Bukan hanya bermanfaat sebagai obat dan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit tetapi mengkudu juga bisa membantu mengatasi masalah kulit salah satunya adalah mengkudu terbukti mampu menghaluskan kulit yang bersisik. Kadang karena kulit terlalu kering dan kehilangan kelembaban, kulit bisa menjadi bersisik dan kasar. Untuk mengembalikannya menjadi halus kembali, ambillah buah mengkudu yang sudah matang di pohon kemudian dihaluskan dan digosokkan kepada bagian kulit yang bersisik. Baluran buah mengkudu ini kemudian dibiarkan untuk beberapa menit baru dibersihkan dengan menggunakan air.

Buah mengkudu ternyata memiliki banyak manfaat meskipun rasanya tidak terlalu enak dan baunya tidak begitu sedap. Tetapi dengan penggunaan yang tepat dan cara yang benar maka buah mengkudu akan memberikan manfaat yang begitu besar. Untuk merasakan sendiri manfaat buah mengkudu maka cobalah tips-tips yang sudah dijelaskan.

Artikel Terkait Beragam Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *