Batu Akik Panca Warna

By Categories : Batu Permata

Batu Akik Panca Warna – Ketahui jenis, ciri, dan cara merawatnya. Saat ini banyak orang yang demam mengkoleksi berbagai jenis batu akik, salah satu batu akik yang banyak diburu diantaranya yaitu jenis batu ini. Batu pancawarna merupakan salah satu jenis batu yang sangat populer dan tentunya memiliki harga jual yang sangat tinggi, ini dikarenakan batu ini memiliki motif dan warna yang amat cantik dan indah.

Sesuai namanya panca yang berarti lima dan warna yaitu warna jadi batu panca warna adalah batu dengan 5 warna, ciri yang khas pada batu ini dengan Aneka warna yang terdapat pada batu tersebut sedikitnya terdapat 5 warna di dalam satu batu seperti warna merah, abu, kuning, biru dan cokelat. Maka tak heran, jika jenis batu ini banyak diburu oleh para kolektor dan bahkan mereka rela mengeluarkan biaya yang fantastis untuk mendapatkan batu yang memiliki aneka warna ini. Selain itu, keunikan lain dari batu ini yaitu terdapat hiasan seperti gambar yang terkadang menyerupai gambar wajah orang, hewan dan benda-benda tertentu. Hal inilah yang membuat batu akik ini memiliki nilai jual yang amat tinggi dan tak kalah dengan jenis batu akik lainnya

Jenis Batu Akik Panca Warna

Batu akik pancawarna banyak ditemukan disekitar kawasan pulau jawa, tepatnya batu ini banyak ditemukan di kota garut. Sedangkan dari tingkat kekerasan batu pancawarna ini mencapai 7 sampai 7,5 mohs, sehingga tingkat kekerasan batu ini cukup kuat.

Jenis batu pancawarna terdiri dari beberapa jenis yang diantaranya yaitu jenis panca warna edong dan juga pancawarna klawing. Jenis pancawarna edong memiliki unsur mineral kandungan mangan, besi, nikel, tembaga dan silika. Maka tak heran jika jenis pancawarna jenis edong memiliki aneka warna seperti merah, hijau, putih, hitam dan biru. Sedangkan jenis pancawarna klawing dominan memiliki warna dasar hijau, ini dikarenakan jenis batu akik ini banyak ditemukan disekitaran sungai klawing desa dagan, kebupaten purbalingga jawa tengah.

Sponsored links

Gambar Batu Akik Panca Warna

Jika ditelaah lebih jauh lagi, ternyata batu pancawarna ini yang menurut mitos masyarakat sekitar memiliki unsur magis yang sangat kuat dan dapat memberikan manfaat bagi siapa saja yang memiliki dan memakainya. Keistimewaan batu akik pancawarna ini dapat memberikan aura kepemimpinan dan kewibawaan bagi si pemakainya, serta dapat memberikan aura pengasih, pemikat, pelaris usaha, keselamatan dan masih banyak lagi keistimewaan lainnya. Tetapi semua itu sebaiknya kita kembalikan kepada sang maha pencipta yaitu tuhan yang maha esa, karena tiada yang sakti dan tiada yang kuasa selain Allah SWT.

Batu akik pancawarna ini sangat indah jika dijadikan sebagai batu cincin atau liontin dan jenis perhiasan lainnya, karena batu ini dapat memancarkan cahaya dan kilauan yang memukau serta memiliki daya tarik tersendiri. Namun jika ingin memiliki atau membeli batu pancawarna ini, sebaiknya anda berhati-hati dan lebih teliti, karena jika kita tidak teliti bisa-bisa anda tertipu dengan batu yang palsu.

Seperti hal nya perhiasan lain, batu akik ini juga harus dilakukan perawatan istimewa agar keindahan batu ini dapat terjaga dan kualitasnya semakin baik. Pada saat anda akan membersihkannya, sebaiknya anda menggunakan sikat berbulu halus dan cairan pembersih yang tidak mengandung alkohol atau zat kimia keras yang dapat merusak permukaan batu. Selain itu, gosok permukaan batu dengan menggunakan kertas intan dan hindari menggunakan bahan kulit karena dapat menimbulkan goresan. Sedangkan jika batu akik ini sudah mengkristal dan tidak dipakai cukup lama, sebaiknya simpan ditempat yang tidak lembab dan jangan lupa agar mengoleskan baby oil agar kilau nya tetap indah dan terjaga.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai batu akik panca warna, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa…

Artikel Terkait Batu Akik Panca Warna

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *